Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Tinggi Lemak Trans Ancam Kesehatan Dibalik Rasa yang Lezat

Makanan tinggi lemak trans harus kita hindari sebisa mungkin. Hal tersebut karena sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Gaya hidup yang semakin padat dan sibuk, membuat banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan sendiri.

Makanan Tinggi Lemak Trans

Kemudian, mengandalkan jenis makanan siap saji adalah jalan yang sering mereka tempuh. Namun, jenis makanan yang cepat saji tersebut mempunyai resiko, sebab terdapat kandungan lemak trans atau lemak jahat.

Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun tubuh juga membutuhkan lemak untuk proses metabolisme, akan tetapi jenis lemak yang jahat tidak dapat ditoleransi jika anda konsumsi.

Makanan Tinggi Lemak Trans

Makanan yang anda konsumsi dapat memiliki kandungan dua macam lemak, yaitu lemak jenuh serta lemak tak jenuh. Untuk lemak tak jenuh adalah jenis lemak  baik yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan termasuk penting untuk dikonsumsi.

Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti lemak pada ikan dan juga pada tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi, terdapat lemak yang tidak baik untuk kesehatan, yakni lemak jenuh. Lemak jenis ini akan mengakibatkan berbagai gangguan pada tubuh kita.

Biasanya makanan yang mengandung lemak jenuh bersumber dari lemak pada daging atau produk hewani. Lalu, salah satu jenis lemak jenuh adalah lemak trans.

Jenis makanan tinggi lemak trans sering kita temukan secara alami pada daging kambing, sapi, susu atau juga keju, akan tetapi kadarnya masih dikatakan kecil.

Jenis lemak trans yang memiliki kadar yang lebih banyak adalah jenis makanan olahan yang berasal dari industri pangan yang cara produksinya dengan menambahkan beberapa zat hidrogen dalam minyak sayur maupun minyak gorengnya.

Biasanya, mereka memiliki tujuan dalam membuat makanan yang lebih awet serta menghadirkan cita rasa yang lebih lezat. Siapapun yang mencicipinya pun bakalan ketagihan.

Contoh Makanan dengan Lemak Trans yang Tinggi

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanan tinggi lemak trans. Dengan mengetahui contoh tersebut, anda dapat memilih jenis makanan yang akan anda konsumsi dan mempunyai efek baik untuk tubuh. Adapun makanan-makanan tersebut diantaranya adalah:

Jenis Makanan yang Digoreng

Hampir semua jenis makanan yang kita temui di pasaran dengan penyajian yang digoreng cenderung memiliki tingkat resiko tinggi tentang kandungan lemak trans.

Biasanya, para pedagang gorengan memakai minyak yang telah dipakai secara berulang kali atau dapat kita sebut dengan minyak jelantah. Mereka memakai cara tersebut demi menekan biaya pengeluaran dari modal dalam memperoleh keuntungan.

Sehingga, jenis makanan ini memiliki kandungan lemak trans paling tinggi diantara jenis makanan yang lain.

Demi mempertahankan kesehatan serta menjaganya selalu stabil, anda dapat menghindari makanan tinggi lemak trans dan beralih kepada makanan yang direbus atau konsumsi sayur mayur agar lebih menyehatkan.

Kentang Goreng

Jenis makanan berikutnya dengan kadar lemak trans yang tinggi adalah kentang goreng. Makanan ini sering kita jumpai pada sajian restoran cepat saji. Telah banyak dikenal jika restoran cepat saji asal Amerika memakai minyak yang mereka tambah dengan hidrogen.

Sehingga sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Meskipun beberapa restoran tersebut telah mengganti minyak dengan jenis minyak yang tidak terhidrogenasi, namun anda sepantasnya tetap waspada.

Pie

Jenis kue ini adalah makanan yang sangat disukai oleh kalangan anak muda dan remaja. Apalagi rasa yang kue ini tawarkan selalu menggoda selera dan menjadikan orang yang mencicipinya selalu ingin terus memakannya. Rasa renyah tersebut rupanya menyimpan kandungan lemak trans yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Margarin

Jenis makanan tinggi lemak trans berikutnya adalah margarin. Margarin yang tidak dianjurkan untuk kesehatan adalah jenis margarin yang padat (stick margarine). Jenis ini memiliki kandungan minyak yang kaya akan lemak trans. Saat ini terdapat jenis margarin yang hadir dengan unsalted atau margarin sehat.

Jenis margarin ini dapat anda konsumsi karena terbuat dari minyak sayur atau bukan dari produk susu/lemak hewan. Dengan demikian, demi menjaga kesehatan tubuh, anda dapat mulai mengganti konsumsi margarin anda dengan margarin yang sehat dan bebas lemak jenuh. Hal tersebut sangat efektif anda lakukan jika menginginkan untuk konsumsi margarin, tetapi tetap sehat.

Ayam Goreng

Hampir semua orang menyukai ayam goreng. Rasa yang gurih dan juga crispy ini sering kita temukan pada penjual pinggir jalan hingga pada restoran yang populer. Namun, anda patut waspada, karena sebagian besar ayam goreng yang kita temui tersebut banyak mengandung lemak trans. Bahkan, kadarnya dapat mencapai 1 gram lemak jenuh tersebut.

Es Krim

Es krim menjadi jenis makanan tinggi lemak trans dan favorit hampir semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Makanan dengan rasa yang bervariasi ini memang menyegarkan dan tidak membuat kita bosan untuk menyantapnya.

Tetapi tahukah anda jika per porsi es krim terdapat kadar lemak trans sekitar 0,5 gram? Jika anda membeli es krim di minimarket atau tempat jualan yang lain, ada baiknya perhatikan informasi produk yang tertera pada kemasan.

Jika anda tidak menemukan kata "minyak terhidrogenasi parsial", maka kemungkinan besar es krim tersebut adalah jenis makanan tinggi lemak trans buatan. Jadi, pilihlah yang terdapat kalimat tersebut yang artinya mengandung lemak trans alami serta dianggap tidak berbahaya.

Muffin

Jenis makanan manis ini adalah makanan yang menjadi favorit sebagian besar orang di masyarakat. Bagi para pecinta kuliner, muffin memang memiliki cita rasa yang lezat serta nikmat dengan tekstur lembut.

Namun, sebagian besar kandungan yang ada pada muffin ternyata lebih banyak lemak trans. Jika anda membeli muffin di toko, sebaiknya cek terlebih dahulu informasi kandungan produk pada kemasannya.

Misalkan anda menemukan kata "shortening", maka bahan produk tersebut adalah makanan tinggi lemak trans. Pada umumnya, kandungan pada satu porsi muffin memiliki kadar lemak tidak sehat sekitar 1,5 gram.

Daging Giling

Sama seperti produk olahan susu, produk dengan olahan daging giling memiliki kadar lemak trans yang tinggi, terutama pada produk kemasan. Di pasaran terdapat banyak kemasan daging giling, bahkan sampai pada pedagang pinggir jalan untuk isi burger atau juga makanan lainnya.

Biskuit

Makanan yang mengandung kadar lemak jenuh jenis trans adalah biskuit. Biasanya, biskuit mengandung jenis lemak trans sekitar 0,5 gram per porsinya. Untuk itu, jangan lupa mengecek kandungan produk saat membeli makanan kemasan.

Kandungan lemak yang tidak menyehatkan selalu menjadi ancaman kesehatan untuk jangka panjang bagi tubuh kita. Sehingga, selalu memperhatikan kandungan bahan makanan tinggi lemak trans menjadi salah satu hal yang selalu dianjurkan. Dengan demikian, tubuh akan tetap bugar serta sehat dengan asupan yang bergizi. Pastikan anda jauh dari jenis asupan makanan yang berbahaya dan tak sehat.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.