Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Jenis Lemak Makanan dan Lemak Alami yang Ada Dalam Tubuh

Macam Jenis Lemak Makanan dan Lemak Alami yang Ada Dalam Tubuh

Lemak memang sering dianggap sebagai zat yang negatif dan mendatangkan penyakit dalam tubuh kita. Sebenarnya, tak semua pernyataan tersebut tak sepenuhnya benar.

Jenis lemak penting untuk kita ketahui dengan benar sehingga dapat memahami dengan tepat apa lemak sebenarnya.

Karena saat mendengar kata lemak, pasti akan langsung dikait-kaitkan dengan naiknya kolesterol, kegemukan, sampai pada penyakit yang mengerikan. Padahal, lemak memiliki efek lain untuk tubuh kita.

Pengertian dan Jenis Lemak

Sebelum kita mengenal berbagai jenis zat lemak ini, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu lemak. Pengertian lemak merupakan senyawa kimia yang tidak dapat larut dalam air. Susunan zat tersebut berupa hidrogen (H), karbon (C), serta oksigen (O2).

Lemak memiliki sifat hidrofobik (tak larut dalam air), sehingga untuk melarutkannya perlu pelarut yang khusus seperti kloroform, eter, dan juga benzena. Sama halnya dengan karbohidrat serta protein, lemak juga menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh.

Dengan adanya lemak, tubuh dapat membangun jaringan penting yang diperlukan. Karena dapat ikut serta dalam membangun membran sel dan pada beberapa organel sel.

Massa energi yang lemak hasilkan merupakan 2,25 kali lebih besar jika dibandingkan dengan protein dan juga karbohidrat.

Untuk satu gram lemak mampu menghasilkan 9 kalori, sedangkan satu gram karbohidrat dan juga protein hanya menghasilkan energi sekitar 4 kalori saja.

Kemudahan dalam proses pencernaan, lemak akan terpecah menjadi gliserol dan asam lemak supaya bisa terserap oleh organ-organ. Nantinya akan dibawa untuk menuju organ yang membutuhkan.

Jenis-Jenis Lemak dalam Makanan

Tak semua lemak buruk untuk tubuh kita. Terdapat beberapa macam lemak yang sehat. Kemudian, tubuh pun memerlukan lemak dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seperti halnya vitamin.

Adapun beberapa jenis dari lemak yang dapat anda ketahui adalah sebagai berikut.

Asam lemak Omega 3

Asam lemak yang baik untuk tubuh ini termasuk sangat baik bagi kesehatan otak. Mencukupi tubuh dengan kandungan asam lemak omega 3 ini, maka anda akan terhindar dari resiko penyakit Alzheimer dan juga penyakit jantung.

Anda dapat menemukan jenis dari lemak ini dari ikan salmon serta biji-bijian.

Lemak Jenuh Tunggal

Lemak dengan jenis jenuh tunggal ini merupakan lemak yang baik dan perlu ada dalam tubuh. Tubuh kita memerlukan lemak dalam menjaga dan mendukung sistem metabolisme tubuh.

Lemak jenis ini dapat anda peroleh pada minyak zaitun dan juga avocado.

Lemak Jenuh

Jenis dari lemak selanjutnya adalah lemak jenuh. Lemak ini adalah jenis lemak yang tidak baik dan juga dapat dikatakan tidak buruk. Karena manfaatnya biasa saja untuk tubuh kita.

Lemak dengan jenis jenuh ini sangat mudah untuk kita temukan seperti pada keju dan lemak pada daging, kulit ayam, es krim, dan mentega.

Jadi, anda dapat dengan bebas mengkonsumsinya, namun dengan takaran yang disarankan dan tidak berlebihan.

Jika anda adalah tipe penyuka jenis makanan tersebut, dapat anda imbangi dengan makan sayuran dan juga buah-buahan yang kaya akan serat pangan. Nutrisi ini bisa membantu dalam memecah lemak tersebut yang masuk ke dalam tubuh.

Lemak Tak Jenuh Ganda

Lemak ini termasuk ke dalam jenis yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, mencegah kolesterol, dan penyakit jantung.

Kita dapat menemukannya dalam biji kacang kenari serta minyak canola.

Asam Lemak Omega 6

Jenis lemak ini termasuk ke dalam lemak baik dan terdapat pada minyak bunga matahari dan juga minyak jagung. Akan tetapi, jika kita mengkonsumsinya terlalu sering dan berlebihan, justru lemak ini dapat mengakibatkan peradangan serta meningkatkan resiko terjadinya masalah kesehatan yang lain dalam tubuh.

Selain dari minyak bunga matahari dan minyak jagung, kita dapat menemukannya pada buah labu kuning, ikan laut seperti tuna, makarel, herring, salmon sarden, dan juga trout. Kemudian, jika ingin memperoleh lemak ini dalam bentuk minuman, kita dapat mengolahnya menjadi susu kedelai.

Lemak Trans

Jenis dari lemak yang satu ini adalah lemak yang tidak sehat. Lemak ini dapat kita jumpai dengan mudah dalam makanan yang prosesnya dengan digoreng, misalkan gorengan, stick margarine, chicken nugget, ayam goreng, dan juga kentang goreng.

Jenis dari lemak trans ini juga dapat kita temukan pada jenis camilan yang gurih seperti popcorn dan pada makanan yang manis seperti kue tart, muffin, cookies, sampai permen.

Macam-Macam Lemak Alami yang Ada Dalam Tubuh Manusia

Selain jenis-jenis lemak yang dapat dengan mudah kita temui berdasarkan sumber makanannya, lemak juga dapat kita lihat temukan secara alami dalam tubuh kita.

  • Yang pertama adalah lemak esensial. Sama dengan namanya, lemak ini memiliki manfaat yang penting untuk tubuh kita. Dimana untuk mengatur suhu tubuh, mengatur hormon, dan juga menjaga struktur sel. Kemudian, jika tubuh kehilangan lemak jenis ini akan berakibat penurunan kesehatan.

  • Kedua, jenis lemak putih yang dikenal dengan nama lemak adiposit. Jenis dari lemak ini sering disebut dengan lemak putih karena memiliki sel-sel yang berwarna putih. Hal tersebut terjadi karena rendahnya kepadatan dari mitokondria serta pembuluh darah.

    Sel dari lemak putih akan memberikan efek meningkatnya hormon leptin saat perut sedang penuh. Akan tetapi, lemak jenis ini dapat kehilangan sifat sensitifnya saat anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang tidak menyehatkan. Dengan efek yang diberikan adalah kegemukan.

  • Yang ketiga adalah jenis lemak coklat. Warna coklat dikarenakan lemak ini dibungkus oleh mitokondria. Kemudian, definisi dari lemak coklat ini mempunyai kemampuan dalam membakar lemak putih dan juga kalori tubuh.

  • Kemudian keempat adalah lemak krem. Lemak krem adalah hasil dari persilangan antara lemak coklat dan lemak putih. Ketika anda berolahraga, otot mengeluarkan protein yang khusus dan dapat mengubah lemak putih tersebut hingga menjadi lemak krem.

  • Yang kelima adalah lemak visceral yang merupakan lemak yang ada dalam tubuh dan tersimpan pada rongga perut serta sejumlah organ yang penting. Organ-organ tersebut seperti pankreas, hati, usus, dan juga jantung. Dengan peningkatan ketebalan lemak visceral ini, akan mengakibatkan resiko serangan diabetes tipe 2, stroke, dan juga kanker.

  • Yang terakhir adalah jenis lemak subkutan. Lemak ini merupakan lemak yang berada pada bawah kulit. Lemak subkutan merupakan lemak paling banyak yang ada pada tubuh manusia. Konsentrasinya mencapai 90 persen. Untuk mengurangi penimbunan lemak ini, tubuh harus rutin melakukan olahraga yang rutin serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Coba untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tak sehat. Meskipun bukan perkara yang mudah, akan tetapi dapat anda lakukan dengan perlahan dan konsisten.

Hal itu akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Apalagi diimbangi dengan olahraga, konsumsi asupan buah dan juga sayur mayur yang kaya akan serat serta nutrisi lengkap.

Dengan demikian, anda akan terhindar dari penyakit yang berbahaya akibat dari jenis lemak tak sehat yang masuk ke dalam tubuh.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.