Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Grand Spa

Nyeri Punggung - Gejala - Penyebab dan Pengobatan

Nyeri Punggung, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Nyeri punggung seringkali menjadi salah satu penyebab utama seseorang berkonsultasi ke dokter. Untuk mengatasi nyeri punggung mungkin melibatkan pengobatan atau dalam beberapa kasus pembedahan. Namun apabila tertarik menggunakan obat alami untuk meredakan sakit punggung, maka Anda dapat mempertimbangkannya.

Salah satunya yakni dengan memilih alternatif pijat. Menurut penelitian pijat dapat membantu meredakan nyeri punggung. Bahkan juga meningkatkan fungsi lebih cepat dibanding perawatan medis biasa saja. Pastikan untuk memberi tahu terapis pijat terlebih dahulu mengenai nyeri punggung dan cedera apa pun.

Pengertian Nyeri Punggung

Nyeri punggung merupakan kondisi yang seringkali  digambarkan dengan perasaan tidak nyaman dan mengalami keluhan ringan, sedang, atau berat. Biasanya dianggap sebagai sebuah gejala akan sebuah kondisi kesehatan. Perlu diketahui bahwa 80% dari populasi akan mengalami nyeri punggung sekali dalam hidupnya. Meski seringkali mempengaruhi orang dewasa mulai umur 35 hingga 55 tahun. Namun nyeri punggung juga dapat dialami oleh semua usia, baik muda dan tua.

Kondisi yang seperti ini biasanya secara umum terkait sistem otot dan tulang belakang (muskuloskeletal). Termasuk pada bagian tendon, otot, dan jaringan lunak di punggung. Selain itu, juga terkait dengan saraf, sendi, dan tulang belakang.

Masalah apapun yang terjadi pada struktur yang saling berhubungan ini dapat mengakibatkan nyeri punggung. Bahkan juga dapat dengan cepat menjalar ke bagian tubuh lainnya. Nyeri yang dirasakan sebenarnya bervariasi dan dapat menjadi kronis apabila tidak dilakukan pengobatan segera.

Gejala Nyeri Punggung

Perlu Anda ketahui bahwa nyeri punggung dapat memberikan sensasi berbeda-beda. Mulai dari rasa nyeri terus menerus atau kaku pada bagian tulang belakang. Nyeri menusuk, tajam, dan tepat pada bagian leher maupun punggung.

Nyeri kronis pada punggung bagian tengah atau bawah, apalagi saat duduk atau berdiri lama. Rasa nyeri punggung bisa menjalar dari punggung bawah hingga bagian bokong, belakang paha, betis, dan jari kaki. Bahkan tak mampu berdiri tegak tanpa rasa nyeri atau otot kram pada punggung bagian bawahnya.

Beberapa permasalahan pada punggung dapat mengakibatkan rasa nyeri di bagian tubuh lainnya. Biasanya tergantung pada saraf yang terkena. Rasa nyeri sebenarnya dapat berangsur hilang dengan beristirahat, bahkan tanpa pengobatan. Namun apabila nyeri sudah kronis, harus segera menjumpai dokter.

Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Penting bagi Anda untuk mengetahui kemungkinan penyebab yang mendasarinya. Hal ini agar segera mendapatkan perawatan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat mengakibatkan nyeri punggung.

- Cedera  

Cedera di tulang belakang, seperti kondisi retak dan terkilir. Hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung tiba-tiba, bahkan menahun (kronis). Biasanya terkilir terjadi apabila ligamen yang mendukung tulang belakang robek akibat posisi yang tidak tepat. Kecelakaan dan jatuh terjadi pada bagian punggung, juga dapat menyebabkan kondisi ini.

- Masalah Struktural

Keadaan ini misalnya pecahnya cakram pada tulang belakang serta penurunan fungsi maupun degenerasi (proses penuaan) terhadap cakram. Hal ini termasuk penyebab mekanis dari nyeri punggung. Dengan usia dan bentuk tubuh yang tidak benar, maka cakram yang membentuk tulang belakang akan mengalami kerusakan atau cedera. Bahkan kemungkinan lain menyebabkan saraf terjepit.

- Kondisi Kesehatan

Kondisi ini misalnya perubahan tulang belakang atau dikenal sebagai skoliosis, batu ginjal, stenosis spinal, juga radang sendi. Beberapa hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung.

- Infeksi atau Kanker

Meskipun terdengar tidak umum, namun infeksi dan tumor dapat terbentuk di tulang belakang. Tentu saja hal ini juga menyebabkan nyeri berat di punggung.

Penyebab umum lainnya seperti posisi tidur yang buruk, matras yang buruk, postur tubuh tidak benar, hingga kegiatan fisik berat. Penyebab nyeri punggung paling banyak yakni kondisi fisik secara alamiah. Bahkan terdapat faktor lainnya, seperti stres dan depresi. Kondisi ini yang menentukan berat dan lamanya nyeri punggung yang dirasakan.

Pengobatan Nyeri Punggung

Tentu ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan.

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila mengalami nyeri punggung sama halnya dengan penyakit pada umumnya yang berkaitan dengan nyeri. Obat-obatan pereda nyeri terkadang bisa menjadi salah satu solusinya. Misalnya obat parasetamol yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan dijual bebas.

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri dari resep dokter. Hal yang perlu Anda ingat bahwa perhatikan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi. Misal adanya efek samping  sakit maag, gangguan fungsi ginjal, hingga alergi.

2. Terapi Fisik

Untuk mengatasi nyeri punggung juga dapat melalui terapi fisik. Biasanya seorang terapi fisik akan mengajarkan peregangan untuk meredakan nyeri punggung. Selain itu, juga akan mengajarkan beberapa latihan yang dapat memperbaiki keseimbangan tubuh yang menjadi penyebab nyeri punggung tersebut.

Hal yang perlu Anda ingat, ahli terapi fisik mungkin juga akan memberikan teknik perawatan lainnya. Misalnya melakukan terapi ultrasonik atau stimulasi listrik. Namun, terapi tersebut dilakukan bergantung pada penyebab dan tingkat nyeri punggung yang dialami.

3. Akupunktur

Terapi alternatif ini juga dinilai dapat membantu meredakan rasa nyeri punggung bawah. Hasilnya akan lebih baik apabila akupunktur dipadukan dengan fisioterapi serta obat-obatan.

4. Pijat

Satu studi mengungkapkan bahwa pijat juga menjadi solusi mengatasi nyeri punggung. Tak hanya membantu meredakan, namun juga meningkatkan fungsi lebih cepat dibanding perawatan medis biasa saja.

Terkait banyaknya jenis pijat Pastikan untuk memberi tahu terapis pijat mengenai nyeri punggung dan cedera yang dialami.

5. Tetap Aktif Bergerak

Biasanya orang yang mengalami nyeri punggung memilih berbaring atau beristirahat. Hal tersebut dilakukan hingga sakitnya berkurang. Sebenarnya tetap aktif atau melakukan aktivitas ringan juga dapat mempercepat penyembuhan. Misalnya melakukan olahraga ringan, justru akan membantu proses pemulihan. Namun perlu diingat untuk menghindari aktivitas berat, apalagi yang dapat membebani kerja punggung Anda.

6. Kompres Dingin dan Bantalan Pemanas

Apabila mengalami cedera, maka dapat menggunakan kompres dingin. Tujuannya untuk mematikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Coba untuk menggunakannya hingga 20 menit dan ulangi beberapa kali sehari. Sebaiknya dilakukan selama dua hingga tiga hari pertama. Setelah itu, coba gunakan bantalan pemanas atau mandi air hangat untuk meredakan nyeri tersebut.

7. Menjalani Operasi

Untuk kasus berat, misal kelainan struktur pada tulang belakang maupun saraf yang tidak juga membaik menggunakan pengobatan. Tentu dapat dilakukan dengan pembedahan untuk memperbaiki kelainan pada saraf dan tulang belakangnya.

Nyeri punggung bawah biasanya akan membaik setelah beristirahat. Selain itu, juga dengan melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Namun apabila nyeri tidak kunjung membaik, maka perlu untuk segera melakukan periksakan diri ke dokter.

Perlu Anda pahami bahwa untuk mengobati nyeri punggung perlu dilakukan dengan baik dan benar. Dengan begitu, akan berguna untuk mengurangi nyeri dan memberikan sensasi rileks pada hampir semua kasus nyeri punggung. 

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional.