Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Grand Spa

6 Manfaat Meditasi Metta dan Cara Melakukannya

Manfaat Meditasi Metta

Meditasi menjadi salah satu aktivitas yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Terdapat berbagai macam-macam jenis meditasi, salah satunya ada meditasi metta-bhavana. Manfaat meditasi metta bisa untuk kesehatan tubuh, meditasi dapat membantu menerima dan menyayangi diri secara utuh atau self-compassion.

Metta merupakan bentuk dari meditasi aktif yang lebih berfokus pada pengiriman pikiran dan harapan baik ada dunia. Pemikiran ini juga berisi membayangkan bahwa orang-orang atau makhluk lain dalam pikiran kita akan tersentuh dengan niat baik kita. Dengan bentuk meditasi ini kita akan melangkah lebih jauh ke masa depan.

Mengenal Meditasi Metta

Meditasi metta-bhavana merupakan jenis meditasi Buddhis, Dalam bahasa Pali yang digunakan di India utara, metta berarti energi positif dan kebaikan terhadap orang lain.

Latihan ini juga dikenal sebagai meditasi cinta kasih yang berusaha untuk mengembangkan emosi positif, seperti saling percaya, cinta, rasa syukur, sukacita, apresiasi, dan kasih sayang.

Manfaat dari Meditasi Metta

Meditasi dapat membuat emosi menjadi lebih stabil dan kesehatan tubuh menjadi lebih baik. Di bawah ini beberapa hal yang akan kamu dapatkan dari meditasi metta:

Memperlambat Proses Penuaan

Penuaan merupakan proses alami yang sudah pasti akan terjadi pada tubuh. Manfaat meditasi dapat memperlambat proses penuaan. Karena dengan meditasi ini sel-sel dan organ tubuh dapat terus muda dan dapat berfungsi dengan baik, meskipun usia sudah tidak muda. Tidak hanya itu saja, meditasi ini dapat membantu mengurangi stress yang kamu alami.

Stress yang dibiarkan dapat memicu berbagai gangguan penyakit kronis berbahaya hingga risiko kematian. Saat menjalani hidup dengan penyakit kronis, risiko kematian dini menjadi semakin meningkat. Meditasi ini dapat membantu meredakan stress. Karena itu, potensi memiliki umur yang lebih panjang dan sehat semakin meningkat.

Bantu Mengurangi Rasa Sakit Pada Fisik

Terdapat beberapa bukti yang membuktikan bahwa meditasi metta dapat mengurangi sejumlah jenis rasa sakit fisik. Dalam penelitian tahun 2005, praktik tersebut dapat mengurangi nyeri punggung bawah yang persisten. Dalam studi tahun 2014, ditemukan terdapat efek serupa pada orang yang sering menderita migrain.

Para peneliti dari kedua studi tadi menghubungkan tingkat rasa sakit lebih rendah dengan efek penghilang stress dari manfaat meditasi metta. Stress emosional dapat memperburuk rasa sakit fisik. Selain itu, emosi negatif juga bisa mengurangi toleransi terhadap rasa sakit. Melalui meditasi metta, emosi positif dapat dibangun yang memiliki efek sebaliknya.

Bantu Meningkatkan Koneksi Sosial

Manfaat meditasi metta selanjutnya dapat membantu memelihara hubungan sosial lebih kuat. Setelah melafalkan ungkapan-ungkapan baik terhadap diri sendiri, kamu bisa menyampaikan kebaikan tersebut kepada orang lain. Hal ini juga dapat memungkinan kamu untuk menujukkan rasa empati dan belas kasih terhadap mereka.

Baca Juga: Manfaat sauna dan bahayanya

Hal ini juga dapat mendorong kamu untuk mengenali dan memikirkan perasaan mereka terhadap kamu. Saat menumbuhkan cinta terhadap diri sendiri, kamu cenderung tidak akan memandang dirimu sendiri dari sisi negatif. Dengan demikian akan membuatnya lebih mudah dalam memberikan ruang bagi orang an untuk menumbuhkan lebih banyak koneksi positif.

Dapat Mengurangi Kecemasan dan Stress

Meditasi dengan metode mindfulness dapat meminimalisir gejala kecemasan secara berlebih. Bukti klinis juga menunjukkan bahwa dengan meditasi metta yang dilakukan dengan teratur dapat mengurangi respons peradangan karena stress. Selain itu, manfaat meditasi metta juga dapat membantu mengembangkan self-compassion.

Self-compassion adalah kemampuan diri untuk menunjukkan cinta, perhatian, empati terhadap diri sendiri, terutama saat menghadapi kegagalan. Emosi ini dapat meningkatkan tingkat kepuasan hidup, sehingga membantu mengurangi kecemasan dan stress.

Mengurangi Gejala Penyakit Tertentu

Manfaat menerapkan meditasi metta dapat mengurangi keluhan fisik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa ketenangan batin dari meditasi metta dapat mengurangi gejala migrain pada penderita migraine kronis dan nyeri punggung bawah.

Membantu Mengurangi Gejala Penyakit Mental

Dari sejumlah penelitian, membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan rasa syukur dan cinta. Sehingga dapat membantu mengurangi overthinking dan stress, serta gejala gangguan kecemasan. Dengan rutin menerapkan teknik relaksasi, manfaat meditasi metta dapat membantu mengurangi depresi dan gejala PTSD.

Baca Juga: Manfaat SPA

Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa emosi positif yang terbangun dari meditasi metta dapat memperbaiki sejumlah gejala skizofrenia, misalnya tidak ingin bicara, tidak ingin mandi, dan tidak menunjukkan emosi.

Cara Melakukan Meditasi Metta

Tujuan dari meditasi ini untuk menumbuhkan kebaikan kepada semua makhluk, termasuk diri sendiri dan juga orang-orang hingga makhluk sekitar. Teknik utama yang digunakan melibatkan pengucapan frase positif terhadap diri sendiri dan makhluk-makhluk lain.

Dalam meditasi ini perlu mengulangi setiap frasia dengan perhatian penuh yang akan membantu fokus pada frasa dan emosi yang terkait. Untuk menerapkannya, kamu tidak memerlukan alat apapun dan bisa kamu lakukan di masa saja. Asalkan suasana sekitar cukup tenang supaya kamu bisa lebih berkonsentrasi. Berikut caranya:

  1. Pertama-tama duduk dengan nyaman dan tutup matamu, lalu hirup dan hembuskan napas dengan teratur.
  2. Kemudian ucapkanlah kata-kata atau frasa yang berisi harapan untuk diri sendiri, misalnya “Semoga aku kuat dan dapat percaya diri menghadapi semua tantangan.”
  3. Kamu juga bisa mengucapkan harapan kamu terhadap orang lain, sebut namanya dan katakan apa saja keinginanmu untuknya.
  4. Ulangi frasa atau kata-kata tersebut beberapa kali hingga jiwamu terasa lebih tenang. Hindari penggunaan kata negatif atau menilai diri sendiri.
  5. Sembari mengucapkan berbagai harapan, kamu bisa membayangkan hal indah, misalnya seseorang yang ada di harapanmu tersenyum.

Itulah beberapa manfaat meditasi metta dan cara melakukannya. Penting untuk diingat bahwa metode meditasi ini tidak terjadi secara instan dan dibutuhkan kesabaran serta konsistensi supaya mendapatkan hasil maksimal.

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa panggilan maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional dan sudah melakukan pelanggaran hak cipta tanpa izin yang resmi.