Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Berprotein Tinggi yang Berguna untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Berprotein Tinggi yang Berguna untuk Kesehatan Tubuh

Makanan berprotein tinggi sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Terdapat berbagai macam makanan yang mengandung protein yang baik untuk kita konsumsi agar tubuh menjadi lebih sehat.

Sama halnya karbohidrat dan lemak yang berperan sebagai sumber energi, protein juga memiliki arti penting bagi kesehatan tubuh. Karena manusia memerlukan asupan protein untuk menjaga serta memperbaiki jaringan tubuh.

Makanan Berprotein Tinggi

Mengingat pentingnya asupan nutrisi yang lengkap untuk tubuh kita, makanan yang mengandung protein bisa membantu kita jika akan menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada area perut. Selain itu, juga dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Bahkan, dengan melakukan diet yang tinggi akan protein memiliki manfaat dalam menurunkan hipertensi atau tekanan darah yang tinggi, membantu tubuh dalam melawan diabetes, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, manfaat protein untuk anak-anak yakni mendukung dalam proses pertumbuhannya. Bahkan, Kementerian Kesehatan di Indonesia menetapkan tabel AKG (Angka kecukupan Gizi) yang standar untuk protein adalah 62 gram sampai 66 gram setiap harinya (laki-laki) dan untuk wanita sekitar 56 gram sampai 59 gram per harinya.

Jenis Makanan Sumber Protein Tinggi

Berikut adalah beberapa jenis makanan berprotein tinggi yang dapat anda pilih untuk dikonsumsi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Telur

Telur menjadi salah satu sumber protein yang sudah dikenal oleh hampir semua orang dalam masyarakat. Makanan bergizi dan mengandung protein tinggi ini mengandung 6 gram serta 78 kalori pada tiap butirnya.

Selain mengandung protein dan kalori, telur juga memiliki kandungan vitamin, lemak baik, mineral, serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Dada Ayam

Jenis makanan yang satu ini juga mengandung protein yang tinggi dan populer. Dada ayam dengan protein tinggi ini dapat anda makan tanpa kulit, sehingga anda bisa memperoleh kalori dari protein (bukan lemak).

Kandungan protein dalam makanan berprotein tinggi ini mencapai 53 gram dengan 284 kalori. Makanan jenis sumber protein ini merupakan salah satu favorit sebagian besar orang di masyarakat. Karena, dada ayam dapat menjadi menu santapan yang mudah dibuat dan ditemukan.

Oat

Oat adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Jenis makanan dari biji-bijian ini sangat baik bagi kesehatan. Oat dapat menyediakan magnesium, serat yang sehat, tiamin (vitamin B1), serta beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein yang ada pada oat adalah 11 gram dengan takaran satu mangkuk atau 236 ml.

Almond

Jenis makanan berprotein tinggi selanjutnya yang dapat kita temukan adalah kacang almond. Almond mengandung protein sekitar 6 gram serta 164 kalori untuk per 1 ons atau sekitar 28 gram. Selain mengandung protein, almond juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Seperti vitamin E, serat, mangan, dan juga magnesium.

Susu

Susu merupakan produk dan sumber makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi. Sumber pangan ini juga tinggi akan kalsium, riboflavin (vitamin B2), dan fosfor.

Jika anda khawatir dengan kandungan lemak yang ada di dalam susu, maka anda dapat mengkonsumsi susu dengan kandungan lemak yang rendah atau susu tanpa lemak sekaligus.

Kemudian, bagi anda yang memiliki tubuh tidak dapat mentolerir susu hewani atau sedang dalam tahap diet nabati, sebaiknya anda mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif susu sapi.

Untuk kandungan protein susu sapi dalam satu cangkir atau sekitar 236 ml adalah 8 gram protein. Kemudian, untuk susu kedelai per 236 ml susu mengandung sekitar 6,3 gram protein.

Greek Yoghurt

Makanan berprotein tinggi berikutnya adalah greek yoghurt. Sumber protein ini adalah jenis yogurt yang kental dan cocok jika dipakai dalam menyantap hidangan yang gurih atau manis.

Sumber protein ini mempunyai tekstur yang lembut dengan kandungan nutrisi yang baik. Protein dalam 6 ons (170 gram) greek yogurt yakni sekitar 17 gram.

Jika anda membeli greek yogurt di minimarket atau swalayan, sebaiknya pilih yang mengandung rendah gula atau juga non gula, sehingga dapat menghindari kalori yang berlebih dalam tubuh.

Keju Cottage

Jenis makanan berprotein tinggi ini merupakan keju yang rendah kalori dan juga rendah lemak. Sumber protein tinggi ini memiliki kandungan lain seperti fosfor, kalsium, selenium, riboflavin (vitamin B2), dan berbagai nutrisi penting lainnya. Untuk kadar proteinnya sekitar 28 gram per 226 gram keju cottage.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Sumber makanan yang mengandung protein yang tinggi lainnya adalah daging sapi yang tanpa lemak. Selain mengandung protein yang tinggi, sumber makanan ini juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12, zat besi, serta beberapa nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Dalam 3 ons atau 85 gram makanan berprotein tinggi tersebut mengandung protein sebanyak 25 gram. Kemudian, kandungan kalori pada steak sirloin tanpa lemak dapat mencapai 186 kalori untuk per 85 gram daging. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang menjalankan diet yang rendah karbohidrat, dapat mengkonsumsi sumber protein ini.

Tuna

Jenis ikan ini merupakan ikan yang menjadi kesukaan sebagian besar masyarakat. Tuna dapat dimakan dengan cara dipanggang hingga dikukus atau untuk campuran salad. Untuk kandungan protein dari ikan tuna adalah 27 gram dari 142 gram ikan tuna (dalam kalengan).

Disamping kaya akan protein, ikan tuna juga rendah kalori dan lemak. Sama halnya dengan jenis ikan lainnya, tuna termasuk dalam sumber makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh (atas kandungan lemak omega 3).

Biji Labu

Makanan berprotein tinggi mengandung biji yang memiliki kandungan protein baik bagi tubuh. Biji labu juga mengandung magnesium serta zat besi. Kandungan dalam 28 gram biji labu terdapat 9 gram protein.

Kacang

Sumber makanan dengan protein yang tinggi selanjutnya berasal dari kacang. Pada tiap 1 ons atau 28 gram kacang terdapat protein sebanyak 7 gram. Banyak yang menjadikan kacang sebagai salah satu pendukung dalam melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Untuk selai kacang memang terdapat kandungan protein yang tinggi, tetapi juga mengandung kalori yang banyak. Jadi, ada baiknya jika mengkonsumsi selai kacang secukupnya saja.

Edamame

Edamame merupakan makanan berprotein tinggi berikutnya. Sama halnya dengan susu dan juga daging, edamame memberikan nutrisi tubuh berupa asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dalam 50 gram edamame terdapat kandungan sekitar 6 gram protein dan juga sekitar 4 gram karbohidrat.

Udang

Hewan ini termasuk ke dalam makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan yang ada pada udang mencapai 20 gram untuk per 3 ons atau sekitar 85 gram bahan.

Terdapat banyak nutrisi yang udang berikan untuk menunjang kesehatan tubuh sebagai makanan berprotein tinggi. Seperti vitamin B12 dan juga selenium. Bahkan, udang juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.