Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan yang Mengandung Berbagai Macam Vitamin B untuk Tubuh

Makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B memang mudah untuk didapatkan. Mungkin sebagian dari orang-orang sudah sering menjumpai makanan yang mengandung vitamin ini. Hanya saja, mereka belum paham manfaat dan nutrisi apa yang terkandung di dalamnya.

Makanan yang Mengandung Berbagai Macam Vitamin B

Tidak jarang orang sulit menentukan makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang baik. Pada dasarnya, semua vitamin itu penting bagi tubuh kita. Tak terkecuali vitamin B yang juga berperan penting bagi tubuh.

Vitamin ini terdiri dari 8 jenis yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B12. Masing-masing dari vitamin ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mengonsumsi vitamin kompleks sangat dianjurkan secara rutin.

Makanan yang Mengandung Berbagai Macam Vitamin B

Kebutuhan akan nutrisi dan gizi yang seimbang untuk tubuh memang harus selalu diperhatikan. Dalam hal ini, juga termasuk kebutuhan vitamin. Pasalnya, dengan konsumsi vitamin B akan sulit terserang penyakit yang berbahaya.

Tak hanya itu, secara umum tubuh juga akan lebih kuat dan tidak lemas. Hal ini tentu akan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dalam melawan berbagai penyakit. Berikut adalah makanan yang mengandung vitamin B yang menyehatkan:

Ikan Salmon

Makanan yang pertama berasal dari hewani yaitu ikan salmon. Ikan ini dipercaya memiliki kandungan protein yang sagat tinggi. Tak hanya itu, ikan salmon juga kaya akan vitamin B kompleks.

Dalam 100 gram ikan salmon mengandung vitamin B1 sebanyak 18%, vitamin B2 sebanyak 29%, vitamin B3 sebanyak 50%, vitamin B6 sebanyak 47% dan vitamin B12 sebanyak 51%. Tentu semua kandungan yang ada pada ikan salmon ini sangat berfungsi bagi kesehatan tubuh.

Ikan salmon juga memiliki kandungan minyak omega 3 yang tinggi. Sehingga mampu meningkatkan kerja otak. Makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B ini juga bisa menambah energi pada tubuh sehingga tidak lemas.

Daging Sapi

Berikutnya ada daging sapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram daging sapi mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Sehingga mampu membantu produksi sel darah merah.

Pengolahan daging sapi yang baik dan benar tidak akan mengurangi kandungan nutrisi dan gizi yang ada. Orang yang mengonsumsi daging sapi secara cukup tidak akan mudah mengalami pusing yang berlebihan. Cara memasak yang tepat adalah dengan membuat steak, rendang, dan BBQ.

Daging Ayam

Walaupun daging ayam termasuk dalam jenis daging yang berwarna putih, tidak ada salahnya jika mengandung banyak vitamin B. Daging ayam justru memiliki kandungan vitamin B3 dan B6 yang sangat tinggi. Vitamin B3 bisa menyembuhkan diare, sakit kepala, dan pusing.

Bahkan daging ayam juga bisa meningkatkan kerja otak dan memorinya. Sangat baik menyediakan daging ayam untuk lauk di rumah. Sebab sangat kaya akan nutrisi dan gizi yang berguna bagi tubuh.

Telur

Makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B berikutnya adalah telur. Banyak orang yang suka mengonsumsi telur. Tetapi ada juga yang tidak suka dengan berbagai alasan, misalnya mudah memunculkan jerawat.

Padahal kandungan gizi pada telur ini sangat banyak. Salah satunya mengandung vitamin yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin ini berupa B2, B5, B7, dan B12.

Telur juga mengandung vitamin B7 atau biotin. Kandungan ini bisa mempercepat tumbuhnya rambut dan membantu dalam mencerna zat gizi dalam tubuh. Tak heran jika banyak orangtua yang memberikan asupan telur pada anak karena masa pertumbuhan.

Apel

Makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B juga berasal dari buah-buahan seperti apel ini. Apel memberikan reaksi neurotransmiter pada otak. Sehingga mampu membantu meningkatkan fungsi memori.

Tak hanya itu, apel juga memiliki kandungan flavonol yang berfungsi sebagai pencegah radikal bebas. Kandungan yang ada pada apel berupa vitamin B1, B6, dan B12.

Yogurt

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa yogurt hanyalah makanan biasa. Padahal yogurt menyimpan banyak nutrisi dan gizi di dalamnya. Yogurt mengandung vitamin B2 dan B12.

Sehingga membuat yogurt sebagai salah satu nutrisi yang bisa memperkuat tulang. Pada masa pertumbuhan seperti anak-anak sangat tepat bila mengonsumsi yogurt. Sajiannya yang seperti es krim pasti akan banyak peminatnya.

Sayuran Hijau

Ternyata sayuran hijau juga merupakan makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B. Dalam hal ini, misalnya sayuran bayam. Kandungan vitamin B9 pada bayam ini sangat tinggi.

Dalam 95 gram bayam mengandung 41% kandungan folat. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh orang sejak dini, terutama saat masih anak-anak. Sebab sayuran hijau bisa mencegah terjadinya anemia.

Selain itu, sayuran hijau juga bisa membantu dalam produksi sel darah merah yang sangat penting. Masih banyak lagi sayuran hijau yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya buncis, kacang polong, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sumber Vitamin K pada Makanan Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B beserta manfaatnya. Sehingga mudah bagi kita untuk memilah mana makanan yang cocok untuk dikonsumsi dan mana yang tidak.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.