Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsumsi Vitamin E, Intip Manfaat, Dosis Beserta Efek Sampingnya!

Konsumsi vitamin E penting untuk anda lakukan karena merupakan salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Cara yang paling baik dalam memperoleh manfaat dari vitamin E yakni dengan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik.

Konsumsi Vitamin E, Intip Manfaat, Dosis Beserta Efek Sampingnya!

Mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti kacang almond, minyak sayur, biji bunga matahari, serta sayuran hijau dapat menjadi sumber vitamin E paling baik dan alami. Untuk konsumsi vitamin ini berupa kapsul suplemen sebenarnya tidak disarankan untuk tubuh, karena kelebihan dosis akan mengganggu kesehatan.

Dengan demikian, akan sangat penting bagi anda untuk mengetahui manfaat, dosis, serta efek samping dari mengkonsumsi jenis vitamin E ini.

Kenali Manfaat, Dosis, serta Efek Samping dari Konsumsi Vitamin E

Vitamin E adalah jenis vitamin mudah larut dalam lemak. Kemudian memiliki efek sebagai antioksidan. Fungsi dari vitamin E ini sangat penting dalam perkembangan tubuh manusia. Hal ini berpengaruh dalam kekuatan sistem tubuh, kesehatan mata, pertumbuhan sel, serta kesehatan kulit.

Sumber makanan yang sangat mudah kita temukan sebagai sumber vitamin E adalah sayuran dengan daun hijau, minyak nabati, margarin, kacang-kacangan, telur, buah-buahan, serta sereal yang sudah difortifikasi.

Selain dari sumber alami, vitamin E dapat berasal dari suplemen tambahan. Biasanya, penggunaan suplemen tambahan ini dipakai untuk pengobatan beberapa kelainan tertentu. Sehingga, penggunaannya harus disertai dengan dosis dari dokter.

National Institute of Health menyebutkan jika seseorang dengan rentang usia 14 tahun keatas memerlukan konsumsi vitamin E sekitar 15 mg. Sedangkan, ibu menyusui memerlukan lebih banyak vitamin E, yaitu sekitar 19 mg.

Sebenarnya, kondisi tubuh yang kekurangan vitamin E jarang ditemukan. Pada umumnya, kondisi kekurangan vitamin E ini hanya dialami oleh bayi, malabsorbsi lemak, serta abetalipoproteinemia atau keadaan yang menghambat tubuh untuk menyerap lemak jenis tertentu.

Jika anda menginginkan manfaat vitamin E, maka sebaiknya cukup mengkonsumsi sumber makanan yang bergizi tanpa harus menambah suplemen dari luar. Misalkan anda terpaksa mengkonsumsi suplemen vitamin E tersebut, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Manfaat Vitamin E

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh jika konsumsi vitamin E dengan cukup. Diantaranya adalah:

  1. Kesehatan Fungsi Saraf

  2. Manfaat dari vitamin E yang pertama berguna untuk kesehatan fungsi saraf. Fungsi dari vitamin ini akan menghambat pergerakan agregasi trombosit dalam aliran darah.

    Karena hal tersebut sangat berkaitan dengan kegiatan saraf. Hal ini juga dapat diartikan jika vitamin E akan sangat membantu menjaga fungsi dari kesehatan saraf dalam tubuh.

  3. Mendukung Kesehatan Mata

  4. Selain untuk membantu kesehatan fungsi saraf, vitamin E dapat menunjang kesehatan mata. Bahkan asupan vitamin E yang cukup akan mengurangi resiko katarak pada orang dengan usia lanjut.

  5. Menurunkan Resiko Alzheimer

  6. Manfaat dari vitamin E selanjutnya adalah menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Vitamin E mengandung tokoferol dan juga tokotinerol. Kedua senyawa tersebut sangat mendukung dalam mencegah penyakit Alzheimer.

    Dengan konsumsi yang cukup, maka tubuh akan memiliki daya pertahanan yang kuat atas kehilangan memori serta dalam penurunan kerja otak. Bahkan, jika anda mengkonsumsi vitamin E yang disertai dengan vitamin C, akan menurunkan resiko terkena demensia.

  7. Menyembuhkan Luka

  8. Fungsi dari vitamin E selanjutnya adalah sangat baik dalam menyembuhkan luka. Efeknya cukup baik untuk orang yang mengalami atau memiliki luka. Dengan demikian, vitamin E akan mampu membuat luka menutup lebih cepat serta meregenerasi jaringan sel yang rusak atau yang hilang.

  9. Mengatur Aktivitas Enzim

  10. Fungsi vitamin E untuk tubuh selanjutnya adalah sebagai pengatur aktivitas enzim dalam tubuh. Pada umumnya, vitamin E dapat mengatur fungsi yang berhubungan dengan pertumbuhan otot polos. Kandungan yang terdapat pada vitamin E mampu mengatur perkembangan serta pertumbuhan dari otot polos supaya tidak menimbulkan kerugian bagi tubuh.

  11. Membantu Keseimbangan Hormon

  12. Manfaat selanjutnya adalah berkaitan dengan keseimbangan hormon dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi vitamin E secara cukup dan tidak berlebihan, maka hormon akan tetap dalam kondisi seimbang.

    Sehingga, sistem endokrin dan juga sistem saraf akan bekerja dengan baik. Terdapat beberapa hormon yang sering mengalami naik atau turun, diantaranya adalah kenaikan berat tubuh, sakit akibat menstruasi, alergi, kecemasan, hingga pada infeksi saluran kemih.

    Jika anda mengalami masalah tersebut, dapat dihilangkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti sayuran dan juga buah-buahan.

  13. Sebagai Sumber Antioksidan

  14. Manfaat konsumsi vitamin E ini paling besar untuk tubuh kita. Antioksidan dengan kombinasi oksigen mampu menghancurkan radikal bebas sebagai sumber penyakit. Jadi, tak heran jika vitamin E kerap dipakai untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari serangan radikal bebas sinar ultraviolet.

Dosis yang Dianjurkan

Mengkonsumsi jenis vitamin E ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal tersebut sebagai pendukung fungsi kesehatan, salah satunya adalah dapat menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari.

Akan tetapi, mengkonsumsinya secara berlebihan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, dosis yang dianjurkan juga wajib diperhatikan agar tidak mengakibatkan efek samping yang buruk.

Untuk dosis orang dewasa adalah konsumsi vitamin E sekitar 15 miligram atau setara dengan 22,4 IU setiap harinya. Kemudian, suplemen dari vitamin E biasanya mengandung sekitar 100-1.000 IU per butirnya.

Selain itu, dosis yang dianjurkan untuk anak-anak adalah 2-20 miligram per harinya. Dosis juga dapat dipengaruhi oleh kondisi yang dialami oleh seseorang.

Pada kondisi Cystic Fibrosis dapat mengkonsumsi sekitar 50-200 mg sekali sehari untuk anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa sekitar 100-200 mg per hari. Selain itu, pada kondisi kelainan abetalipoproteinemia, untuk anak-anak sekitar 50-100 mg per hari dan dewasa sekitar 50-100 mg per hari.

Banyak orang yang beranggapan jika asupan vitamin E dengan kadar yang tinggi dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Akan tetapi, pemakaian dosis tersebut untuk penyembuhan penyakit jantung dan kanker belum memiliki bukti ilmiah.

Dengan demikian, konsumsi vitamin E yang berbentuk suplemen memang harus diperhatikan dengan cara yang seksama dan hati-hati. Apabila berlebih, akan mendatangkan efek samping yang buruk untuk kesehatan.

Bahaya dan Efek Samping

Sebenarnya, vitamin E jarang mengakibatkan efek samping. Dengan catatan jika konsumsi tersebut sesuai dengan anjuran dosis yang tepat. Akan tetapi, kelebihan konsumsi dari vitamin E ini dapat menyebabkan berbagai macam keluhan, seperti mual, diare, kram perut, sakit kepala, ruam kulit, gangguan melihat, sampai tubuh menjadi lemas.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin D, Perhatikan Dosis Dan Efek Sampingnya

Untuk asupan vitamin E dapat anda lakukan dengan tepat sesuai anjuran dosis. Dengan hal ini, sebaiknya kurangi konsumsi suplemen vitamin E tanpa dosis dari dokter. Untuk tetap mencukupi asupan vitamin E dengan baik, anda dapat makan makanan yang mengandung nutrisi yang baik, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Sumber vitamin E dapat anda peroleh dengan mudah secara alami tanpa mengalami kelebihan dosis yang mengakibatkan efek samping yang buruk dari konsumsi vitamin E yang berlebih.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.