Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Konsumsi Vitamin B9 Baik untuk Ibu Hamil, Ini Dosis dan Efek Samping

Konsumsi vitamin B9 atau asam folat sangat diperlukan bagi tubuh kita. Manfaat dari asam folat menjadi sesuatu yang tidak asing kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Konsumsi Vitamin B9 Baik untuk Ibu Hamil, Ini Dosis dan Efek Samping

Karena, nutrisi yang terkandung dalam jenis vitamin ini penting untuk janin dan juga kesehatan sang ibu. Walaupun demikian, akan terdapat manfaat yang lain yang dapat kita ambil dari asam folat ini untuk kesehatan tubuh kita.

Konsumsi Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam folat atau disebut juga dengan vitamin B9 merupakan salah satu jenis vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh dalam pemeliharaan serta pertumbuhan, salah satunya adalah pembentukan sel darah merah.

Disamping itu, vitamin ini juga diperlukan untuk mencegah penyakit spina bifida atau penyakit yang dikarenakan oleh pembentukan kecacatan pada tulang belakang janin yang berupa celah.

Penyakit tersebut biasanya dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Kemudian, jenis vitamin B9 ini dapat dipakai untuk mengatasi efek dari penggunaan obat methotrexate, yang merupakan obat untuk menurunkan kadar folat darah.

Untuk tubuh yang kekurangan asam folat ini dapat mengakibatkan seseorang akan menderita penyakit anemia, salah satunya dengan gejala kelelahan. Sehingga, sangat penting dalam mencukupi kebutuhan vitamin ini setiap harinya.

Anda dapat memperoleh asupan nutrisi dari asam folat atau konsumsi vitamin B9 ini dari berbagai macam sumber makanan sehat dan juga suplemen. Jika makanan sehat akan dapat anda konsumsi dengan aman tanpa menyebabkan efek samping, lain halnya dengan suplemen.

Asupan suplemen sering diberikan oleh dokter untuk kondisi kesehatan tertentu. Asupan suplemen inilah yang harus anda ketahui dosis yang tepat. Karena kelebihan asam folat akan menyebabkan berbagai gangguan dalam tubuh.

Sumber Asam Folat Alami

Kebutuhan asupan nutrisi asam folat atau vitamin B9 ini tiap orang berbeda-beda. Namun, jika kandungannya dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik untuk skala ringan maupun sampai pada skala yang lebih berat.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin B7 (Biotin) Dosis dan Efek Samping yang Harus Anda Tahu

Sehingga, untuk mencukupi konsumsi vitamin B9 ini, anda cukup dengan memperolehnya pada sumber makanan sehat. Beberapa makanan yang dapat anda konsumsi sebagai sumber asam folat terbaik dan alami seperti telur, pepaya, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, hati sapi, buah-buahan sitrus alpukat, serta pisang.

Manfaat Asam Folat Untuk Tubuh Manusia

Terdapat beberapa manfaat dari asupan harian asam folat yang baik untuk tubuh manusia, misalnya diperlukan untuk kinerja yang optimal dari fungsi organ tubuh manusia.

Pertama, memproduksi sel darah merah. Asam folat mempunyai fungsi utama untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah ini adalah senyawa yang sangat penting dalam mendukung kinerja serta fungsi sebagian besar dari organ tubuh manusia.

Kedua, untuk mengatur tekanan darah. Sirkulasi darah akan semakin lancar apabila asam folat memproduksi sel darah merah dengan baik. Hasilnya, tekanan darah akan dapat dikontrol secara benar dengan konsumsi vitamin B9 dengan dosis tepat.

Ketiga, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis vitamin B9 ini adalah jenis vitamin yang salah satu tugasnya menjaga kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein).

Keempat, melancarkan pencernaan. Manfaat ini merupakan salah satu manfaat yang cukup vital dalam proses pencernaan tubuh manusia. Asam folat merupakan salah satu bagian dari jenis vitamin B kompleks. Sehingga, permasalahan dari proses pencernaan seperti diare atau sembelit akan dicegah dengan tepat.

Kelima, menguatkan sel telur. Asam folat diperlukan oleh tubuh dalam proses reproduksi. Hal ini berpengaruh pada kondisi kesehatan sel telur. Dengan asupan asam folat yang baik dan mencukupi akan menguatkan sel telur pada dinding rahim.

Keenam, manfaat dari konsumsi vitamin B9 adalah untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain menguatkan sel telur, terdapat fungsi lain sebagai pendukung reproduksi manusia. Sperma akan memiliki kualitas baik dengan membuat folic acid yang perannya sangat penting untuk mempercepat kehamilan.

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat asam folat atau vitamin B9 untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah penyakit Jantung

  2. Sel darah merah yang diproduksi oleh tubuh dengan kadar yang cukup akan mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

    Diantaranya adalah penyakit jantung, stroke dan juga Alzheimer. Dengan demikian, asam folat diperlukan oleh tubuh untuk mengurangi resiko penyakit-penyakit mematikan ini menyerang.

  3. Mencegah Kanker

  4. Konsumsi vitamin B9 mampu membunuh sel-sel jahat seperti sel kanker tumbuh dan mengambil alih fungsi dari tubuh. Dengan demikian, perhatikan asupannya setiap hari untuk kesehatan tubuh anda.

  5. Mencegah Gangguan pada Kehamilan

  6. Untuk asupan asam folat atau vitamin B9 sangat diperlukan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan jika jenis vitamin B9 ini akan mencegah resiko keguguran, bayi lahir cacat, serta membantu perkembangan janin dalam kandungan.

  7. Mencegah Anemia

  8. Anemia adalah penyakit kekurangan darah. Hal ini dapat dicegah dengan produksi sel darah merah dengan cukup agar tubuh tidak mengalami gangguan. Kemudian, produksi sel darah merah ini tidak akan lepas dari salah satu fungsi asam folat atau vitamin B9 ini.

  9. Meredakan Depresi

  10. Menurut penelitian dari Hull York Medical School Inggris mengungkapkan jika asam folat akan mempengaruhi mood. Hal ini akan berperan dalam depresi dan kecemasan. Sehingga, tak heran jika konsumsi vitamin B9 menjadi lebih sering dipakai sebagai kandungan obat antidepresan.

Dosis Vitamin B9

Vitamin B9 termasuk ke dalam golongan suplemen vitamin. Termasuk ke dalam jenis obat bebas, namun ada beberapa merek yang harus dengan resep dokter.

Manfaat umum untuk mencegah anemia, kerusakan sistem saraf bayi dalam kandungan, lalu mencegah efek samping untuk pengobatan methotrexate. Vitamin ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dalam bentuk tablet kunyah, tablet, serta serbuk infus.

Dosis atau aturan pakai yang diperlukan untuk asupan vitamin B9 sebagai suplemen dapat disesuaikan dengan beberapa kondisi. Diantaranya seperti untuk kondisi ibu hamil dengan proses persalinan adalah sekitar 0,4 mg setiap hari.

Selanjutnya, kondisi pengobatan anemia untuk ibu hamil adalah sekitar 0,2-0,5 mg setiap hari. Kemudian, untuk kondisi cacat tabung pada saraf janin adalah 5 mg dengan konsumsi pada saat perencanaan kehamilan.

Konsumsi vitamin B9 tersebut dapat dilanjutkan sampai pada usia kehamilan trimester pertama. Lalu, dosis untuk kondisi pencegahan anemia karena defisiensi asam folat sekitar 5 mg tiap hari selama 4 bulan berturut-turut. Dosis ini dapat meningkat sampai 15 mg per harinya apabila terjadi malabsorbsi.

Efek Samping dan Bahaya Asam Folat

Asam folat biasanya tidak menimbulkan efek samping, dengan catatan dosis yang dikonsumsi sesuai dengan anjuran. Namun, terdapat beberapa kasus adanya efek samping dengan takaran asupan yang melebihi, seperti terjadi hilang nafsu makan, bingung, mual, rasa tidak nyaman dalam mulut, serta mudah frustasi atau marah.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari asam folat, kita dapat mengetahui seberapa besar fungsinya dalam kesehatan tubuh dan perannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sehingga, dosis serta konsumsi vitamin B9 ini akan diperhatikan dengan benar sesuai kadar asupan yang dianjurkan. Hal tersebut berguna untuk menghindarkan diri dari beberapa masalah yang tidak kita inginkan.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.