Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin B5 Lengkap Dengan Manfaat yang Diberikan

Sebagai salah satu lini vitamin B kompleks, tentu saja sumber vitamin B5 menarik untuk diketahui. Vitamin B5 itu sendiri juga dikenal dengan sebutan asam pantotenat. Vitamin yang satu ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Sumber Vitamin B5 Lengkap Dengan Manfaat yang Diberikan

Dengan konsumsi vitamin B5 secara cukup, maka akan membantu melancarkan sistem metabolisme. Vitamin B5 ini bisa mengubah sari-sari makanan yang dicerna menjadi energi. Rutinitas sehari-hari pun bisa anda lakukan dengan baik berkat konsumsi vitamin B5.

Apa Saja Sumber Vitamin B5?

Bagi anda yang ingin mendapatkan khasiat vitamin B5, maka ketahui apa saja sumber makanannya. Untuk itu, simak ulasan berikut.

Umbi-umbian

Salah satu sumber asam pantotenat yang penting untuk anda tahu yakni umbi-umbian. Adapun yang dimaksud dengan umbi-umbian ini diantaranya yaitu kentang, singkong, dan ubi tinggi. Maka dari itu, pastikan anda menjadikan umbi-umbian ini sebagai menu harian anda.

Daging Sapi

Selain umbi-umbian, sumber vitamin B5 juga meliputi daging sapi. Perlu untuk anda ketahui, dalam daging sapi panggang terdapat 12% kandungan vitamin B5. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk konsumsi daging sapi.

Jika anda kurang suka konsumsi daging sapi, anda bisa pilih daging ayam, daging kambing, dan hati. Pasalnya, makanan-makanan tersebut juga mengandung vitamin B5 yang tak kalah melimpah dari daging sapi.

Telur

Selama ini kita tahu bahwa telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang menyehatkan tubuh. Namun dibalik kandungan proteinnya yang melimpah, ternyata telur juga kaya akan vitamin B5. Hal inilah yang membuat telur sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Dalam satu butir telur, anda bisa menemukan kandungan vitamin B5 sebanyak 7%. Jumlah kandungan tersebut sudah cukup untuk meningkatkan energi sehingga menunjang aktivitas setiap harinya. Baik itu pada wanita maupun pria.

Jamur

Sumber vitamin B5 selanjutnya yaitu jamur. Dalam 100 gram jamur, ada kandungan vitamin B5 sebesar 36%. Dengan kandungan vitamin B5 yang melimpah tersebut, sangat disayangkan jika tidak konsumsi jamur. Adapun jamur yang bisa anda konsumsi seperti halnya jamur kancing dan jamur shiitake.

Ikan

Tentu bukan rahasia lagi jika ikan memiliki nutrisi melimpah yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun salah satu kandungan nutrisi tersebut yaitu vitamin B5. Kandungan vitamin B5 ini bisa dengan mudah anda temukan pada ikan salmon, ikan tuna, lobster, dan bahkan kerang.

Buah-buahan

Buahan-buahan juga menjadi salah satu sumber asam pantotenat. Sebut saja pisang, jambu biji, dan alpukat. Oleh sebab itu, anda bisa jadikan buah-buahan ini sebagai cemilan harian. Anda pun bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun dibuat jus dahulu.

Sayur-sayuran

Jika anda termasuk tipe orang yang kurang suka dengan sayur-sayuran, maka anda perlu mempertimbangkannya lagi. Hal ini dikarenakan sayur-sayuran mengandung banyak zat yang tubuh perlukan. Salah satunya vitamin B5. Adapun jenis sayuran yang dikenal sebagai sumber vitamin B5 yaitu kale, bunga kol, dan brokoli.

Manfaat yang Didapat

Setelah anda tahu beberapa sumber asam pantotenat, alangkah baiknya jika anda juga pahami apa saja manfaatnya. Pasalnya, selain menambah energi, asam pantotenat masih menyimpan segudang manfaat lainnya. Berikut ulasannya.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat yang satu ini tentu saja tak hanya dirasakan dari segi kesehatan saja, akan tetapi juga kecantikan. Perlu untuk anda ketahui, bentuk awal vitamin B5 ini berupa panthenol. Dimana kandungan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai produk kecantikan. Mulai dari pelembab kulit hingga shampo.

Penggunaan kandungan ini bukan tanpa alasan. Kandungan ini dipilih karena ampuh menjaga warna asli rambut. Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu melawan penuaan pada kulit. Dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B5, tentu bisa memperoleh manfaatnya dari dalam.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat lainnya yang didapat dari konsumsi sumber vitamin B5 yaitu menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B5 bisa menunjang fungsi otot jantung. Tak berhenti disitu saja, kandungan vitamin B5 juga bisa mengendalikan tekanan darah dan kolesterol.

Menjaga Kesehatan Otot

Kesehatan otot juga bisa terjaga dengan baik apabila konsumsi makanan yang mengandung vitamin B5. Dengan demikian, aktivitas tak akan terganggu karena otot yang bermasalah.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang satu ini cukup mengejutkan. Pasalnya, selama ini kita tahu bahwa vitamin A yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Namun ternyata mata yang sehat juga bisa didapat dari konsumsi vitamin B5. Dengan demikian, anda bisa terhindar dari masalah kesehatan mata.

Baca Juga: Sumber Vitamin B3, Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anda

Sumber vitamin B5 memang sangat beragam. Dengan begitu, kebutuhan vitamin B5 di dalam tubuh bisa tercukupi secara baik. Jangan abaikan manfaat vitamin B5. Pasalnya, kekurangan vitamin B5 bisa membahayakan tubuh. Mulai dari kelelahan, sakit kepala, gangguan koordinasi otot, masalah pencernaan, dan masih banyak lagi.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.