Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Vitamin B1 yang Menyehatkan Tubuh

Sumber vitamin B1 berasal dari banyak makanan dan minuman yang menyehatkan. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang memiliki vitamin B1 atau thiamin mampu mencegah berbagai penyakit. Tentu ini adalah sebuah keuntungan jika mau mengatur pola hidup sehat.

Makanan Sumber Vitamin B1 yang Menyehatkan Tubuh

Vitamin dan nutrisi sangat penting bagi tubuh. Sebab belum tentu tubuh mampu memproduksi thiamin itu sendiri. Thiamin merupakan vitamin yang mudah larut dalam air.

Thiamin memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu dalam memproduksi neurotransmitter acetylcholine. Tak hanya itu, vitamin B1 juga mampu menjaga saraf agar tidak rusak. Untuk mendapatkan semua ini, seseorang perlu memperhatikan pola makanan yang bergizi seimbang.

Makanan Sumber Vitamin B1

Sebenarnya thiamin terdapat pada makanan sehari-hari. Sehingga tidak memungkiri bahwa makanan ini mudah ditemukan. Memang tidak semua makanan yang mengandung thiamin memiliki jumlah kandungan yang sama.

Tetapi paling tidak sudah mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Secara garis besar, makanan yang mengandung thiamin berasal dari kacang-kacangan, sayur, buah, dan daging.

Kacang Kedelai

Makanan yang pertama berasal dari kacang-kacangan. Kedelai merupakan makanan yang menjadi sumber thiamin. Tentu makanan ini sangat mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal.

Pada 100 gram rebusan kedelai mengandung sebanyak 17 gram protein, 10 gram karbohidrat, dan 173 kalori. Yang utama dari kacang kedelai adalah kandungan seratnya yang tinggi. Tak hanya itu, kacang kedelai juga merupakan sumber vitamin B1.

Daging dan Hati Sapi

Selain menjadi sumber protein, daging sapi juga menjadi sumber dari thiamin. Tentunya segala kandungan yang ada pada daging sapi sangat bermanfaat bagi tubuh. Daging sapi juga mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal.

Mengonsumsi daging sapi bisa menyumbangkan kolesterol pada tubuh dalam jumlah yang tinggi. Hati sapi merupakan organ yang memproduksi kolesterol sekaligus mampu menyimpannya. Apabila seseorang mengkonsumsi 85 gram hati sapi, maka sudah mengkonsumsi kolesterol sebanyak 331 mg.

Kacang Hitam dan Kacang Hijau

Memperoleh thiamin juga bisa dari kacang hitam dan kacang kedelai. Dalam setengah porsi kacang kedelai atau 3-4 sendok makan mengandung vitamin B1 sebanyak 0,4 mg. Tak heran jika kacang hitam merupakan sumber thiamin yang sangat tinggi.

Selain itu, 100 gram kacang hijau mengandung 0,47 mcg vitamin B1. Kacang hijau tentu sangat mudah ditemukan dan mudah diolah. Biasanya orang-orang suka mengolah sumber vitamin B1 ini menjadi bubur dengan campuran gula jawa.

Manfaat dari kacang-kacangan ini antara lain bisa membantu penyerapan protein dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau ini bisa meningkatkan nafsu makan dan memaksimalkan fungsi saraf.

Labu

Makanan berikutnya adalah labu. Tentu labu bukanlah sayuran yang asing lagi, sebab makanan ini sudah sering ditemukan di khalayak umum. Tidak hanya dagingnya saja, tetapi biji labu juga mengandung thiamin yang sangat tinggi.

Dalam 100 gram penyajian labu mengandung 11 persen thiamin yang bermanfaat bagi tubuh. Varietas labu memiliki butternut squash yang seperti thiamin. Tentu akan memberikan 10 persen thiamin sebagai pasokan nutrisi bagi tubuh.

Asparagus

Sumber vitamin B1 berikutnya berasal dari asparagus. Akan lebih baik jika mengkonsumsi asparagus yang masih segar. Sebab lebih banyak mengandung vitamin yang tinggi.

Berbeda dengan asparagus yang sudah dikemas kalengan atau dibekukan. Kandungan vitaminnya sudah rendah dan kurang bergizi. Sehingga kebutuhan nutrisi pada tubuh tidak bisa tercukupi dengan baik.

Asparagus sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam 100 gram penyajian asparagus mengandung 11 persen tiamin. Tentu dalam jumlah yang demikian sudah cukup untuk kebutuhan nutrisi harian.

Telur

Sumber vitamin B1 juga terdapat pada telur. Selain mengandung jumlah protein yang tinggi, telur juga mengandung thiamin. Telur juga kaya akan nutrisi seperti mineral.

Thiamin dalam tekur sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh. Pasalnya, thiamin ini mampu mengubah konsumsi karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang yang mengonsumsi telur saja juga akan kuat dan tidak lemas.

Biji Bunga Matahari

Ternyata biji juga merupakan sumber thiamin yang tinggi. Salah satunya adalah biji bunga matahari yang sering dikonsumsi. Tentu banyak orang yang tidak menyangka bahwa makanan legendaris ini sangat menyehatkan.

Dalam lima atau delapan sendok makan biji bunga matahari mengandung thiamin. Jumlah kandungan thiamin tersebut adalah 0,2 mg. Sehingga sumber vitamin B1 ini sudah bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan asupan nutrisi pada tubuh.

Ikan Tuna

Mengonsumsi ikan memang sangat menyehatkan. Salah satunya adalah ikan tuna yang menyimpan banyak nutrisi di dalamnya. Ikan tuna mengandung thiamin yang jumlahnya cukup besar.

Satu hingga dua potong ikan tuna dengan berat 60 hingga 80 gram mengandung thiamin yang jumlahnya cukup. Kandungan thiamin ini sebanyak 0,2 mg. Apabila dimasak dengan metode yang benar dan tidak berminyak, maka akan lebih baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Berbagai Macam Vitamin B untuk Tubuh

Itulah beberapa sumber vitamin B1 yang berasal dari hewani dan nabati. Kebutuhan nutrisi yang cukup bagi tubuh akan membantu menjaga daya tahan dan kualitas organ dalam. Dengan begitu, menjaga pola makan yang sehat akan sangat menguntungkan.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.