Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pola Hidup Sehat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Pola Hidup Sehat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian pola hidup sehat penting untuk kita ketahui. Hal tersebut karena banyak orang yang kurang begitu memahami tentang arti dari pola hidup yang sehat ini, sehingga melakukan penerapan yang kurang tepat.

Kemudian tak jarang yang melakukan diet alih-alih menjalankan pola hidup yang sehat. Menurut mereka, karena diet dapat menurunkan berat badan, kemudian dihubung-hubungkan dengan penerapan pola hidup sehat.

Untuk lebih mengerti tentang apa dan bagaimana pola hidup sehat tersebut, ada baiknya menyimak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pengertian dari pola hidup yang sehat dapat kita ketahui dari beberapa ahli. Mulai dari ahli yang kompeten inilah akhirnya dapat kita ketahui makna yang sesungguhnya dari definisi pola hidup sehat.

Pengertian yang pertama. Pola hidup sehat menurut Cindiawaty Pudjiadi (Dokter Spesialis Gizi), yaitu kondisi yang baik dalam setiap aspek secara keseluruhan, baik fisik, mental, dan juga spiritual. Menurutnya, pola hidup sehat tak hanya cukup dengan makan, tidur, dan juga olahraga. Sehingga, semua perilaku yang baik termasuk ke dalam pola hidup tersebut.

Yang kedua adalah pengertian pola hidup sehat menurut para ahli, yakni Yongky Sentosa, seorang Head of Personal Health Philips Indonesia. Pola hidup sehat adalah ketika seseorang mampu melakukan olahraga. Dimana olahraga tersebut sesuai takaran dan dikombinasikan dengan makanan sehat serta mengandung gizi tinggi.

Penerapan Pola Hidup yang Sehat

Pola hidup sehat tak cukup dengan makan dan tidur yang baik saja, tetapi juga harus dilakukan penerapan yang sesuai dengan apa yang dimaksudkan dalam pengertian tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan demi menerapkan pola hidup yang sehat, diantaranya adalah:

  • Konsumsi Makan Makanan yang Sehat dan Seimbang

Penerapan pola hidup sehat yang pertama adalah dengan memberikan asupan terhadap tubuh kita menu makanan yang sehat dan juga seimbang. Makan yang harus anda konsumsi adalah makanan yang tentunya mengandung vitamin, protein, karbohidrat, lemak, dan juga mineral. Meskipun demikian, makanan yang akan dikonsumsi harus sesuai dengan porsi dan tidak berlebihan.

  • Hindari Stress Berlebihan

Pengertian pola hidup sehat dapat kita ketahui dari penerapan gaya hidup yang satu ini. Memang terkadang banyak sekali permasalahan yang hadir di dalam kehidupan kita. Hal tersebut seringkali menjadi hal yang dapat menjadikan kita rentan terserang stress. Sedangkan, stress adalah salah satu hal yang dapat memicu penyakit datang menyerang.

Dengan demikian, demi menerapkan pola hidup yang sehat, dapat melakukan banyak cara dalam menghindari stres. Caranya dapat anda dapat melakukan meditasi atau yoga setiap pagi. Jika anda adalah tipe pekerja, maka luangkanlah satu waktu sekitar 30 menit untuk bermeditasi di luar ruangan, seperti taman atau dekat kolam renang.

Selain itu, untuk menerapkan pengertian pola hidup sehat, anda juga dapat melakukan refreshing atau jalan-jalan. Hal tersebut dapat menjadikan tubuh serta pikiran lebih fresh dan juga santai.

  • Cukup Istirahat

Menerapkan pola hidup yang sehat dapat kita lakukan dengan melakukan istirahat yang cukup. Dengan melakukan istirahat, kita dapat memenuhi kebutuhan serta meningkatkan mood.

Dengan demikian, akan terjaga kesehatan kulit dan juga memiliki dampak positif bagi penampilan. Tidur yang nyenyak dipercaya dapat menjaga tetap awet muda, bahkan pada saat kita menginjak usia yang lebih tua.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat juga dapat menjadikan kita lebih mengerti tentang pengertian pola hidup sehat. Dengan demikian, akan tercipta kondisi badan yang dapat melakukan aktivitas dengan lancar.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.