Baner Grand Spa

Manfaat Sauna dan Bahayanya yang Penting untuk Kamu Ketahui

Manfaat Sauna dan Bahayanya

Manfaat sauna dan bahayanya penting untuk kita ketahui. Sauna sendiri adalah sebuah ruangan yang hangat atau panas yang bisa membantu kita untuk mengeluarkan keringat. Saat ini banyak sekali tempat sauna yang bisa kita kunjungi.

Sauna masuk dalam kategori spa dan memang memiliki banyak manfaat. Namun, ada juga dampak buruk dari sauna. Untuk itu, kita harus bijak jika kita ke tempat Sauna.

Sebelum kita memilih suatu hal pastinya kita harus mempertimbangkan kebaikan dan keburukannya. Dengan mengetahui risikonya, kita bisa lebih bijak dalam memilih sesuatu. Hal itu pastinya akan menjadikan efek baik untuk kita.

Salah satunya adalah dengan mengetahui manfaat sauna dan bahayanya. Dengan mengetahuinya kita bisa lebih bijak untuk memutuskan mau sauna atau tidak. Berikut ini adalah manfaat dari sauna yang bisa kamu rasakan.

Membuat Perasaanmu Lebih Bahagia

Stress atau depresi menjadi salah satu masalah yang dimiliki oleh banyak orang. Mulai dari masalah kerjaan, rumah tangga, sekolah, hingga kuliah yang berat menjadikan seseorang rentan stress. Dengan melakukan sauna kamu bisa mengurangi perasaan stress dan depresi.

Dengan begitu perasaan menjadi lebih bahagia. Oleh karena itulah sauna ini memiliki manfaat yang bisa membuat perasaan lebih bahagia.

Mengurangi Asma

Untuk kamu yang memiliki penyakit asma, sauna juga tepat untuk dipilih. Sauna ini mampu membuka saluran udara dan bisa membantu mengendurkan dahak. Oleh karena itu, sauna sangat cocok untuk kamu yang memiliki penyakit asma.

Mengeluarkan Racun

Dengan melakukan sauna, racun-racun dalam tubuh juga bisa berkurang. Panas sauna ini bisa membuat suhu tubuh meninggi dan membuka pembuluh darah. Dengan begitu aliran darah mulai meningkat.

Saat panas, darah mulai beredar ke permukaan kulit. Nah, dari situlah kelenjar keringat akan menutupi semua bagian kuli. Rangsangan ini yang menyebabkan kulit akan mengeluarkan keringat.

Keringat mengandung nikel, tembaga, merkuri, dan bahan kimia lain. Dengan begitu, racun tersebut akan sedikit berkurang dari tubuh kita.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat sauna dan bahayanya memang penting untuk kita ketahui. Namun, untuk mengetahui manfaatnya terlebih dahulu mungkin akan lebih baik. Manfaat sauna yang selanjutnya adalah bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Dengan melakukan sauna, perlahan hormon endorfin akan keluar. Hal ini memberikan efek tenang untuk tubuh kita. Nah, jika kita merasa tenang pastinya akan mudah tertidur dengan nyenyak.

Membakar Kalori

Manfaat sauna dan bahayanya sangat penting untuk kita ketahui. Sauna memiliki manfaat yang bisa membantu membakar kalori dalam tubuh. Proses berkeringat saat melakukan sauna membutuhkan banyak energi.

Energi tersebut diperoleh dari konversi lemak dan karbohidrat dari dalam tubuh yang bisa membakar kalori. Selain bisa membakar kalori, sauna juga bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, pastinya harus melakukan sauna yang konsisten dan terjadwal.

Jika hanya melakukan satu sampai dua kali pastinya tidak akan terlihat perubahan yang berarti. Kamu harus tahu porsi yang tepat untuk bisa mengurangi berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapat dari sauna adalah mampu menjaga kesehatan Jantung. Dengan melakukan mandi uap bisa menurunkan risiko kematian akibat kardiovaskular. Namun, untuk lebih jelasnya pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mengurangi Nyeri

Sauna juga bisa membantu mengurangi nyeri. Bagi kamu yang mengalami nyeri kronis hingga radang sendi, mandi uap menjadi salah satu hal yang tepat untuk dipilih. Dengan mandi uap peredaran darah menjadi lancar.

Ketika peredaran darah lancar maka bisa mengurangi ketegangan pada otot. Hal itulah yang menjadikan sauna mampu mengurangi rasa nyeri.

Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Ada sebuah studi di Finlandia yang menyebutkan bahwa sauna mampu mengurangi risiko penyakit demensia dan Alzheimer. Orang yang sering melakukan sauna memiliki kemungkinan yang kecil untuk mengalami penyakit ini. Namun, pastinya kajian ini masih membutuhkan penelitian lebih dalam lagi.

Manfaat sauna dan bahayanya memang harus kita ketahui semuanya. Di atas adalah manfaat dari sauna. Nah, yang berikut ini adalah bahaya dari sauna.

Dehidrasi

Dehidrasi menjadi salah satu bahaya dari sauna. Namun, tentunya tidak terjadi begitu saja. Dehidrasi ini bisa terjadi dengan adanya kondisi tertentu.

Kamu bisa mengalami dehidrasi saat sauna ketika kamu terus menerus mengeluarkan keringat dalam waktu yang lama. Jadi, pastikan jangan terlalu lama berada di ruang sauna. Selain itu, kamu juga harus minum air yang cukup sebelum dan sesudah melakukan mandi uap.

Dengan begitu bahaya sauna seperti dehidrasi tidak akan terjadi kepadamu. Jadi, intinya kita harus lebih hati-hati dan kita bisa melakukan pencegahan. Maka manfaat sauna dan bahayanya bisa kamu pilih dan pilah sendiri. 

Gangguan Kesuburan Pria

Suhu panas dari sauna diduga bisa membuat jumlah dan kualitas sperma menurun. Untuk itu, sauna dianggap bisa mengganggu kesuburan pria. Jika pria melakukan sauna tidak terlalu sering mungkin efeknya tidak akan langsung terlihat.

Tapi, untuk pria yang memang memiliki produksi sperma yang sedikit atau sedang melakukan program kehamilan dengan pasangan akan lebih baik untuk menghindari sauna. Namun, efek yang  satu ini masih perlu diteliti lebih dalam lagi.

Tekanan Darah Menurun

Sauna juga bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Suhu panas bisa menyebabkan meningkatnya detak jantung dan melebarkan pembuluh darah. Nah, hal itu bisa menyebabkan tekanan darah menurun.

Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung tertentu akan lebih baik jika tidak melakukan sauna. Namun, jika ingin melakukan mandi uap pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itulah manfaat sauna dan bahayanya yang bisa kamu ketahui. Sebelum datang ke tempat sauna pastikan kamu sudah mengetahui segala risiko baik maupun buruk yang akan kamu dapatkan.

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa panggilan maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional dan sudah melakukan pelanggaran hak cipta tanpa izin yang resmi.