Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengonsumsi Vitamin Dengan Benar, Dapatkan Manfaatnya!

Cara mengonsumsi vitamin dengan benar perlu diterapkan dalam menjalani pola hidup yang sehat. Kesehatan memang mahal harganya. Konsumsi vitamin pun menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Cara Mengonsumsi Vitamin Dengan Benar

Namun saat kita salah dalam mengonsumsinya, justru tak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, jangan asal dalam mengonsumsinya. Ada anjuran, pantangan, hingga dosis yang perlu perhatian lebih saat konsumsi vitamin.

Inilah Cara Mengonsumsi Vitamin Dengan Benar

Agar mendapatkan manfaat dari vitamin, pastikan anda simak beberapa tips konsumsi vitamin berikut ini.

Konsumsi Vitamin B12

Perlu untuk anda pahami bahwa konsumsi vitamin B12 yang bersamaan dengan kloramfenikol bisa menyebabkan penurunan jumlah sel darah baru. Hal ini tentu saja sangatlah membahayakan tubuh.

Tak hanya itu, pastikan anda tidak konsumsi vitamin B12 setelah melakukan pemasangan stent koroner. Jika tetap dilakukan, maka beresiko besar terserang penyempitan pembuluh darah.

Selain memperhatikan larangan tersebut, cara mengonsumsi vitamin dengan benar yaitu dengan mengetahui dosisnya. Vitamin B12 ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi 2,6 mcg untuk ibu hamil.

Lalu ibu menyusui bisa konsumsi vitamin B12 sebanyak 2,8 mcg. Sementara untuk kebutuhan harian, dosis yang dianjurkan sebesar 2,4 mcg. Dengan dosis tersebut, vitamin B12 bisa membantu tubuh dalam melancarkan produksi sel darah baru.

Konsumsi Vitamin C dan D

Bagi anda yang ingin mendapatkan penyerapan kalsium yang lebih baik di dalam tubuh, maka anda perlu mengonsumsi susu dengan vitamin C dan D. Namun, pastikan anda memilih susu yang mengandung kalsium melimpah.

Dengan anjuran konsumsi vitamin ini, maka anda bisa memperoleh manfaat berupa peningkatan kesehatan gigi dan tulang. Lebih dari itu, vitamin C berperan penting dalam mengurangi resiko kanker dan sebagai antioksidan.

Mengenai cara mengonsumsi vitamin dengan benar, vitamin C baik dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Pria membutuhkan dosis 90 mg dan wanita sebanyak 75 mg. Sementara perokok memerlukan dosis tambahan sebesar 35 mg.

Dalam konsumsi vitamin C ini, ada beberapa larangan yang perlu anda waspadai. Vitamin C ini bisa memberikan efek samping apabila dikonsumsi 4 jam setelah atau 2 jam sebelum konsumsi antasida. Hindari pula konsumsi vitamin C bersamaan dengan fluphenazine maupun estrogen.

Lalu untuk vitamin D, usia 1-70 tahun disarankan mengonsumsi sebanyak 600 IU. Sedangkan untuk usia 70 ke atas, bisa konsumsi vitamin D 800 IU. Dengan konsumsi sesuai dosisnya, maka kesehatan tubuh bisa terjaga secara baik. Pastikan juga anda menghindari konsumsi vitamin D bersamaan dengan kafein.

Konsumsi Vitamin A, E, dan K

Vitamin ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menjadi racun di dalam tubuh. Untuk vitamin A, baik dikonsumsi pria sebanyak 3.000 IU, wanita 2.310 IU, anak-anak dengan usia 1-3 tahun 1.000 IU, anak usia 4-8 tahun 1.300 IU, dan anak usia 9-13 tahun sebanyak 2.000 IU.

Dengan konsumsi vitamin A secara cukup, maka bisa menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, hingga meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sementara untuk anak-anak, konsumsi vitamin A bisa membantu dalam pencegahan komplikasi campak.

Berlanjut ke vitamin E. Vitamin ini bisa dikonsumsi oleh semua usia. Pria maupun wanita juga dianjurkan untuk mengonsumsinya. Adapun cara mengonsumsi vitamin dengan benar yaitu dengan dosis sebanyak 22 IU.

Konsumsi vitamin E ini bisa membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan. Selain itu, pembentukan sel darah merah juga bisa lancar berkat konsumsi vitamin E. Begitupun dengan vitamin K yang tak kalah berkhasiat.

Dengan dosis yang tepat, manfaat yang didapat meliputi peningkatan kesehatan tulang pada lansia dan membantu proses dalam pembekuan darah. Adapun dosis vitamin K untuk usia 14-18 tahun sebanyak 75 mcg. Sementara usia 19 tahun ke atas mencapai 90 mcg.

Dikarenakan termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak, maka konsumsi vitamin A, E, dan K bisa bersamaan dengan makanan yang ada kandungan lemaknya. Hal ini juga berlaku untuk vitamin D.

Konsumsi Vitamin B1, B3, dan B6

Vitamin B1 memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, otot, rambut, hingga otak. Perihal dosisnya, pria yang usianya 19 tahun ke atas bisa konsumsi 1,2 mg. Sementara wanita dengan usia 19 tahun ke atas sebanyak 1,1 mg.

Beralih ke vitamin B3. Pria bisa konsumsi sebanyak 16 mg dan wanita 14 mg. Dengan cara mengonsumsi vitamin dengan benar sesuai dosisnya, maka manfaat yang akan didapat diantaranya yaitu menjaga kesehatan sistem saraf, sel-sel darah, otak, dan kulit.

Kemudian untuk vitamin B6, manfaat yang diberikan yakni bisa mengatur aktivitas tidur, mood, dan nafsu makan. Pria maupun wanita dengan usia 19-50 dianjurkan konsumsi sebanyak 1,3 mg. Lalu pria usia 51 tahun ke atas sebanyak 1,7 mg. Sementara wanita usia 51 tahun ke atas cukup 1,5 mg.

Dalam memahami cara mengonsumsi vitamin dengan benar diatas, bisa diketahui bahwa kebutuhan vitamin setiap orang berbeda-beda. Cara konsumsinya dipengaruhi oleh kehamilan, usia, dan bahkan jenis kelamin. Hal yang pasti, konsumsi vitamin secara cukup ampuh dalam menyehatkan tubuh.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.