Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pijat Shiatsu yang Tidak Banyak Orang Tahu

Tidak bisa ditampik kalau mobilitas tinggi bisa membuat seseorang bisa mengalami permasalahan kesehatan, baik itu fisik hingga kesehatan mental.

pijat shiatsu

Biasanya, kalau kesehatan mental terganggu akan ditandai dengan tubuh terasa pegal, mudah lelah hingga merasa sangat lemas. Sedangkan, jika kesehatan mental yang terganggu, Anda akan jadi lebih mudah stress dan cemas. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pijatan, khususnya pijat shiatsu. iasanya, kalau kesehatan mental terganggu akan ditandai dengan tubuh terasa pegal, mudah lelah hingga merasa sangat lemas. Sedangkan, jika kesehatan mental yang terganggu, Anda akan jadi lebih mudah stress dan cemas. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pijatan, khususnya pijat shiatsu.

Mengenal Lebih Jauh Pijat Shiatsu

Pijat shiatsu adalah teknik pijatan asal jepang yang dilakukan dengan menggunakan jari-jari untuk memijat tubuh di bagian atau titik tertentu dan memiliki banyak manfaat. Shiatsu berasal dari bahasa Jepang yang kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya ‘tekanan jari’.

Metode pijat ini akan berfokus pada bagian meridian line atau aliran saraf, mulai dari ujung kaki sampai dengan ujung rambut. Pada pijatan ini akan lebih didominasi oleh gerakan stretching sehingga akan sangat untuk diterapkan langsung pada seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti misalnya terlalu banyak duduk, jalan, mudah stress sampai kesulitan untuk tidur.

Jika teknik ‘urut’ sangat lumrah dilakukan pada pemijatan pada umumnya, maka berbeda dengan pijat shiatsu yang menggunakan teknik berbeda. Dimana nantinya para terapis akan menginjak perlahan pada sejumlah titik tubuh untuk meregangkan otot-otot Anda yang kaku.

Para terapis awalnya akan melakukan warming up dari bagian atas hingga bawah tubuh. Berikutnya akan melakukan stretching untuk mengendurkan otot-otot pada bagian pinggang, kaki hingga bagian tubuh tertentu. Selanjutnya setelah stretching, barulah akan dilakukan penginjakan ala-ala gerakan shiatsu. Kerennya lagi, pijat shiatsu ini sangat aman dilakukan pada para ibu yang sedang hamil. Tetapi, khusus untuk wanita hamil, tidak berlakukan pemijatan di bagian-bagian tertentu seperti bagian area mata kaki.

Uniknya lagi, pijat shiatsu bisa dilakukan pada siapapun, baik itu wanita atau pria hingga orang dengan tubuh kurus atau gemuk. Namun untuk usia yang disarankan bisa melakukan pijatan ini berkisar pada usia 25-55 tahun. Tetapi, bila ada seseorang yang berusia di atas 55 tahun ingin melakukan pijatan ini, maka tetap diperbolehkan dengan satu syarat, yaitu terapis melakukan pengecekan pada kondisi tubuh pasien lebih dulu untuk bisa menyesuaikan pijatan.

Manfaat dari Pijat Shiatsu

Apabila selama ini, Anda lebih sering menikmati beragam jenis pijat tradisional, maka tak ada salahnya mulai mencoba pijat shiatsu. Mengapa harus mencoba pijatan tersebut? Sederhana, karena manfaat-manfaat di bawah inilah yang akan Anda rasakan dari pijatan tersebut. Apa saja? Berikut ini ulasan singkatnya:

  • Mengurangi rasa nyeri

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan ketika melakukan pijat shiatsu yaitu dapat mengurangi rasa nyeri. Kadang-kadang, kita bisa saja merasakan suatu nyeri yang tidak tertahankan, bukan? Jika iya, daripada mengonsumsi obat-obatan, maka akan jauh lebih baik untuk melakukan pijatan ini. Beberapa penelitian di luar negeri telah menunjukkan bahwa akupresur (komponen utama dari pijatan shiatsu) merupakan obat alternatif yang bisa mengurangi rasa nyeri di bagian punggung secara lebih efektif.

  • Mengurangi rasa stress

Manfaat lainnya dari pijat shiatsu adalah mampu mengurangi rasa stress. Pada sebuah uraian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, pijatan asal Jepang ini disebut dapat memberikan mempertahankan, memulihkan sampai menyeimbangkan energi dalam tubuh.

  • Meredakan nyeri pada bagian otot

Manfaat berikutnya dari pijat shiatsu yaitu dapat meredakan rasa nyeri atau sakit pada bagian otot tubuh Anda yang terasa kaku atau tegang. Ketika mendapat pijatan ini, tubuh Anda akan langsung meresponsnya dengan memberikan rasa rileks secara perlahan.

  • Meningkatkan aliran energi ke seluruh bagian tubuh

Pijat shiatsu sangat memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, dengan cara memberikan efek positif yang akan memberikan pengaruh besar pada sistem energi di dalam tubuh. Ketika pijatan ini difokuskan pada bagian-bagian titik akupresur, maka sumbatan-sumbatan di dalam tubuh akan langsung terbuka, dengan begitu energi akan mudah dialirkan ke seluruh tubuh.

  • Mengendalikan gejala cemas dan depresei

Tidak hanya mampu mengurangi kadar hormone stress, pijat shiatsu juga sangat berperan aktif dalam peningkatan kadar serotonin dan dopamine dalam tubuh, dimana kedua hormon tersebut merupakan senyawa neurotransmitter yang mampu mengurangi depresi dan dapat menciptakan rasa nyaman dalam tubuh.

  • Melancarkan sirkulasi darah pada kulit

Mungkin tidak banyak yang tahu jika pijat shiatsu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Dimana pijatan ini akan membuat sirkulasi darah pada kulit menjadi lebih lancar serta membantu kulit menjadi lebih lembab dan halus dan menunda terjadinya penuaan dini.

Jenis-jenis Pijatan Selain Shiatsu

Selain pijat shiatsu, Anda juga harus tahu jenis-jenis pijatan lainnya, diantaranya yaitu:

  • Thai massage

Sama seperti pijat shiatsu, Thai massage juga memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu membantu mobilisasi otot, meningkatkan sirkulasi peredaran darah, meningkatkan energi dan membantu mengurangi stress. Thai Massage biasanya lebih dikenali dengan sebutan Thai yoga.

Pijatan yang satu ini berasal dari Thailand yang tekniknya juga mengadposi pijat tradisional dari Thailand. Biasanya, orang-orang yang melakukan Thai Massage ingin menghilangkan ketegangan otot dan membuatnya jadi lebih rileks dan meregang sehingga energi Anda bisa kembali seperti semula dan gerakan tubuh menjadi lebih bebas seperti keadaan normal.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga menunjukkan kalau manfaat lainnya dari Thai massage adalah meningkatkan stamina dalam tubuh. Jadi, ketika itu, dilakukan sebuah percobaan untuk mengetahui perbedaan manfaat dari Thai dan Swedish massage dan hasilnya, Thai massage dianggap lebih mampu untuk meningkatkan energi ketimbang Swedish massage, yang dianggap lebih mampu memberikan sensasi santai dan rileks untuk membuat orang tersebut menjadi lebih mudah tidur.

  • Swedish massage

Tidak jauh berbeda dari pijat shiatsu, Swedish massage juga memiliki manfaat yang sama, diantaranya yaitu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, membuat peredaran darah jadi lebih lancar, mengurangi kadar racun dalam otot, mengurangi rasa stress dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Biasanya, Swedish massage dalam penerapannya akan mengadopsi beberapa teknik, mulai dari teknik mengusap, meremas pada bagian punggung dan perut lalu kemudian menggosoknya. Setelah melakukan Swedish massage, pasian harus melakukan mandi uap untuk menghilangkan minyak pada tubuh agar badan kembali terasa lebih segar.

  • Deep tissue massage

Meskipun sedikit berbeda dari pijat shiatsu, namun deep tissue massage juga memiliki manfaat yang sama. Tetapi pada pijatan ini akan lebih fokus di bagian jaringan otot yang cenderung melakukan banyak pekerjaan atau pada bagian perlekatan yang terdapat di bagian otot-otot. Pijatan ini harus dilakukan dengan sentuhan langsung di bagian kulit dengan memakai minyak beraroma untuk menghilangkan atau meredam rasa sakit. Dengan melakukan pijatan ini, leher yang kaki akan terasa lebih ringan, punggung dan bahu yang sakit akan menjadi lebih rileks.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai pijat shiatsu dan beberapa jenis pijatan lainnya. Sekali lagi, karena pijatan dengan teknik Shiatsu lebih rentan, maka disarankan Anda benar-benar memilih terapis yang memahami perihal pijatan yang berasal dari Jepang tersebut dengan baik.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.