Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Grand Spa

Kenali 5 Arti Warna Darah Bekam agar Tahu Manfaatnya Bagi Tubuh

Arti Warna Darah Bekam

Bagi yang sudah akrab dengan teknik bekam, tentu sudah merasakan berbagai manfaatnya bagi tubuh. Sementara bagi Anda yang baru mencoba, ada baiknya mulai mengenali arti warna darah bekam supaya tahu manfaat apa yang bisa diberikan bagi tubuh.

Bekam merupakan teknik pengobatan kuno yang bertujuan mengeluarkan sel darah yang sudah rusak atau darah kotor. Teknik tradisional ini terdiri dari dua macam cara yakni bekam kering dan basah.

Nah, pada jenis bekam basah akan terlihat darah kotor yang terhisap keluar dan memiliki berbagai warna berbeda, berikut ini penjelasannya.

5 Arti Warna Darah Bekam

Pada dasarnya, tiap kali selesai melakukan terapi bekam tubuh akan terasa lebih rileks. Sayangnya, tidak semua orang yang melakukan terapi ini cukup peduli dengan arti warna darah bekam yang keluar dari tubuhnya. Padahal, dari situ bisa diambil kesimpulan atas kondisi tubuh saat ini.

1. Merah Cerah

Warna pertama yang biasa terlihat pada darah bekam adalah merah cerah. Di mana warna darah seperti ini jika diartikan sesuai ilmu pengobatan Tiongkok, mengindikasikan adanya darah panas akibat induksi dari Yin.

2. Merah Gelap

Selanjutnya adalah warna darah yang merah gelap. Warna ini bisa muncul akibat adanya kadar lemak yang cukup tinggi dalam aliran darah Anda.

Biasanya hal ini disebabkan oleh gas patogen yang menyalurkan panas. Anda akan melihat uap air pada cawan bekas, dan gas akan terlihat di titik bekam tersebut.

3. Ungu dan Disertai Bercak

Berikutnya adalah arti warna darah bekam ungu yang disertai dengan bercak. Artinya adalah terdapat gumpalan pada darah yang merupakan indikasi terjadinya gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Bisa jadi gangguan kesehatan tersebut tidak disertai gejala sehingga Anda tidak menyadarinya.

Namun jika Anda melakukan bekam dan darah yang keluar berwarna ungu beserta bercak, bisa mulai memeriksakan diri. Lakukan pemeriksaan sederhana seperti cek tekanan darah, kadar gula, dan lain sebagainya.

4. Bintik-bintik Berwarna Ungu

Apabila ketika bekam darah yang terhisap ke dalam cawan berupa bintik-bintik keunguan, artinya terdapat kelainan pada darah statis dan juga darah Qi dalam tubuh.

Anda bisa berkonsultasi dengan terapis bekam untuk memperjelas kemungkinan efeknya bagi tubuh serta solusi penanganannya.

5. Ungu Gelap hingga Kehitaman

Terakhir yaitu darah bekam yang berwarna ungu gelap, bahkan cenderung kehitaman. Warna ini menunjukkan bahwasanya terjadi kekurangan suplai darah di dalam pembuluh darah. Hal itu dapat terjadi akibat adanya darah beku, yang terjadi karena peredaran darah tidak lancar.

Baca Juga: Manfaat Bekam Dan Efek Samping

Jadi, Anda harus mulai waspada jika darah bekam yang keluar dari tubuh berwarna ungu gelap kehitaman. Tanyakan pada terapis, jenis makanan serta pola hidup seperti apa yang bisa membantu melancarkan peredaran darah, di samping melakukan terapi bekam tentunya.

Kesimpulan

Itulah beberapa arti warna darah bekam yang bisa membantu Anda mendeteksi kemungkinan penyakit atau kelainan yang terjadi di dalam tubuh. Dengan mengetahui indikasinya, diharapkan Anda bisa mencegah kondisi tubuh semakin memburuk.

Bekam, selain membantu melancarkan peredaran darah, membuang racun, dan memperbaiki imun tubuh, juga bisa membantu mendeteksi kemungkinan penyakit dalam tubuh.

Jadi, jika Anda melakukan bekam jangan lupa untuk mengecek warna darah yang keluar. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jika kondisi kesehatan tengah terganggu meski tanpa disertai gejala apapun.

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa panggilan maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional dan sudah melakukan pelanggaran hak cipta tanpa izin yang resmi.