Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin B7 dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin B7 atau biotin adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak sekali jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B7.

Sumber Vitamin B7 dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Perlu anda ketahui, jika biotin ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan, seperti untuk kesehatan mata, rambut, kulit, liver, dan juga otak.

Seseorang yang kekurangan vitamin B7 ternyata bisa mengakibatkan timbulnya berbagai macam permasalahan. Seperti halnya kulit kering dan iritasi, kerusakan saraf, nyeri otot, kekurangan energi, kram, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sumber Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin merupakan salah satu vitamin yang bisa larut dalam air. Dalam tubuh seseorang membutuhkan sebanyak 30 mcg biotin di setiap harinya. Lalu makanan apa saja yang bisa menjadi sumber vitamin B7? Simak penjelasannya!

1. Kuning Telur

Sumber vitamin B7 yang pertama yaitu kuning telur. Jika anda ingin menambah asupan biotin, sebaiknya anda memakan bagian kuning telurnya saja. Sebab jika anda juga mengonsumsi putih telur dalam keadaan mentah, di dalamnya terdapat kandungan protein yang disebut avidin yang dapat mengganggu proses penyerapan biotin.

2. Kacang dan Biji-bijian

Sumber makanan yang di dalamnya terdapat kandungan biotin selanjutnya yaitu kacang-kacangan dan juga biji-bijian. Selain mengandung biotin, makanan ini juga mengandung sumber serat dan protein yang penting sekali untuk kesehatan tubuh.

Jenis kacang-kacangan atau biji-bijian yang berbeda juga memiliki kadar biotin yang berbeda. Untuk menambah asupan vitamin B7, anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan serta biji-bijian dalam keadaan mentah.

Jika tidak suka mengonsumsi dalam keadaan mentah, anda bisa menjadikannya sebagai campuran salad, pasta, atau bahan selai.

3. Daging

Sumber vitamin B7 yang mungkin sering anda konsumsi yaitu daging. Kadar biotin yang ada pada daging ini juga berbeda-beda, semuanya tergantung dengan jenis dagingnya.

Sebagai contoh yaitu perbedaan kadar biotin dalam daging sapi dan daging babi. Di dalam 3 ons daging sapi terdapat kurang lebih 31 mikrogram biotin. Sedangkan dalam 3 ons daging babi terdapat 4 mikrogram biotin.

4. Jamur

Salah satu jenis jamur yang menjadi sumber biotin yaitu jamur kancing. Sama halnya dengan kacang-kacangan dan daging, kadar biotin yang ada di dalam jamur juga berbeda-beda. Semuanya disesuaikan dengan jenis jamur dan juga jenis olahannya.

Tak hanya mengandung vitamin B7, di dalam jamur juga terdapat kandungan berbagai nutrisi dan vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Antara lain seperti vitamin A, vitamin D, zinc, kalsium, magnesium, asam folat, potasium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang terdapat kandungan serat, vitamin A, vitamin C, serta kalsium. Selain itu, di dalam sayuran hijau ini juga terdapat kandungan biotin yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

6. Pisang

Buah pisang memang dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Hal ini disebabkan karena di dalam buah pisang terdapat banyak zat yang baik untuk kesehatan.

Salah satu sumber zat yang terdapat di dalam buah pisang yaitu vitamin B7. Di dalam satu buah pisang ukuran kecil terdapat kadar biotin sebanyak 0,2 mikrogram.

7. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan manfaat. Tak hanya dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Ini semua karena banyaknya kandungan yang ada di dalamnya, seperti asam folat dan lemak tak jenuh. Tak hanya itu saja, buah alpukat juga memiliki kandungan biotin.

Kadar biotin dalam buah alpukat yang beratnya 200 gram yaitu sekitar 1,85 mikrogram. Untuk mendapatkan asupan biotin, anda bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk olahan makanan atau minuman yang nikmat dan juga menyehatkan.

Manfaat Vitamin B7 Untuk Tubuh

Sumber vitamin B7 sangat diperlukan oleh tubuh. Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari vitamin B7 ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Janin dalam Kandungan

Untuk pembentukan organ dan jaringan tubuh janin, maka diperlukan nutrisi yang cukup ketika di dalam kandungannya. Nutrisi yang diperlukan diantaranya seperti asam folat, protein, karbohidrat, dan juga biotin.

Jika ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi termasuk biotin, maka bisa mengakibatkan munculnya risiko janin mengalami kelainan kongenital atau cacat bawaan lahir. Selain itu, juga bisa mengakibatkan berat badan lahir rendah.

Maka dari itu, ibu hamil sangat membutuhkan asupan biotin yang cukup untuk mencegah adanya cacat bawaan lahir. Banyak sumber vitamin B7 yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan janin.

2. Menjaga Kesehatan Kuku dan Rambut

Biotin juga bisa membuat kuku tangan dan kaki menjadi lebih sehat serta kuat. Selain itu, asupan biotin yang cukup juga bisa menjadikan rambut anda kuat dan tidak mudah mengalami kerontokan.

Banyak sekali manfaat biotin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Yang terpenting adalah cukupi asupan biotin anda dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B7.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.