Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsumsi Vitamin B7 (Biotin) Dosis dan Efek Samping yang Harus Anda Tahu

Konsumsi vitamin B7 atau disebut juga dengan biotin adalah jenis vitamin yang ke dalam golongan vitamin B kompleks dengan sifat yang mudah larut dalam air. Jenis vitamin ini juga sering kita kenal dengan vitamin H.

Konsumsi Vitamin B7 (Biotin) Dosis dan Efek Samping yang Harus Anda Tahu

Karena sifatnya yang mudah larut dalam air tersebut, maka biotin tidak akan tersimpan dalam tubuh. Dengan demikian, konsumsi vitamin B7 harus selalu anda lakukan secara mencukupi dalam tubuh setiap hari.

Kemudian, sumber vitamin B7 ini dapat kita peroleh dari makanan sebagai sumber biotin alami, seperti pisang dan juga kuning telur. Selain itu, sumber dari biotin selanjutnya dapat kita peroleh dari suplemen yang dapat mencegah berbagai macam masalah dengan konsumsi yang sesuai dengan dosis yang disarankan.

Konsumsi Vitamin B7 dengan Sumber Makanan Alami dan Suplemen

Pentingnya menjaga kadar kecukupan nutrisi untuk vitamin B7 ini harus tetap anda perhatikan dan lakukan setiap hari demi melancarkan semua metabolisme yang ada dalam tubuh. Sumber vitamin B7 atau biotin dapat anda peroleh dari beberapa sumber, baik alami maupun suplemen.

Sumber biotin alami dapat kita peroleh dari jenis makanan seperti daging merah, baik daging sapi atau daging kambing, ikan salmon, hingga telur.

Bagian telur paling banyak mengandung vitamin B7 adalah pada bagian kuningnya. Selain itu, anda juga dapat memperoleh sumber alami biotin dari susu dan juga produk turunannya. Produk turunan susu dapat anda peroleh dari keju dan juga yogurt.

Kemudian, anda juga dapat mendapatkan asupan konsumsi vitamin B7 secara alami dengan berbagai tumbuhan, seperti kacang-kacangan dan juga buah-buahan. Buah-buahan yang sering dan mudah kita jumpai di sekitar kita adalah pisang dan juga alpukat.

Bahkan, ubi jalar dapat membantu kita dalam mencukupi asupan biotin dan juga vitamin B5 dalam tubuh. Sementara itu, kecukupan asupan yang diperlukan tubuh setiap harinya untuk biotin atau vitamin B7 adalah sekitar 30 mg per hari.

Selanjutnya akan menjadi meningkat seiring dengan pertumbuhan serta usia seseorang. Selain itu, kebutuhan biotin dapat dipengaruhi karena kondisi kesehatan seseorang, misalkan mengalami beberapa gangguan.

Manfaat Biotin yang Perlu Anda Ketahui

Untuk mendukung kesehatan tubuh setiap harinya, anda dapat mencukupi konsumsi vitamin B7 dengan kadar atau dosis yang dianjurkan. Karena kemampuan biotin dalam memecah lemak, protein, dan juga karbohidrat inilah yang memberikan manfaat yang sangat baik untuk metabolisme serta fungsi beberapa organ tubuh kita.

Protein yang terkandung dalam tubuh akan terbantu dalam proses pemecahan yang nantinya akan menjadi asam amino. Sedangkan karbohidrat akan terpecah menjadi senyawa gula yang tubuh perlukan untuk melancarkan aktivitas.

Disamping beberapa manfaat tersebut, biotin dapat memberikan manfaat lain yang sangat penting bagi tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Pengatur Metabolisme Karbohidrat dan Energi

  • Biotin atau vitamin B7 ini merupakan jenis vitamin yang memiliki kemampuan dalam memecah senyawa karbohidrat menjadi gula yang siap dipakai oleh tubuh.

    Dengan manfaat biotin ini tubuh dapat mengontrol kadar gula. Kemudian, percobaan pemberian biotin pada seekor hewan dapat memberikan peningkatan produksi dari insulin.

    Disamping itu, konsumsi vitamin B7 ini sangat penting dalam fungsi pembentukan energi yang mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi yang dapat memperlancar aktivitas sehari-hari.

  • Memperbaiki Kerusakan Saraf

  • Pada umumnya, kerusakan saraf terjadi karena beberapa kondisi, seperti mengidap penyakit diabetes, atau sedang atau dalam kondisi operasi serta cuci darah.

    Kerusakan ini pun dapat kita cegah dan atasi dengan konsumsi biotin yang mencukupi. Dosis yang dapat anda konsumsi juga harus berdasarkan resep dokter agar memenuhi kebutuhan biotin dan kerusakan saraf bisa segera diatasi dengan baik.

  • Menjaga Kesehatan Kehamilan

  • Bagi anda yang sedang hamil, kebutuhan asupan biotin harus anda perhatikan. Karena biotin yang cukup dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan kandungan anda.

    Ternyata akan terdapat kekurangan biotin pada saat anda hamil. Dengan demikian, jika konsumsi vitamin B7 yang berkurang tersebut anda biarkan begitu saja dan kurang anda perhatikan asupannya, maka akan terjadi resiko bayi yang lahir dalam keadaan cacat.

    Selain penting untuk ibu yang sedang hamil, konsumsi biotin juga penting untuk ibu yang sedang menyusui. Sifat vitamin ini yang mudah larut dalam air inilah akan memungkinkan ASI menyerap biotin yang berguna bagi kesehatan bayi anda.

  • Memperbaiki Kondisi Kulit

  • Saat anda kekurangan vitamin B7, maka kulit anda akan mengalami kelainan seperti dermatitis seboroik. Jika seseorang mengalami kekurangan asupan biotin, maka kesehatan kulit akan terganggu karena fungsi vitamin ini dalam memecah lemak dalam tubuh.

    Dengan demikian, jika hal tersebut berkurang asupannya, maka secara langsung lemak akan sulit terpecah, sehingga mengakibatkan gangguan pada kulit tubuh kita.

    Berbagai macam keluhan pun dapat muncul seiring dengan kondisi tersebut. Penuhi asupan konsumsi vitamin B7 agar hal tersebut tidak terjadi dan mengganggu kesehatan anda.

  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

  • Manfaat selanjutnya dari asupan biotin yang cukup dalam tubuh adalah dengan menjaga kesehatan dan kesuburan rambut serta kuku anda. Rambut dan kuku akan mengalami regenerasi yang baik jika vitamin ini tercukupi jumlahnya dalam tubuh.

    Jika anda adalah salah satu orang yang sering mengalami kuku patah dan juga rambut yang mudah rontok, dapat mengindikasi jika tubuh anda kemungkinan kekurangan biotin atau Vitamin B7.

Dosis Vitamin B7

Vitamin B7 merupakan golongan obat bebas dan suplemen. Dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Terdapat dalam beberapa bentuk tablet salut selaput dan juga suntik.

Lalu, dosis untuk konsumsi vitamin B7 disarankan untuk penanganan dalam kondisi kekurangan biotin, yaitu sekitar 150 mg per hari melalui suntik intramuskular. Kemudian, untuk pengobatan melalui oral atau tablet salut, maka dosis yang diperlukan adalah 10 mg per hari.

Sementara itu, untuk kondisi ini, asupan biotin yang dianjurkan adalah maksimal 30 mg per hari. Asupan biotin sebaiknya sesuai dengan rekomendasi dan juga dosis yang dokter berikan.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Vitamin B6, Dosis Dan Efek Samping

Berkonsultasilah jika konsumsi vitamin B7 ini akan anda lakukan. Karena, dokter dapat menentukan berapa jumlah dosis yang anda perlukan sesuai dengan kondisi tubuh anda. Dengan dosis yang yang tepat, maka kekurangan biotin akan kembali membaik setelah mengkonsumsinya selama tiga hari.

Efek Samping Biotin

Penggunaan biotin atau vitamin B7 memang pada umumnya aman, meskipun dengan dosis yang cukup tinggi. Namun, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat ditimbulkan dari konsumsi vitamin ini, diantaranya adalah diare dan mual.

Dengan mengetahui manfaat, dosis, dan juga efek samping mengenai konsumsi vitamin B7 ini, anda dapat mengetahui pentingnya asupan nutrisi ini untuk kesehatan tubuh. Penting untuk mengikuti dosis yang disarankan atau sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter anda agar tidak terjadi keluhan dan efek samping yang lebih berbahaya.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.