Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijat

Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijat

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan sebenarnya menjadi metode efektif. Namun pastikan tahu titik mana yang tepat agar hidung tersumbat dapat kembali lega. Hidung tersumbat menjadi salah satu masalah yang sering dialami siapa saja saat sedang dalam kondisi flu atau pilek. Umumnya, saat seseorang mengalami hidung tersumbat akan mengakibatkan gejala lain yang menyertainya.

Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika biasa mengatasinya cukup dengan obat-obatan, kini tidak lagi, Anda bisa mencoba terapi pijat untuk meminimalisir hidung tersumbat. Lantas bagaimana dengan metode pijatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut? Kami akan sampaikan ulasan selengkapnya berikut ini.

Hidung tersumbat adalah kondisi di mana aliran udara pada salah satu atau kedua saluran hidung terhambat. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Hidung tersumbat bisa disertai dengan gejala lain seperti pilek, sakit kepala, nyeri wajah, penurunan penciuman, dan gangguan tidur.

Penanganan hidung tersumbat tergantung pada penyebabnya. Untuk hidung tersumbat ringan akibat pilek atau alergi, biasanya diatasi dengan pengobatan rumahan seperti kompres hangat, inhalasi uap air, dan penggunaan semprotan saline (air garam).

Baca Juga: Cara Menangani Radang Tendon

Saat seseorang sedang mengalami hidung tersumbat, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan metode pijatan. Lakukan pemijatan melalui beberapa titik tertentu pada bagian tubuh. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya cukup dengan pijatan pada titik bagian tubuh.

Pijat Bagian Tengkung

Cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat dengan pijatan yaitu pada bagian tengkuk. Menekan area tersebut bisa dikatakan cukup efektif dalam meredakan rasa sakit.

Cocok untuk mereka yang mengalami hidung tersumbat akibat penyakit sinusitis. Selain itu, juga mampu meredakan rasa sakit pada bagian kepala saat hidung tersumbat. Adapun panduan cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan bagian tengkuk yang dapat dilakukan yaitu :

  • Tautkan kedua tangan dan tempelkan pada bagian tengkuk.
  • Selanjutnya bisa gunakan kedua jempol untuk menekan area lekukan kepala bagian belakang. Pastikan posisi pijatan berada pada bagian dasar tengkorak atau batas rambut tumbuh,
  • Tekan bagian tersebut dengan kuat secara perlahan. Ulangi beberapa kali hingga hidung tersumbat membaik.

Memijat Antara Jempol dan Telunjuk

Sedangkan untuk cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan selanjutnya ini cukup mudah. Anda cukup memijat pada bagian antara telunjuk dan jempol. Cara melakukan pijatan ini pun relatif mudah.

  • Cukup arahkan telapak tangan ke bawah dalam posisi jari terbuka.
  • Selanjutnya bisa tentukan titik yang berada sekitar 3cm antara jempol dan telunjuk.
  • Jika sudah, barulah tekan titik tersebut memakai jari tangan satunya. Lakukan kurang lebih 2 menit.
  • Jika memang belum yakin dengan titik patan bisa menarik jempol ke bagian luar hingga terlihat otot penghubung jempol dan telunjuk. Otot yang terlihat di antara keduanya itulah yang perlu pijatan.

Pijatan Pangkal Hidung

Pijat pangkal hidung adalah salah satu cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat. Pijat ini dapat membantu meredakan peradangan pada sinus, merangsang produksi lendir, dan meningkatkan aliran lendir. Cara memijat pangkal hidung untuk meredakan hidung tersumbat pun cukup sederhana.

  • Letakkan kedua jari telunjuk di pangkal hidung, tepat di antara tulang hidung dan sudut mata.
  • Pijat pangkal hidung
  • Pijat area tersebut dengan gerakan memutar searah jarum jam selama 30 detik.
  • Ulangi langkah 1 dan 2 pada pangkal hidung yang lain.

Sebaiknya gunakan gerakan yang lembut dan tidak terlalu keras. Pijat secara berulang-ulang selama beberapa menit. Jika Anda merasa sakit, segera hentikan pijatan. hal ini bertujuan agar tidak memperburuk kondisi.

Memijat Titik Berongga

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan selanjutnya yaitu memijat bagian titik berongga. Titik berongga yaitu terletak pada bagian belakang kepala, bagian leher, dan kepala dipertemukan. Caranya pun hampir sama yaitu pijat sebelumnya, yakni dengan perlahan pada bagian tersebut.

Meletakkan jari pada bagian belakang leher dan coba rasakan pada bagian lubang yang besar. Saat titik berongga sudah ditemukan bisa melakukan pemijatan selama beberapa menit. karena keampuhannya meredakan hidung trsumbat tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Pijat Dahi

Selain pemijatan pada beberapa titik sebelumnya, Anda juga bisa mencoba memijat bagian dahi. Coba lakukan pemijatan pada bagian atas alis kanan dan kiri. Mulailah untuk menggosok kedua tangan untuk menghangatkan.

Cobalah untuk memijat dengan cara memutar melingkar ke seluruh bagian pelipis menggunakan telunjuk dan jari tengah, Sebaiknya melakukan gerakan tersebut secara bersamaan untuk arah pada bagian telunjuk dan jari tengah. Ulangi gerakan pijatan pada dahi kanan dan kiri selama kurang lebih 30 detik.

Untuk mengobati hidung tersumbat tidak harus ke dokter. Namun bisa gunakan cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan. Dibanding dengan obat, pijatan akan lebih aman dan pastinya hemat biaya. Namun jika metode pemijatan tersebut tidak efektif mengobati, segeralah kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa panggilan maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional dan sudah melakukan pelanggaran hak cipta tanpa izin yang resmi.