Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis-jenis Lulur Dan Manfaatnya

Luluran dengan berbagai jenis-jenis lulur, hal yang biasa dilakukan oleh wanita Indonesia untuk merawat kecantikan. Terutama di Indonesia ada banyak sekali rempah dan bahan baku untuk membuat luluran secara alami yang mudah dibuat sendiri. Disamping lebih ekonomis, namun memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan.

Mengenal Jenis-jenis Lulur Dan Manfaatnya

Sejak dahulu kala, kecantikan wanita Indonesia sudah sangat terkenal. Terutama karena kulitnya yang halus, hal tersebut didapatkan dari perawatan kecantikan berupa luluran. Cara ini sering dilakukan oleh putri keraton kerajaan di Indonesia, bahkan hingga sekarang pun wanita Indonesia selalu merawat kecantikannya dengan cara ini.

Bagi wanita pada umumnya, merawat kecantikan merupakan hal yang paling krusial. Khususnya di Indonesia, menggunakan jenis-jenis lulur yang sesuai dengan kulit wanita Indonesia sudah menjadi tradisi turun temurun. Ada yang melakukannya sendiri, namun tidak sedikit yang membutuhkan orang lain.

Perawatan luluran ini akan lebih maksimal apabila menggunakan jasa orang lain, terutama mereka yang terlatih dan terampil untuk dipijat. Dengan demikian, hasilnya akan lebih maksimal karena luluran dilakukan sambil dipijat hingga meresap ke dalam tubuh dan dapat menimbulkan manfaat yang maksimal.

Sejarah Lulur Di Indonesia

Wanita Indonesia sudah mengenal Allah jenis-jenis lulur dari sejak dulu kala. Hal tersebut diawali oleh wanita kerajaan di pulau Jawa yang melakukan perawatan kecantikannya dengan menggunakan luluran. Hasilnya, kulit tubuh para wanita bangsawan kerajaan di pulau Jawa tersebut lebih mulus, halus dan bercahaya.

Saat itu, bahan untuk membuat luluran diracik sendiri oleh para dayang. Berbagai bahan-bahan rahasia tradisional dibuat untuk membuat bahan untuk luluran tersebut. Saat itu pemanfaatan bahan-bahannya dan penggunaan alat untuk meraciknya masih sangat sederhana. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat luluran lebih banyak menggunakan rempah-rempah.

Itulah sejarah tentang luluran, hingga saat ini luluran masih dipercaya untuk merawat kecantikan kulit wanita Indonesia. Sehingga luluran mulai diproduksi oleh pabrik-pabrik kecantikan dan kosmetik, serta memproduksi jenis-jenis lulur yang berbeda. Saat ini, penggunaanya menjadi lebih praktis, yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita masa kini.

Jenis-jenis Lulur

Di atas selalu disebut tentang jenis-jenis. Namun tidakkah Anda tahu beberapa jenisnya? Dengan demikian, dapat memilih jenis yang tepat untuk berbagai kegiatan yang dapat menunjang penampilan wanita Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenisnya:

  • Lulur Susu

Salah satu dari jenis-jenis lulur ini mengandung lebih banyak susu yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Susu yang digunakan pun, bisa berupa susu sapi atau susu kambing. Namun pastinya lulur susu ini mampu menutrisi kulit dengan kandungan ekstra susu di dalamnya. Disamping itu , susu bisa bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan kulit kering.

  • Lulur Madu

Dari sejak dahulu kala, lulur madu sering digunakan untuk merawat kecantikan kulit wanita. Hal tersebut dikarenakan kandungan madu yang kaya akan nutrisi. Dengan demikian, madu bisa digunakan untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Disamping itu, efek madu pun bisa berfungsi sebagai pencerah kulit. Wanginya yang harum, bisa dijadikan salah satu pilihan produk luluran.

  • Lulur Pengantin

Walaupun namanya sebagai lulur pengantin, namun bukan berarti kegunaannya untuk pengantin. Kandungan lulur ini mengandung ekstra temugiring dan campuran bahan lainnya sebagai bahan lulur yang biasa digunakan oleh pengantin agar dapat memberi kehalusan pada kulit, serta membuat kulit menjadi kuning langsat.

  • Lulur Scrub

Saat ini, luluran tidak melulu harus melakukan ritual yang seperti sebelumnya dilakukan. Karena saat ini banyaknya wanita karir yang memiliki kesibukan yang tinggi, sehingga tidak memiliki waktu untuk melaksanakan luluran. Untungnya, saat ini terdapat lulur scrub yang bisa diaplikasikan saat mandi. Sehingga lebih praktis penggunaannya.

  • Lulur Rempah

Salah satu dari jenis-jenis lulur yang banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia adalah lulur rempah. Sebagai mana kita tahu, Indonesia memiliki kekayaan rempah yang berlimpah dan bermanfaat untuk kecantikan kulit. Oleh sebab itu, penggunaan lulur ini bisa dijadikan pilihan agar kulit wanita Indonesia menjadi lebih cantik, halus, dan lembab.

Itulah beberapa jenis-jenis lulur yang banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai perawatan sehari-hari untuk bekerja ke kantor, atau sebagai pelengkap ketika mandi. Penting untuk diketahui, penggunaan lulur tersebut akan lebih efektif apabila dibarengi dengan teknik pijatan.

Manfaat Lulur

Semua jenis-jenis lulur bermanfaat untuk membersihkan kotoran, mengemgangkat sel kulit mati, membuat badan lebih cerah. Bahkan bila menggunakannya dengan melakukan teknik pijatan maka kotoran yang menempel di badan dapat luntur seketika. Penggunaan lulur ini sangat praktis, bahkan saat ini ada lulur yang siap pakai yang langsung bisa digunakan saat mandi.

Sayangnya, kesulitan untuk menjangkau pada daerah-daerah tertentu membutuhkan orang lain yang dapat melakukannya. Untungnya ada jasa pijat panggilan yang dapat membantu proses luluran dengan sempurna. Bahkan dengan teknik pijatan yang dapat merelaksasi serta mudah untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Dengan demikian, tubuh bisa menjadi lebih bersih, karena menggunakan jasa pijat panggilan yang dapat membantu proses luluran dengan sempurna. Melakukan luluran di hotel atau apartemen tentunya akan lebih nyaman, karena fasilitas dan suasana hotel sangat mungkin untuk memberikan efek relaksasi yang lebih nyaman.

Tips Lulur Yang Baik

Berikut ini tips melakukan luluran yang dapat memberikan manfaat yang maksimal. Dengan demikian, kulit bisa menjadi lebih halus dan cerah seperti putri Keraton. Berikut ini adalah beberapa tipsnya, yaitu:

  • Menggunakan lulur yang sesuai dengan jenis kulit

Kulit wanita Indonesia cenderung berbeda-beda tergantung jenis kulitnya, apakah normal, kering, maupun berminyak. Beragam jenis-jenis lulur bisa dicoba yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan untuk memilih yang sesuai agar tidak menimbulkan masalah baru pada kulit. Contohnya bila kulit yang berminyak sebaiknya menggunakan luluran khusus untuk kulit berminyak agar dapat mengurangi minyak di tubuh.

  • Aplikasikan lulur bersama dengan teknik pijatan

Tips yang kedua ini, jika dirasa sulit untuk melakukannya sendiri maka sebaiknya menggunakan jasa pijat panggilan, yang bisa dipanggil ke hotel atau apartemen. Jika saat ini tinggal di hotel atau apartemen maka lebih baik menggunakan jasa ini agar mendapatkan manfaat pijat dan luluran yang maksimal. Sehingga luluran akan meresap sempurna ke dalam kulit.

  • Mandi air hangat setelahnya

Melakukan mandi air hangat setelah proses luluran dapat membuat manfaat luluran lebih maksimal sempurna. Oleh sebab itu, siapkanlah air hangat setelah luluran selesai. Air hangat pun dapat membuat sisa -sisa luluran lebih bersih sempurna. Tidak jarang sisa luluran masih menempel di tubuh. Oleh sebab itu, membersihkannya harus menggunakan air hangat.

  • Tidak Menggunakan lulur pada kulit yang terluka

Apabila mendapatkan kulit yang terluka, sebaiknya untuk menghindarinya agar tidak dilulur, karena hal itu bisa berdampak perih dan akan membuat luka menjadi bertambah lebar. Jika melakukan luluran dengan menggunakan jasa terapis sebaiknya beri tahu terapis mengenai bagian luka tersebut agar terapis mengetahuinya dan tidak melakukan luluran.

  • Gunakanlah Aromatherapy

Efek relaksasi selama melakukan luluran akan lebih terasa bila menggunakan aromatherapi yang sesuai dengan selera. Tubuh akan menjadi lebih relaks, karena dipijat dan dilulur menggunakan keharuman aromatherapi yang menenangkan. Dengan demikian, tips ini bisa dicoba saat melakukan luluran sambil dipijat agar dapat menghilangkan stres.

Luluran merupakan salah satu perawatan kecantikan yang telah dilakukan oleh wanita sejak dahulu kala. Pentingnya merawat kecantikan kulit ini menjadikan luluran lebih beragam jenis-jenis lulur yang saat ini bisa dipilih oleh wanita Indonesia. Penggunaan jasa terapis pijat panggilan pun bisa untuk membantu proses luluran ini.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.