Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Refleksi Kaki yang Tepat, Agar Manfaatnya Dapat Dirasakan Tubuh

Cara Refleksi Kaki yang Tepat

Karena terkenal akan segudang manfaat, banyak orang mencari tahu bagaimana cara refleksi kaki yang bisa dilakukan sendiri dengan benar dan mudah. Sebenarnya refleksi kaki ini merupakan salah satu pengobatan alternatif yang dilakukan dengan cara menekan titik tertentu pada kaki Anda.

Karena para terapis biasanya percaya bahwa kondisi organ tubuh bisa dilihat dari berbagai titik yang terletak pada kaki pasien. Misalnya saja jempol kaki kiri berhubungan dengan sisi sebelah kiri kepala, dan jempol kaki kanan mewakili kondisi paru-paru pasien.

Cara refleksi kaki ini tentunya juga tidak hanya soal menekan dan memijat kaki pada bagian tertentu saja. Anda harus paham tekniknya untuk bisa mengatasi masalah kesehatan. Makanya sebelum melakukan pijat refleksi sendiri di rumah, ada baiknya jika Anda mempelajari teknik tersebut.

Meskipun efektivitas dari manfaat melakukan refleksi ini belum jelas diketahui, namun banyak yang mempercayai jika pijat refleksi ini memang memberikan banyak manfaat. Bahkan pijat refleksi kaki ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah seperti mual, cemas, sembelit, hingga insomnia.

Karena nyatanya memijat pada seluruh titik kaki ini akan membantu Anda untuk lebih rileks dan juga dapat membantu mengatasi nyeri hingga pegal akibat terlalu banyak beraktivitas. Dalam dunia medis sendiri titik ini disebut dengan titik akupresur, ketika ditekan mampu memberikan efek rileks.

Berikut Ini Cara Refleksi Kaki yang Tepat

Namun tentunya dalam melakukan pijat refleksi kaki ini Anda tidak bisa asal menekan titik tertentu pada kaki. Karena pijat refleksi ini juga memiliki teknik tersendiri, setiap teknik ini nantinya akan disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

Memang dengan melakukan pijat refleksi pada kaki ini akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh nantinya. Bahkan dengan melakukan pijat refleksi pada kaki ini tidak hanya bisa menyembuhkan pegal-pegal. Namun bisa juga membantu meningkatkan kualitas tidur.

Tentunya hal ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengalami insomnia. Anda hanya perlu melakukan cara refleksi kaki ini. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih rileks dan membuat Anda lebih mudah tidur dan terhindar dari insomnia.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pijat refleksi sendiri tentunya ada beberapa hal dan teknik yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan refleksi pada kaki dengan beberapa teknik.

Untuk Menghilangkan Rasa Pegal

Cara refleksi kaki untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki ini mungkin banyak dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki banyak aktivitas atau mereka yang harus menggunakan sepatu hak tinggi. Nah, untuk meredakan pegal akibat hal ini, Anda bisa melakukan pijat refleksi dengan menekan beberapa titik pada kaki, biasanya Anda harus melakukan refleksi kaki bagian kiri.

Caranya cukup mudah Anda terlebih dahulu harus duduk dengan nyaman lalu letakan kaki kiri di paha kaki sebelah kanan Anda. Selanjutnya Anda bisa memijat kaki bagian kiri menggunakan jempol tangan sebelah kanan. Anda juga harus memijat jari kaki dengan gerakan memutar menggunakan jempol dan telunjuk.

Anda bisa melakukan gerakan ini selama 1 hingga 2 menit, setelah itu pegang semua jari kaki lalu tekuk mengarah ke telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian. Terakhir, tekan seluruh permukaan kaki lalu goyangkan. Nah selanjutnya Anda bisa mengulangi hal yang sama pada kaki kanan.

Untuk Mengatasi Insomnia

Cara refleksi kaki untuk menghilangkan rasa pegal dan mengatasi insomnia tentunya akan sangat berbeda. Seperti yang kita ketahui dengan melakukan pijat refleksi kaki ini juga dapat membantu untuk mengatasi masalah kurang tidur atau insomnia.

Karena dengan memijat pada beberapa titik di kaki ini dapat membantu Anda merasa lebih rileks sehingga tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu memijat dan menekan punggung kaki di antara jempol dan jari kaki lainnya dengan ikut serta dalam.

Anda bisa menekan titik ini sekitar 3 menit, lakukan bergantian antara kaki sebelah kanan dengan kaki sebelah kiri dengan cara yang sama. Hal ini nantinya akan cukup efektif untuk mengatasi masalah susah tidur jika dilakukan dengan rutin.

Meredakan Rasa Cemas

Cara refleksi kaki ini cocok untuk Anda yang sering merasa cemas terhadap sesuatu, bahkan bisa juga untuk Anda yang mengalami depresi. Karena hal ini dapat membuat tubuh Anda lebih rileks sehingga bisa membantu meredakan stress dan cemas yang bisa mengakibatkan depresi.

Mungkin rasa cemas ini bisa timbul ketika Anda mengatasi suatu masalah, jika dibiarkan hal ini bisa membuat Anda depresi. Nah untuk mengatasi ini Anda bisa melakukan pijat refleksi dengan menekan titik tertentu pada kaki.

Cara refleksi kaki cukup mudah pertama Anda harus menekuk jari-jari kaki mengarah ke telapak kaki Anda. Selanjutnya Anda bisa menemukan lekukan kaki. Setelah menemukan lekukan kaki ini Anda bisa membuatnya dengan ibu jari. Ketika memijatnya, pastikan Anda menekan bagian atas kaki.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk membuat tekanannya semakin kuat ketika Anda memijat titik lekukan kaki tersebut. Nah, setelah satu sisi kaki selesai Anda bisa mengulangi hal tersebut pada bagian kaki lainnya dengan cara yang sama.

Meredakan Nyeri Punggung

Cara refleksi kaki selanjutnya ini cocok bagi Anda yang sering mengalami nyeri punggung, tentunya masalah satu ini akan sangat membantu aktivitas Anda. Nah, sekarang Anda bisa mengatasi hal ini dengan melakukan pijat refleksi ini, caranya cukup mudah.

Pertama Anda harus menekan titik lengkung pada telapak kaki menggunakan ibu jari. Setelah itu gerakan ibu jari ke atas dan ke bawah. Hal ini bisa Anda ulangi ketika nyeri punggung Anda kembali, dengan pijat refleksi ini bisa dikatakan jauh lebih efektif dibandingkan ketika Anda melakukan pijat punggung.

Apalagi refleksi kaki ini jauh lebih aman dibandingkan ketika Anda memijat punggung karena bisa jadi malah memperburuk kondisi. Namun tentunya hal ini hanya digunakan untuk meringankan saja. Karena pijat refleksi ini tidak bisa menggantikan pengobatan medis.

Meredakan Gejala PMS

Ternyata  refleksi kaki ini juga bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala PMS yang sering dialami wanita. Biasanya gejala PMS ini membuat Anda merasa nyeri punggung, sakit perut hingga sakit kepala. Nah dengan menekan beberapa titik pada kaki bisa membantu mengatasi hal ini.

Cara refleksi kaki cukup mudah hanya perlu menekan pada satu lekukan kaki menggunakan satu tangan, Anda bisa melakukannya tepat pada sisi tepi permukaan kaki. Selanjutnya Anda bisa menekan bagian tengah jempol kaki menggunakan tangan lainnya, lakukan hal ini secara bersamaan.

Hal ini akan bermanfaat untuk membantu membuat Rahim, ovarium dan otak menjadi rileks, apalagi seperti yang kita tahu penyebab nyeri perut saat PMS adalah karena ketegangan pada Rahim. Dengan melakukan pijat refleksi ini akan membantu mengurangi ketegangan pada rahim dan ovarium sehingga mampu mengurangi nyeri perut dan nyeri punggung. 

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional.