Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kekurangan Pijat Badan Bagi Kesehatan Serta Waktu Terbaiknya

Pijat badan akan memberikan relaksasi kepada setiap pelakunya. Siapapun akan senang apabila dipijat. Itulah sebabnya banyak jasa - jasa panti pijat yang memberikan layanan ini. Banyaknya peminat yang dipijat menjadikan jasa ini sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Tidak ketinggalan, para pemijat tradisional pun ikut memberikan layanan jasa tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Pijat Badan Bagi Kesehatan Serta Waktu Terbaiknya

Walaupun memberikan efek relaksasi dan dapat menghilangkan pegal-pegal, ternyata pijat pun dapat memberikan efek negatif. Pijat memang sering dilakukan masyarakat Indonesia secara turun temurun. Oleh karenanya, para ahli pijat profesional selalu beregenerasi dari generasi ke generasi. Keahlian ini didapat secara turun temurun.

Tidak ada sekolah khusus untuk pemijat atau penyaluran profesi khusus untuk pijat badan. Namun, di jasa penyedia layanan pijat resmi senantiasa diberikan pelatihan khusus agar para klien merasa puas dengan pelayanan jasa pijat yang diberikan.

Melakukan pijatan pada beberapa bagian tertentu sebaiknya harus diperhatikan lebih teliti, tidak boleh gegabah. Karena niat hati ingin mendapatkan manfaat pijatan, malah mendapatkan dampak negatif yang justru berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Oleh sebab itu, sebaiknya mengetahui dampak positif dan negatif pijat badan terlebih dahulu.

Kelebihan Pijat Badan

Sejak dahulu kala pijat badan selalu dipilih sebagai pengobatan alternatif atau meredakan rasa lelah akibat perjalanan jauh, pekerjaan berat, pulang lembur, dan pegal-pegal. Oleh sebab itu, kita cari tahu yuk, apa saja sih kelebihan dipijat ini?

Pijat badan akan memberikan relaksasi, terutama dapat meredakan stres akibat tekanan pekerjaan, perjalanan jauh, atau rasa tidak nyaman di badan lainnya. Itulah kelebihan pijat yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi masalah kesehatannya. Disamping itu peredaran darah menjadi lebih lancar.

Peredaran darah yang mengalir lancar, bisa menghilangkan dampak buruk kesehatan yang terjadi akibat peredaran darah yang tidak lancar. Oleh sebab itu, pijat ini menjadi solusi atas peredaran darah yang tidak lancar. Dari sejak zaman dahulu kala, para orang tua dulu telah menggunakan cara ini

Seseorang seringkali terkena stres. Baik dari pekerjaan, maupun dalam lingkungan sekitarnya. Solusi untuk meredakan stres yaitu dengan pijat badan dan kepala, yang merupakan pusat titik - titik syaraf pemicu stres, stress bisa diredakan dengan cara pijatan. Inilah salah satu kelebihan pijat yang sering dilakukan untuk meredakan stres.

Seseorang bisa saja terkilir karena pengaruh sepatu hak tinggi atau terjatuh, salah satu pengobatan terbaik dengan dipijat untuk membetulkan kembali posisi tulang dan sambungan urat yang terjepit karena terkilir. Cara ini merupakan salah satu kelebihan pijat. Walaupun tidak pada berupa pijat badan, namun pijat pada bagian yang terkilir tersebut merupakan cara pengobatan turun temurun.

Kekurangan Pijat Badan

Diantara kelebihan pijat badan, ternyata ada kekurangannya dibalik pijat itu. Berikut ini uraiannya. Ayo cari tahu sebelum berpengaruh buruk pada kesehatan, karena terlambat mengetahuinya. Rupanya tidak hanya dampak positif dari pijat saja yang akan didapatkan oleh mereka yang hobi dipijat, waspadai akan dampak negatifnya juga.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula dengan pijat yang berlebihan [penekanan yang terlalu kuat]. Penekanan yang berlebihan pada bagian otot-otot dapat mengakibatkan kerusakan otot dan saraf. Untuk itu hindari penekanan yang terlalu berlebihan dengan pijat badan. Pada kasus yang lebih fatal dapat mengakibatkan pendarahan organ dalam.

Jika organ dalam telah rusak, karena pijatan yang menekan otot secara berlebihan, maka bisa berakibat pada kematian. Secara tidak langsung, pijat yang berlebihan khususnya pada bagian badan bisa menekan otot-otot jantung, kerusakan, dan lebih fatalnya yaitu kasus kematian. Oleh sebab itu, jika sedang dipijat, usahakan untuk tidak menelungkupkan badan.

Dampak negatif lain dari pijat, jika pijat tidak dilakukan oleh orang yang profesional atau mengetahui anatomi tubuh maka bisa terjadi kemungkinan terburuk yaitu kelumpuhan, karena penekanan yang cukup kuat di daerah syaraf gerak. Oleh sebab itu, berhati - hati untuk melakukan pijat badan karena dapat menimbulkan kelumpuhan,jika salah atau terlalu menekan urat saraf gerak.

Setiap pijatan khususnya untuk pijat badan, akan dibalurkan atau dioleskan minyak khusus untuk pijat. Jika kulit badan tidak bereaksi maka kemungkinan terburuk resiko alergi kulit, rasa terbakar, karena penggunaan minyak pijat yang tidak cocok dengan kulit badan. Pastikan kulit cocok dengan kandungan yang terdapat pada minyak tersebut.

Waktu Terbaik Untuk Pijat Badan

Guna meminimalisir resiko yang buruk terhadap kesehatan akibat dipijat. Pijat tetaplah solusi terbaik untuk merelaksasi otot-otot yang tegang. Oleh sebab itu, cari tahu waktu-waktu terbaik untuk melakukan pijatan agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari pijatan. Waktu-waktu terbaik itu adalah:

  • Jam setelah pulang kerja

Pada jam-jam ini adalah jam ketika otot butuh pelemasan akibat aktivitas bekerja yang cukup padat, sehingga menyebabkan otot-otot menjadi tegang. Melakukan pemijatan ketika pulang bekerja akan membuat relaksasi otot-otot yang tegang dan menyegarkan kembali rasa kelelahan.

Rasa lelah, lemas, dan stres akan didapatkan pada jam-jam ini. Oleh sebab itu, pentingnya untuk menghalau rasa stres yang didapat dari pekerjaan dengan cara melakukan pemijatan. Dengan demikian, tubuh akan lebih bugar pada keesokan harinya, dan pastinya terhindar dari stres.

  • Waktu libur kerja

Waktu libur bekerja, misalnya pada hari Minggu adalah masa ketika otot-otot sedang relaks. Memijatnya pada bagian tertentu bisa membuat tubuh lebih bugar, karena tidak terjadi kontraksi terhadap otot-otot yang tegang dan kelelahan. Disamping itu, memiliki waktu yang lebih lama untuk dipijat.

Gunakanlah waktu ini tidak hanya untuk dipijat melainkan juga melakukan serangkaian perawatan badan lainnya, misalnya luluran untuk wanita. Manfaatkan waktu luang tersebut untuk memanjakan diri. Sehingga akan lebih segar pada keesokan harinya.

  • Satu jam sebelum dan setelah makan

Ketika akan melakukan pijat badan, sebaiknya dalam keadaan perut kosong. Perut yang terisi dengan makanan bisa menyebabkan muntah akibat proses pemijatan yang mungkin saja menekan lambung. Oleh sebab itu diusahakan memberikan jeda waktu makan dengan dipijat.

Disamping menekan lambung, makanan yang belum dicerna secara sempurna juga dapat menekan paru-paru apabila melakukan pemijatan. Dengan demikian, rasa sebah akan didapatkan. Dan tentunya tidak memiliki efek yang baik terhadap organ tubuh bagian dalam.

  • Waktu Menjelang Tidur

Pada saat akan tidur, otot-otot yang tegang karena aktivitas akan kembali relaks. Dengan demikian, apabila melakukan pemijatan pada waktu ini akan menambah manfaat pemijatan. Sehingga kemungkinan terjadi kontraksi penekanan otot yang berlebihan dapat diminimalisir.

Melakukan pemijatan ketika menjelang tidur, akan mendapatkan tubuh yang lebih segar di waktu pagi. Tidur pun akan lebih nyenyak, sehingga akan mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Hal tersebut karena otot-otot dan peredaran darah lebih lancar.

  • Sebelum Mandi Sore Atau Sekitar Pukul 15:00

Mandi sore memang menyehatkan, namun bila terlalu sore pun akan berpengaruh buruk pada kesehatan. Demikian pula dengan dipijat, melakukan aktivitas ini sebaiknya dilakukan sebelum mandi sore yaitu tidak boleh lewat dari jam 15:00 sore, karena akan berdampak pada serangan jantung.

Disamping itu, melakukan pemijatan sebelum mandi sore, akan mendapatkan tubuh menjadi lebih segar kembali. Minyak yang digunakan untuk membalur badan yang dipijat, dapat segera langsung dibersihkan dengan cara mandi. Oleh sebab itu, pentingnya untuk melakukan pemijatan pada jam-jam tersebut.

Itulah jam-jam terbaik ketika akan melakukan pijatan. Walaupun pijat banyak memberikan manfaat kesehatan, namun seseorang harus tahu dampak negatif dari pijatan tersebut. Dengan demikian, dapat meningkatkan manfaat pijatan serta meminimalisir resiko yang buruk terhadap kesehatan.

Bagi Anda yang senang dipijat, maka sebaiknya untuk mencari tahu dampak positif dan negatif pijatan untuk kesehatan. Dengan demikian dapat mengantisipasi pengaruh buruk pijat badan terhadap kesehatan. Gunakanlah waktu-waktu terbaik ketika akan dipijat untuk meminimalisir resiko yang buruk akibat dipijat.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.