Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melakukan Totok Wajah Yang Baik dan Benar

Cara melakukan totok wajah - Setiap wanita, selalu berupaya untuk mempercantik penampilannya. Tak heran, jika berbagai macam perawatan pun mereka lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan totok wajah.

Cara melakukan totok wajah

Totok wajah, merupakan pemijatan yang dilakukan pada area wajah menggunakan teknik khusus. Selain itu, totok wajah juga menjadi terapi yang menggabungkan dua metode sekaligus, yakni pijat/tekanan atau acupressure dan tenaga dalam atau bioenergi.

Cara Melakukan Totok Wajah Sendiri dengan Mudah dan Efektif

Totok wajah, memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan anda. Seperti halnya melancarkan sistem peredaran darah di wajah, memberikan relaksasi pada otot wajah yang tegang, mengecilkan pori-pori, hingga meningkatkan produksi kolagen dan masih banyak manfaat lainnya.

Tidak perlu setiap hari melakukan totok wajah, anda bisa melakukannya sekali dalam seminggu. Anda juga bisa melakukannya dengan durasi waktu yang singkat.

Bahkan, totok wajah bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan cara yang mudah, aman dan efektif. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa anda ikuti!

1. Bersihkan Wajah

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Jangan membersihkan wajah hanya menggunakan air biasa, ada baiknya juga menggunakan sabun pembersih wajah.

Bilas wajah hingga bersih, setelah itu basuh dengan menggunakan air hangat. Air hangat ini berfungsi untuk membuka pori-pori kulit, sehingga totok wajah yang anda lakukan dapat memberikan hasil maksimal.

Saat melakukan totok wajah, pastikan wajah anda tidak sedang berjerawat. Pasalnya, totok wajah pada kondisi wajah yang berjerawat dapat merangsang kulit, apalagi jika jerawat sedang mengalami peradangan.

2. Bersihkan Jari-Jari Tangan

Mengingat totok wajah ini kita lakukan dengan menggunakan jari-jari tangan, maka jangan lupa untuk membersihkannya juga. Seperti halnya wajah, gunakan sabun pembersih dan bilas hingga bersih.

3. Kenali Titik-Titik Totok Wajah

Totok wajah, tidak bisa dilakukan pada sembarang area wajah. Terdapat titik-titik tertentu yang harus anda kenali, seperti dahi, mata, hidung, mulut, pipi, dan leher.

Titik-titik ini merupakan area spesifik sepanjang meridian tubuh. Tujuannya, agar energi yang ada di dalam tubuh dan peredaran darah di wajah mengalir lebih lancar.

Proses Totok Wajah

Melakukan totok wajah memang membutuhkan keterampilan khusus. Namun, anda bisa mempelajarinya dengan sangat mudah.

Umumnya, totok wajah dilakukan dengan menggunakan jari tengah dan jari manis untuk memijat. Ini berfungsi agar memberikan pemijatan yang optimal tanpa meninggalkan bekas atau memar di wajah.

Dahi

Mulailah melakukan pemijatan pada titik dahi dan lakukan dengan memberikan pijatan secara menyeluruh. Silahkan, gunakan seluruh jari tangan anda secara bersamaan.

Pemijatan diawali dari bagian tengah dahi, pijat secara melingkar ke arah luar. Dalam satu kali totok wajah, lakukan pemijatan dengan gerakan yang sama sebanyak lima kali.

Mata

Sedangkan pada titik mata, caranya adalah dengan memberikan pijatan atau tekanan di bagian pelipis. Cukup lakukan dengan menggunakan jari telunjuk anda.

Pijat secara lembut dan perlahan ke atas atau arah kening. Pemijatan ini anda lakukan sebanyak dua kali dengan gerakan yang sama dalam satu kali totok wajah.

Hidung

Titik totok wajah berikutnya adalah hidung. Cara pemijatannya sangatlah mudah, yakni dengan memberikan pijatan pada kedua sisi hidung, baik kanan maupun kiri.

Berikan sedikit tekanan dengan lembut, kemudian gerakan secara perlahan ke area bawah hidung anda. Dalam sekali totok wajah, lakukan gerakan pemijatan ini sebanyak tiga kali.

Mulut

Mulut, menjadi titik selanjutnya untuk melakukan totok wajah. Pemijatan yang dilakukan hanya menggunakan dua jari telunjuk.

Pertama, mulailah dengan memberikan pijatan dari bagian dagu ke bagian atas. Setelah itu, pijat secara memutar ke bagian mulut. Terakhir, tekan dengan lembut dan gerakan secara perlahan dari bagian ujung bibir ke tengah bibir.

Pipi

Pada titik pipi, anda bisa memulai pemijatan dari area dagu yang paling berdekatan dengan telinga. Setelah itu, berikan pijatan dengan gerakan memutar dari area atas tulang pipi sampai seluruh bagian pipi. Untuk satu kali totok wajah, lakukan gerakan ini berulang kali sebanyak dua kali.

Leher

Leher, menjadi titik terakhir dalam melakukan totok wajah. Bila kita bandingkan totok wajah pada titik lainnya, bagian leher membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pertama, mulailah dengan memberikan pijatan dari area tengkuk leher. Setelah itu beralih dengan gerakan secara melingkar ke area atas.

Gerakan ini anda lakukan secara terus menerus, hingga pemijatan sampai pada area bawah rahang. Dalam satu kali totok wajah, lakukan pemijatan ini secara berulang sebanyak tiga kali.

Itulah tadi cara melakukan totok wajah yang bisa anda lakukan. Metode perawatan kecantikan ini sudah terkenal sejak ratusan tahun yang lalu, terutama oleh para bangsawaan Cina Kuno. Dengan totok wajah, mampu menjaga keseimbangan tubuh, baik itu secara emosional maupun fisik.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.