Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Manfaat Dari Pijat Refleksi Untuk Kesehatan

Pijat merupakan salah satu aktivitas yang paling enak dilakukan ketika tubuh sedang lelah-lelahnya. Ada banyak jenis pijatan yang bisa membuat tubuh kembali bugar, salah satunya pijat refleksi.

Manfaat Dari Pijat Refleksi

Pijat yang satu ini diketahui memiliki banyak khasiat bagi tubuh selain membuatnya menjadi lebih rileks. Lantas, apa saja manfaat dari pijat refleksi yang bisa dirasakan? Simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Pijat Refleksi

Pijat refleksi merupakan sebuah pijatan yang menitikberatkan pada tekanan di bagian tangan, kaki, telinga dan bagian-bagian anggota tubuh lainnya yang berkaitan dengan organ bagian dalam, sehingga pemijatan yang dilakukan tepat di titik anggota tubuh tertentu akan memberikan dampak positif terhadap bagian organ dalam tubuh tertentu.

Pijat refleksi juga termasuk dalam kategori seni pijat kuno yang asalnya dari China. Sampai saat ini, sudah banyak peneliti yang melaukan penelitian mengenai cara kerja pijat ini hingga akhirnya terbentuk banyak teori untuk jenis pijatan yang satu ini. Walaupun sudah banyak teori yang dirilis, namun belum ada teori yang secara pasti bisa digunakan untuk menjabarkan secara jelas bagaimana cara pijat refleksi bekerja.

Memang cara kerja dari pijat refleksi belum ditemukan secara jelasn untuk para peneliti. Tetapi mereka telah sepakat, bahwa ketika pijat ini dilakukan di bagian tangan atau kaki maka akan sangat efektif untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit.

Manfaat yang Bisa Didapat dari Pijat Refleksi

Ketika Anda melakukan pijat refleksi, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pijat refleksi sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis nyeri yang dirasakan pada bagian tubuh tertentu. Ada banyak jenis nyeri yang biasanya Anda rasakan, di antaranya yaitu nyeri punggung, nyeri akibat migraine, nyeri pada bagian leher, nyeri pada bagian kepala dan nyeri-nyeri lainnya. Pijatan ini pun dipercaya bisa membantu mengurangi ketegangan pada bagian otot yang mungkin menjadi pemicu dari rasa nyeri itu.

  • Membuat stress berkurang

Pijat refleksi sangat membantu menurunkan stress. Caranya yaitu dengan memicu tubuh untuk melepaskan hormone-hormon serotonin. Melalui pijatan di titik tertentu, kelenjar yang ada di dalam otak yang berfungsi untuk mengatur produksi neurotransmitter serotonin, nantinya akan melepaskan hormon tersebut dan jika hormone serotonin dilepaskan, maka rasa stress dan cemas bisa lekas berkurang. Anda pun akan kembali rileks.

  • Meningkatkan fungsi kinerja saraf

Pijat refleksi bisa membantu meningkat kinerja dari saraf, dengan cara merangsang lebih dari 7000 ujung titik saraf yang berbeda-beda. Dengan merangsang 7000 titik saraf, saraf yang tadinya sensivitasnya sudah berkurang karena faktor usia dapat kembali terangsang dan bisa kembali bekerja dengan baik. Pemijatan pada bagian kaki akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ekstemitas bawah.

  • Membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar

Manfaat pijat refleksi selanjutnya yaitu membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh. Darah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Melalui oksigen tersebut, setiap organ tubuh akan dapat menjalan fungsinya dengan baik, maka dari itu, sangat penting untuk menjaga sirkulasi peredaran darah agar tetap lancar agar kinerja fungsi organ tubuh tetap berjalan seimbang. Tak hanya membuat sirkulasi peredaran darah kembali lancar, pijatan ini juga dapat menjaga metabolisme dan regenarasi sel dalam tubuh.

  • Meningkatkan keseburuan

Salah satu manfaat dari pijat refleksi yang tak banyak diketahui orang adalah mampu meningkatkan kesuburan. Tidak sedikit orang yang memilih jenis pijatan ini untuk meningkatkan kesuburan agar mereka bisa segera memiliki momongan. Wanita yang banyak melakuka pijatan ini juga akan lebih sehat dan kondisi tubuhnya akan lebih siap untuk mempersiapkan kehamilan. Pijatan ini juga sangat diyakini memiliki pengaruh yang besar untuk menjaga kestabilan siklus menstruasi, ovulasi dan keseimbangan hormon.

  • Mengatasi masalah tidur

Anda yang memiliki masalah tidur, sangat dianjurkan untuk mencoba pijat refleksi demi mengatasi permasalahan tersebut. Ingat, tidur yang cukup dan berkualitas akan sangat membantu menjaga kesehatan Anda. Bagaimana cara pijat ini mengatasi masalah tidur Anda? Sederhana, karena pijatan ini bisa membuat Anda jadi lebih rileks dan stress berkurang, dan melalui kedua hal tersebut, kualitas tidur Anda akan jadi lebih meningkat.

  • Menurunkan hipertensi

Kebanyakan orang menganggap hipertensi alias tekanan darah tinggi sebagai situasi yang sepele. Padahal, hipertensi sangat berpeluang untuk memicu penyakit lainnya seperti kardiovaskuler. Melalui pijat refleksi di beberapa titik, diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat kecemasan sehingga mood Anda akan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

  • Menurunkan gejala PMS dan menopause

Salah satu manfaat dari pijat refleksi kaki adalah bisa mengatasi permasalah PMS dan menopause. Terjadinya ketidakseimbangan hormon diyakini bisa menyebabkan PMS dan menopause, sehingga melalui pijatan ini, masalah soal ketidakseimbangan hormone bisa diatasi dan Anda bisa terhindar dari masalah PMS dan menopause.

  • Membantu menurunkan efek samping dari pengobatan kanker

Memang betul, dengan melakukan pijat refleksi tak serta merta penyakit kanker Anda bisa langsung hilang. Tetapi, dengan melakukan pijatan ini, Anda bisa menurunkan pengaruh dari efek samping dari pengobatan kanker yang Anda jalani.

Umumnya, terapi-terapi kanker seperti kemotrapi dan radiasi akan menimbulkan efek samping seperti masalah pencernaan, muntah-muntah hingga gangguan kecemasan. Dengan melakukan pijat refleksi, setidaknya akan membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak dan memperlambat pertumbuhan kanker dengan adanya perangsangan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan kaki atau tangan

Melalui pijat refleksi, kesehatan bagian kaki dan tangan Anda bisa terjaga dengan baik. Tidak hanya memberikan efek pada organ bagian dalam tubuh, pijatan ini juga sangat memberikan efek langsung pada bagian organ luar tubuh yang dikenai pijatan secara langsung. Pijatan ini akan meningkatkan rangsangan pada bagian otot kaki dan tangan serta mengurangi rasa sakit dan rasa kaku, sehingga kaki dan tangan Anda akan jauh lebih rileks.

Tak hanya itu, pijatan ini juga terbukti ampuh untuk melatih bagian otot kaki agar menjadi lebih kuat dan terhindar dari cedera. Pijat refleksi pada bagian tangan dan kaki memang bisa dilakukan sendiri. Tetapi, alangkah jauh lebih baik jika Anda menggunakan jasa professional untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

  • Menyembuhkan nyeri di bagian kepala

Pijat refleksi juga sangat berfungsi untuk mengurangi sekaligus menyembuhkan nyeri di bagian kepala yang disebabkan oleh rasa cemas dan stress yang berlebihan. Dengan melakukan pijatan ini rutin selama tiga bulan, maka rasa nyeri pada bagian kepala Anda bisa lekas hilang tanpa perlu meminum obat-obatan.

  • Mencegah sembelit

Manfaat dari pijat refleksi yang lainnya yaitu mencegah terjadinya sembelit. Sebuah penelitian menyebutkan kalau metode pengobatan alternatif yang dilakukan menggunakan pijatan bisa membantu mencegah sembelit. Pijatan ini diketahui memberikan efek samping berupa relaksasi dan relaksasi sangat mampu mencegah terjadinya sembelit.

Demikianlah manfaat dari pijat refleksi. Ingat, ketika Anda memilih jasa untuk melakukan pijatan ini harus benar-benar dilihat bagaimana track recordnya, jangan sampai niatnya mau membuat tubuh menjadi rileks dan melepaskan rasa capek, justru yang terjadi malah sebaliknya.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.