Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lemak Tak Jenuh, Kenali Perannya Bagi Tubuh Mulai Sekarang

Manfaat lemak tak jenuh

Manfaat lemak tak jenuh penting untuk diketahui. Hal ini mengiringi keingintahuan sebagian besar masyarakat tentang lemak. Terdapat dua jenis lemak untuk tubuh, yaitu menyehatkan dan tidak menyehatkan.

Lemak yang sehat tersebut baik dan penting tubuh konsumsi sebagai zat yang menghasilkan energi cadangan. Sementara itu, lemak yang tidak sehat harus dihindari karena memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan jika dibiarkan mengendap terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Lemak baik ini pada umumnya terdapat pada lemak tak jenuh. Untuk mengetahui apa itu lemak tak jenuh dan apa saja manfaat yang terkandung dalam jenis lemak tersebut bagi tubuh, dapat anda simak beberapa penjelasannya sebagai berikut.

Manfaat Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh merupakan asam lemak baik dalam tubuh. Jenis lemak ini juga sering kita kenal dengan istilah unsaturated fat. Lemak tak jenuh juga memiliki sifat yang menguntungkan bagi tubuh daripada dengan jenis lemak jenuh.

Kemudian jenis lemak yang baik ini dapat kita temukan dalam sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, serta pada beberapa jenis ikan.

Lalu lemak tak jenuh yang berbentuk zat cair seperti minyak zaitun, minyak jagung, serta minyak kacang. Kemudian jenis lemak tak jenuh menjadi rekomendasi untuk kita konsumsi karena manfaatnya terhadap tubuh kita.

Manfaat dan Jenis-Jenis Lemak Tak Jenuh

Berbagai manfaat lemak tak jenuh diantaranya adalah untuk meningkatkan kolesterol baik atau sering kita kenal dengan nama HDL dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

Selain itu, dapat juga menjaga kesehatan jantung kita. Lemak tak jenuh juga terdiri atas dua jenis, yaitu lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Menjauhkan Diri dari Lemak Jenuh dengan Benar

Lemak tak jenuh tunggal dapat kita sebut dengan nama MUFA atau monounsaturated fat acid. Karena jenis lemak ini hanya mempunyai satu ikatan rangkap. Asam lemak yang masuk ke dalam jenis ini adalah asam oleat, palmitat, serta asam vaksenik.

Selanjutnya adalah lemak tak jenuh ganda yang merupakan jenis lemak dengan ikatan rangkap yang banyak. Jenis lemak ini dapat disebut juga dengan PUFA atau polyunsaturated fatty acids.

Terdapat manfaat lemak tak jenuh dari asam lemak yang masuk ke dalam lemak tak jenuh ganda ini, yaitu asam lemak omega 6 dan asam lemak omega 3.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lemak tak jenuh untuk kesehatan tubuh. Adapun diantaranya adalah:

Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Dengan anda mengkonsumsi jenis lemak tak jenuh, maka kolesterol baik dalam darah anda akan secara otomatis akan meningkat. Dengan begitu, akan terjadi pengurangan resiko atas adanya penyempitan serta penumpukan plak yang terdapat dalam pembuluh darah akan menurun dengan cepat.

Sehingga, kesehatan anda juga akan terjaga dengan baik untuk menghindarkan diri dari serangan penyakit-penyakit yang kronis akibat kolesterol jahat.

Menurunkan Resiko Serangan Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat lemak tak jenuh selanjutnya adalah menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung. Untuk mengurangi resiko terserang penyakit mematikan tersebut, anda dapat mengganti konsumsi lemak jenuh anda dengan jenis lemak tak jenuh yang lebih menyehatkan.

Jenis lemak yang menyehatkan inilah yang akan menekan perkembangan kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam darah anda. Sehingga akan mampu mencegah dalam mengurangi penyumbatan dalam pembuluh darah (aterosklerosis) yang menjadi penyebab utama penyakit stroke dan juga jantung.

Anda dapat memulai membiasakan diri untuk mengganti semua jenis lemak jenuh yang sering anda konsumsi menjadi jenis lemak yang lebih menyehatkan.

Mendukung Pembentukan Sel-Sel yang Baru

Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh dapat membantu tubuh dalam memelihara dan juga membantu dalam pembentukan sel-sel yang rusak menjadi sel yang baru.

Disamping itu, manfaat lemak tak jenuh dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi ini juga memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta memelihara kesehatan kulit.

Anda dapat mengkonsumsi lemak tak jenuh agar sel-sel tubuh dapat meregenerasi dengan sempurna dalam mempertahankan fungsi mereka terhadap tubuh kita. Dengan demikian, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

Mendukung Sensitivitas Insulin

Insulin adalah hormon yang diperlukan oleh para penderita diabetes tipe 2 sebagai cara mengendalikan kadar gula mereka yang ada dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh ini, maka akan meningkatkan daya sensitivitas insulin terhadap tubuh.

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengambil manfaat lemak tak jenuh bagi para penderita penyakit kronis Diabetes tipe 2 ini adalah dengan konsumsi lemak tak jenuh selama tiga bulan secara rutin dapat meningkatkan sekitar 9 persen sensitivitas insulin dalam tubuh. Sehingga akan sangat bermanfaat dalam menjaga stabilnya kadar gula dalam darah.

Membantu dalam Menjaga Berat Badan

Manfaat selanjutnya saat anda mengkonsumsi lemak tak jenuh secara rutin adalah dapat menjaga stabilnya berat badan tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan juga mengandung kalori dapat menstabilkan berat badan, akan tetapi tidak dianjurkan mengkonsumsi secara berlebihan.

Jenis makanan tersebut seperti alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan tuna, ikan salmon, serta ikan sarden. Jumlah asupan untuk kandungan lemak tak jenuh dapat mencapai 50-65 gram per hari (jumlah yang direkomendasikan untuk orang dewasa).

Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Manfaat lemak tak jenuh berikutnya adalah dapat menurunkan resiko kanker. Wanita yang mempunyai asam oleat dalam tubuh mereka akan terhindar dari resiko penyakit kanker payudara. Jenis asam oleat dapat kita temukan pada jenis minyak zaitun.

Akan tetapi, hal tersebut sifatnya observational dan tidak membuktikan adanya sebab dan juga akibat. Oleh karena itu, mengurangi resiko penyakit kanker ini harus diimbangi terus-menerus dengan asupan makanan yang sehat dan juga rajin melakukan olahraga. Dengan gaya hidup sehat, dapat memiliki kontribusi yang besar terhadap pencegahan serangan penyakit.

Mengurangi Peradangan

Manfaat lemak tak jenuh selanjutnya adalah mengurangi peradangan. Peradangan merupakan proses dari sistem imunitas yang sedang melawan infeksi. Akan tetapi, jika terjadi peradangan dalam jangka waktu yang panjang, maka akan relatif mengakibatkan penyakit yang kronis seperti penyakit jantung dan juga obesitas.

Jika tubuh anda mengalami hal demikian, maka dapat melakukan diet tinggi MUFA. Hal tersebut dapat mengurangi berkembangnya gen penyebab peradangan pada jaringan lemak. Makanan yang dapat membantu adalah minyak kacang, kanola, alpukat, minyak zaitun, almond, dan jenis kacang-kacangan yang lain.

Meningkatkan Fungsi Otak

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dan juga asam lemak omega 6 dapat memberikan peningkatan pada fungsi otak. Otak juga akan bekerja dengan baik dalam menjaga semua sistem yang ada dalam tubuh. Dengan demikian, asupan asam lemak tak jenuh sangat penting untuk kita perhatikan.

Meskipun banyak sekali manfaat lemak tak jenuh untuk kesehatan tubuh, namun disarankan untuk mengkonsumsi sesuai dengan batas yang dianjurkan dan tidak berlebihan. Jika berlebihan, tubuh justru akan mengalami peningkatan obesitas yang merugikan untuk kesehatan.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.