Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenali Lebih Dekat Manfaat Bekam Dan Penjelasannya

Bekam merupakan kan salah satu metode pengobatan yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Metode ini sudah banyak dilakukan oleh penduduk keturunan Arab, terutama karena dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, umat Islam percaya metode ini cukup efektif untuk pengobatan segala jenis penyakit. 

Mengenali Lebih Dekat Manfaat Bekam Dan Penjelasannya

Banyak orang yang sudah menggunakan cara ini, walau sepintas tampak mengerikan karena harus melihat gumpalan darah dari peralatannya. Tidak sedikit pula yang merasakan manfaatnya, sehingga keberadaannya semakin diminati oleh banyak orang. Khususnya kalangan umat Islam itu sendiri. 

Berdasarkan hal tersebut, saat ini mulai bermunculan rumah dan tempat terapi yang melayani metode ini. Untuk lebih memberikan kemudahan kepada para klien pun bisa menggunakan jasa pijat panggilan untuk hotel dan apartemen. Dengan demikian, bisa dilakukan lebih pribadi tanpa harus datang ke tempat terapi.

Manfaat Bekam

Walaupun sudah banyak yang menggunakan metode ini, namun lebih baik untuk mengetahui lebih lengkap akan manfaat bekam, sebelum mencobanya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya, yaitu:

  • Membuang Darah Kotor 

Darah kotor yang terdapat dalam tubuh bisa menghambat sirkulasi darah. Dengan demikian, bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, jenis darah ini harus dibuang secara berkala agar tubuh terjaga kesehatannya. Dengan demikian, darah kotor tidak akan menghambat aliran darah.

Fungsi darah itu sendiri membawa oksigen dan beberapa zat gizi yang didapat dari makanan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Sehingga, bila terdapat darah kotor maka pembuluh darah tersumbat dan menghalangi jalan aliran darah lainnya.

  • Sirkulasi Darah Menjadi Lancar

Jelas, apabila darah kotor dibersihkan maka sirkulasi darah menjadi lebih lancar karena darah kotor dapat menghalangi jalan sirkulasi darah pada pembuluh darah yang dapat menghambat jalan darah lainnya untuk mengangkut oksigen dan zat gizi dari makanan ke seluruh tubuh.

Jalan darah bisa terhambat apabila sirkulasi darah tidak lancar karena penumpukan plak atau darah kotor. Fatal akibatnya bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Dengan demikian, dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya yang lebih parah akibat pembuluh darah pecah.

  • Detoksifikasi Pada Tubuh

Proses pengeluaran racun pada tubuh bisa dilakukan dengan metode pengobatan ini. Semua racun yang dalam tubuh akan turut serta keluar bersama darah yang keluar dari teknik pengobatan ini. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih sehat dengan metode pengobatan ini, karena racun dapat dikeluarkan.

Racun yang terdapat dalam tubuh bisa mengakibatkan berbagai gangguan penyakit. Oleh sebab itu, diperlukan detoksifikasi secara berkala. Racun mudah sekali didapatkan dari polusi, makanan yang tercemar, udara kotor yang terhisap, serta debu dan partikel dalam ruangan yang kotor.

  • Meredakan Stres

Salah satu penyebab stres adanya racun yang mengkontaminasi otak. Oleh sebab itu, pentingnya untuk melakukan detoksifikasi yang salah satu caranya bisa menggunakan metode ini. Selain tubuh menjadi lebih sehat tentunya.

Jangan anggap remeh stres, karena bisa berdampak pada pekerjaan dan kondisi kejiwaan. Oleh sebab itu, sebaiknya menjauhi segala hal yang bisa berdampak pada stres. Namun apabila hal tersebut terlanjur terjadi, maka sebaiknya melakukan metode berbekam ini.

  • Mengurangi Penyakit Darah Tinggi

Gangguan akibat tekanan darah tinggi bisa menimbulkan beragam macam penyakit. Oleh sebab itu berbekam bisa mengurangi tekanan darah tinggi tersebut. Ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai akibat dari tekanan darah tinggi. Jangan sampai hal tersebut terlanjur terjadi.

Wajar apabila berbekam bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan prosesnya yang mengeluarkan banyak aliran darah. Dengan demikian sangat disarankan apabila menderita gangguan tekanan darah tinggi untuk melakukan metode pengobatan ini.

Itulah beberapa manfaat bekam yang harus diketahui sebelum mulai mencobanya. Kini jadi tahu alasan kenapa banyak orang yang menggunakan cara ini untuk mengatasi berbagai kesehatan. Dengan demikian, tidak lagi penasaran akan manfaat yang tersembunyi pada metode pengobatan yang banyak dilakukan oleh kalangan umat Islam ini.

Efek Samping Bekam 

Walaupun memiliki banyak manfaat, ternyata bekam pun memiliki efek samping. Salah satunya jika kulit lebih sensitif maka bisa menimbulkan iritasi atau bahkan peradangan. Terutama apabila peralatan yang digunakan tidak dibersihkan dengan sempurna, seperti menggunakan peralatan yang bekas dipakai oleh orang lain.

Peralatan yang bekas pakai orang lain dapat menyebabkan darah masih menempel pada peralatan tersebut. Dengan demikian, dapat mengakibatkan kemungkinan tertular penyakit dari darah yang tersisa tersebut. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir efek sampingnya perlu untuk memperhatikan kebersihan peralatan yang digunakan.

Proses bekam itu sendiri, yaitu melakukan penyedotan darah pada bagian-bagian tubuh tertentu. Sehingga kemungkinan untuk memar dan pembuluh darah pecah sangat besar kemungkinan akan terjadi. Disamping itu, tekanan darah akan otomatis berkurang karena hal tersebut. Untuk itu pentingnya melakukan pengukuran tensi darah terlebih dahulu agar dapat meminimalisir resiko efek samping.

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Bekam

Karena berhubungan dengan sirkulasi darah, maka waktu terbaik untuk melakukan bekam yaitu pada sore hari atau setelah beraktivitas. Hal tersebut dikarenakan sirkulasi atau aliran darah sedang berada pada posisi aktif. Sehingga dapat memperoleh manfaatnya dengan maksimal. Namun untuk lebih baiknya, sebaiknya mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan terapis atau pakar kesehatan.

Pakar kesehatan akan lebih mengetahui kondisi kesehatan pasiennya. Termasuk menyarankan kapan waktunya untuk dibekam ataupun tidak. Untuk melakukan metode pengobatan ini tidak boleh sembarangan, serangkaian pemeriksaan kesehatan harus dilakukan. Tidak lupa, untuk mengkonsultasikannya kepada riwayat penyakit yang pernah diderita.

Terapis akan menyarankan waktu terbaik untuk melakukan bekam. Jangan khawatir bila tidak bisa menemukan terapis yang bersedia melayani. Saat ini, terdapat jasa pijat panggilan untuk hotel dan apartemen yang dapat mempermudah mendapatkan metode pengobatan ini. Bukankah akan lebih nyaman bila dilakukan di hotel atau apartemen?

Bagian Tubuh Yang Boleh Dibekam

Sebaiknya mengetahui esensi manfaat bekam itu sendiri untuk melancarkan peredaran darah dan juga bisa membuang darah kotor, atau darah yang sudah tidak berfungsi dengan aktif. Dengan demikian, para terapis akan merekomendasikan untuk melakukannya pada bagian punggung. Bagian punggung merupakan sentral darah kotor biasanya berkumpul.

Pada saat ini, terdapat bekam yang bisa dilakukan di wajah, yang berguna untuk menghilangkan jerawat. Terutama untuk wanita yang merasa terganggu dengan hadirnya jerawat-jerawat tersebut. Sehingga terapis akan merekomendasikan titik-titik saraf yang akan dilakukan tindakan menggunakan terapi ini. Apakah sebaiknya di punggung atau di wajah.

Terapis akan merekomendasikan titik-titik pada bagian tubuh yang menjadi pusat masalah kesehatan. Diantaranya punggung, wajah, dan beberapa bagian tubuh lainnya, dimana darah kotor atau darah pasif berkumpul. Namun yang banyak dilakukan selama ini, yaitu cara berbekam dengan melakukannya pada punggung. Hal tersebut agar darah menjadi lebih lancar.

Metode pengobatan ini telah banyak dilakukan dari sejak dulu. Bekam merupakan salah satu metode pengobatan yang datang dari Timur Tengah. Banyaknya manfaat yang akan didapatkan, menjadikan metode ini semakin banyak diminati. Untungnya saat ini, terdapat jasa pijat panggilan yang dapat melakukan hal tersebut. Sehingga akan lebih mempermudah mendapatkan pelayanan untuk pengobatan ini.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.