Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin B6 yang Menyehatkan dan Mudah Dicari

Sumber vitamin B6 alami bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, daging, dan masih banyak lagi. Sumber alaminya penting untuk anda ketahui karena manfaat yang diberikan tidaklah main-main.

Sumber Vitamin B6 yang Menyehatkan dan Mudah Dicari

Vitamin B6 ini mampu mendukung perkembangan saraf otak. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin B6 juga berperan penting dalam memproduksi melatonin, serotonin, dan norepinefrin.

Mengenal Sumber Vitamin B6

Bagi anda yang sudah mulai penasaran apa saja sumber vitamin ini, anda langsung saja simak ulasan berikut ini.

Ikan Salmon

Kandungan vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan sebutan pyridoxine, bisa anda temukan pada ikan salmon. Siapa sangka jika dibalik kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, ternyata ikan salmon juga kaya akan vitamin B6.

Di dalam satu porsi ikan salmon, terdapat kandungan 0,6 miligram vitamin B6. Dengan jumlah kandungan tersebut, asupan harian tubuh bisa tercukupi mencapai 35%. Kandungan vitamin B6 ini akan semakin melimpah pada ikan salmon liar daripada ikan salmon hasil budidaya.

Polong-polongan

Keluarga polong-polongan juga menjadi sumber vitamin B6 yang menyehatkan. Sebut saja lentil, kacang kedelai, kacang merah, dan buncis. Maka dari itu, ada baiknya anda masukkan polong-polongan ke dalam menu makanan harian anda.

Jeruk

Kandungan vitamin B6 juga bisa dengan mudah anda temukan pada buah jeruk. Dengan cita rasanya yang manis, anda tak hanya bisa merasakan kesegaran saja, akan tetapi juga manfaatnya dalam bidang kesehatan.

Dengan konsumsi buah jeruk, anda sama saja telah penuhi kebutuhan vitamin B6 dalam tubuh sebanyak 5%. Konsumsi buah jeruk ini pun sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Pasalnya, bisa bermanfaat bagi sang ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Telur

Selain sumber protein, telur juga mengandung vitamin B6. Sebagai salah satu sumber vitamin B6, telur penting untuk dikonsumsi. Dari dua telur yang diolah dengan cara direbus ataupun digoreng, sudah bisa mencukupi 10% vitamin B6.

Gandum

Bagi anda yang sering sarapan dengan sereal, ada baiknya anda tak menghilangkan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan makanan yang diolah dari gandum ternyata mengandung vitamin B6 yang melimpah.

Anda bisa memperoleh 3 mg vitamin B6 hanya dalam 100 gram gandum. Selain sereal, gandum ini juga ditemukan pada roti gandum hingga oatmeal. Pastikan anda konsumsi makanan ini secukupnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Biji Bunga Matahari

Sumber vitamin B6 yang satu ini bisa anda jadikan camilan yang sehat. Bahkan sangat disarankan untuk ibu hamil. Pasalnya, kandungan ini bisa membantu ibu hamil dalam meningkatkan aliran darah menuju otak. Selain biji bunga matahari, kandungan vitamin B6 ini juga ada dalam biji wijen.

Wortel

Kesehatan mata bisa terjaga dengan baik berkat konsumsi wortel. Hal ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A. Namun, tahukah anda bahwa ternyata wortel juga mengandung vitamin B6. Bahkan kandungan vitamin B6 ini sebanding dengan segelas susu.

Di dalam wortel tersimpan kandungan vitamin B6 sebanyak 0,2 mg. Maka dari itu, tak perlu ragu untuk konsumsi wortel. Apalagi sayuran yang berwarna jingga ini juga mengandung serat sehingga terbukti menyehatkan.

Daging Sapi dan Ayam

Sebagaimana yang sudah sedikit disinggung diatas, daging termasuk salah satu sumber vitamin B6. Adapun daging yang dimaksud disini yaitu daging sapi dan daging ayam. Kandungan ini bisa anda dapatkan saat daging diolah menjadi snack, sup, maupun salad.

Perlu untuk anda ketahui, di dalam satu porsi dada ayam panggang, tersimpan kandungan vitamin B6 sebanyak 0,64 mg. Dengan kandungan tersebut, kebutuhan tubuh akan vitamin B6 bisa terpenuhi secara baik.

Beras Merah

Anda bisa memperoleh asupan vitamin B6 yang baik dari beras merah. Tak sedikit yang beranggapan jika beras merah ini sebagai jenis merah yang kaya nutrisi. Tidaklah mengherankan anggapan tersebut karena di dalam beras merah tak hanya ada vitamin B6 saja, melainkan juga thiamine dan niacin.

Terlepas dari kandungan lain tersebut, vitamin B6 yang ada di dalamnya sangat berkhasiat bagi ibu hamil. Pasalnya, bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, bayi saat sudah lahir nanti tak akan mudah terserang penyakit.

Selain bagi ibu hamil, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengonsumsinya. Semakin berkhasiat karena beras merah bisa meningkatkan kesehatan usus. Mengingat beras merah dinilai lebih lembut saat diproses dalam sistem pencernaan.

Ikan Tuna

Tak hanya ikan salmon saja, vitamin B6 juga ada dalam ikan tuna. Terlebih untuk ikan tuna sirip kuning. Dalam jenis ikan tuna ini, terdapat kandungan vitamin B6 mencapai 1,8 mg untuk satu porsinya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anda menjadikan ikan tuna sebagai salah satu menu makanan anda.

Baca Juga: Sumber Vitamin B5 Lengkap Dengan Manfaat yang Diberikan

Sumber vitamin B6 alami sangatlah beragam. Pastikan anda mengonsumsinya agar terhindar dari kekurangan vitamin B6. Dimana kondisi ini menyebabkan lemas, radang lidah, hingga iritasi.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.