Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Vitamin B12 Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Sumber Vitamin B12 sangat diperlukan oleh tubuh dalam berbagai macam fungsi. Diantaranya seperti untuk memproduksi sel darah merah dan juga mencegah kerusakan saraf.

Sumber Vitamin B12 Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Kemudian vitamin B12 ini juga dapat menunjang beberapa proses biologis pada tubuh. Maka dari itu, anda perlu memenuhi asupan vitamin B12 dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin B12 baik nabati maupun hewani.

Sumber Vitamin B12

Harus anda tahu, jika tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin B12 ini dengan sendirinya. Jadi, anda hanya bisa mendapatkannya lewat mengonsumsi berbagai macam makanan produk hewani atau nabati yang mengandung vitamin B12. Lalu apa saja makanan sumber vitamin B12 itu? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Telur

Salah satu jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B12 yaitu telur. Perlu anda ketahui, jika satu butir telur rebus sudah dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 anda sebanyak 25 persen.

Selain terdapat kandungan vitamin B12, di dalam telur juga terdapat kandungan lain seperti vitamin A, vitamin D, serta merupakan sumber protein yang baik. Akan tetapi, jangan mengonsumsi telur secara berlebihan agar tidak ada efek samping lainnya.

Daging Sapi

Daging sapi ternyata juga memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya itu, di dalam daging sapi juga ada zat besi dan juga protein.

Meski memiliki banyak manfaat, sebaiknya anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak makan daging sapi bisa menjadikan kadar kolesterol meningkat dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Daging Ayam

Asupan vitamin B12 juga bisa anda dapatkan dari daging ayam. Bagian dada ayam bisa anda konsumsi dengan cara dipanggang. Selain memiliki kandungan vitamin B12, makanan ini juga terdapat kandungan protein yang baik untuk kesehatan.

Makanan Laut

Salah satu jenis makanan yang dapat anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 yaitu makanan laut atau seafood. Untuk jenis makanan laut yang dapat anda konsumsi diantaranya seperti kerang, kepiting, ikan sarden, dan juga ikan tuna.

Di dalam kerang laut ini juga terdapat kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, kerang juga memiliki banyak kandungan protein tanpa lemak serta zat besi yang baik untuk tubuh manusia.

Seafood yang mengandung vitamin B12 lainnya yaitu ikan tuna. Bahkan ikan tuna sejumlah 3 ons mampu memberikan 100 persen kebutuhan B12 anda di setiap harinya. Ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin B12 konsentrasi tinggi, khususnya pada bagian otot-otot yang ada di bawah kulit atau otot gelap.

Ikan Trout

Trout adalah sumber vitamin B12 yang rendah kalori dan juga menjadi sumber protein tanpa lemak yang baik untuk kesehatan. Cara mengonsumsinya anda bisa memanggang fillet atau semua bagian ikannya menggunakan bumbu segar dengan campuran lemon atau sayuran.

Susu

Untuk anda semuanya yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin B12 pada tubuh, maka sebaiknya anda mencoba mengonsumsi susu yang rendah lemak.

Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 saja, dengan mengonsumsi susu rendah lemak secara rutin juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium serta vitamin D pada tubuh.

Jeroan

Organ dalam atau jeroan seperti hati dan ginjal pada hewan ternak banyak mengandung vitamin B12. Yang paling banyak terdapat kandungan vitamin B12 ini yaitu pada jeroan kambing jenis domba.

Di dalam 100 gram hati domba bisa mencukupi 3.571 persen dari kebutuhan vitamin B12 anda setiap harinya. Jeroan sapi juga mengandung vitamin B12, namun jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan jeroan domba.

Meski di dalam jeroan hewan ternak juga terdapat kandungan vitamin B12, namun di dalam mengonsumsinya tidak boleh berlebihan. Sebab, mengonsumsi jeroan berlebihan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Makanlah dengan porsi yang cukup.

Susu Kedelai

Susu juga merupakan jenis minuman yang mengandung vitamin B12. Nah, untuk jenis susu yang terdapat vitamin B12 ini yaitu susu almond dan juga susu kedelai. Meskipun kandungan vitamin B12nya tidak terlalu tinggi, namun susu ini kaya akan vitamin dan zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Harus anda ketahui, jika dalam satu gelas susu kedelai yang mampu memberikan 86 persen kebutuhan vitamin B12 harian anda. Susu kedelai juga bagus sekali jika dikonsumsi setiap harinya, karena manfaatnya baik untuk tubuh kita.

Sumber vitamin B12 memang banyak sekali ditemukan pada jenis makanan seperti daging atau ikan. Maka dari itu, kelompok vegetarian bisa mempunyai resiko tinggi kekurangan vitamin B. Karena kelompok vegetarian tidak mengonsumsi aneka daging dan juga ikan.

Baca Juga: Sumber Vitamin B7 dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Vegetarian yang hanya mengonsumsi protein nabati pastinya akan sulit mendapatkan sumber vitamin B12. Untuk itu, bagi kelompok vegetarian sebaiknya selalu menjaga kesehatan dan diimbangi dengan mengonsumsi suplemen vitamin B yang sesuai dengan aturan kesehatan.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.