Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Konsumsi Vitamin B12, Beserta Informasi Dosis dan Efek Samping

Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang populer dalam masyarakat karena memiliki manfaat yang begitu luas bagi kesehatan tubuh. Karena tubuh tidak dapat memproduksi jenis vitamin ini, maka konsumsi vitamin B12 harus kita peroleh dari asupan luar tubuh.

Manfaat Konsumsi Vitamin B12, Beserta Informasi Dosis dan Efek Samping

Sumber nutrisi ini pun dapat kita peroleh dari makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari dan juga kita peroleh dari asupan suplemen.

Aturan pakai atau dosis yang dianjurkan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan juga umur. Untuk ibu yang sedang mengandung dan juga menyusui membutuhkan asupan lebih banyak karena mendukung kesehatan dan perkembangan janin.

Konsumsi Vitamin B12 dan Sumbernya

Seperti yang telah kita ketahui jika jenis vitamin ini tidak dapat tubuh produksi secara alami. Sehingga, kita harus mengonsumsi sejumlah makanan atau suplemen yang dapat memberikan manfaat utama dari salah satu jenis vitamin B kompleks ini.

Sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin ini adalah jenis daging. Untuk sumber dari tumbuhan, memang tidak terbentuk dan biasanya hanya terkandung dalam produk daging beserta keturunannya.

Anda pun dapat memperoleh asupan vitamin ini dengan mengkonsumsi berbagai jenis daging, mulai dari daging sapi, daging kambing, hingga daging ikan. Daging ikan ini terutama terdapat pada jenis ikan tuna.

Lalu, untuk produk susu dan juga turunannya seperti keju dan yogurt. Kemudian, telur juga dapat menjadi sumber makanan untuk konsumsi vitamin B12 ini.

Jika anda memiliki toleransi yang rendah terhadap jenis daging, maka anda dapat memperoleh nutrisi ini dengan mengkonsumsi produk susu kedelai (soya) yang telah mengalami difortifikasi oleh jenis vitamin B komplek ini.

Lalu, semakin umur bertambah dewasa, maka kebutuhan akan vitamin B12 ini juga akan semakin banyak. Usia dari 14 tahun ke atas akan memerlukan asupan nutrisi dari vitamin ini sekitar 2,4 mcg per harinya.

Selanjutnya, untuk bayi yang usianya 0-6 bulan memerlukan asupan vitamin B12 sekitar 0,4 mcg per harinya. Kebutuhan tersebut harus anda penuhi dari produk ASI murni atau dari ibu yang mengkonsumsi jenis vitamin ini dengan kadar yang mencukupi.

Manfaat Vitamin B12

Untuk konsumsi vitamin B12 ini mempunyai manfaat yang sangat banyak pada perkembangan tubuh serta kesehatan otak. Jika seseorang kekurangan jenis nutrisi ini, maka ia akan mengalami kondisi gejala defisiensi.

Dengan gejala tersebut, maka seseorang akan menderita penyakit anemia. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan anda peroleh jika mengkonsumsi jenis vitamin B12 secara baik dan benar.

  1. Mencegah Anemia dengan Memproduksi Sel Darah Merah

  2. Bagi anda yang mengalami kekurangan darah atau anemia, tidak hanya dapat anda atasi dengan konsumsi zat besi saja. Akan tetapi, asupan vitamin B12 dengan kadar yang cukup. Karena dengan adanya asupan ini, akan membantu dalam mencukupi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh.

    Terdapat bentuk senyawa aktif dalam vitamin ini berupa kobalamin yang berguna dalam sintesis DNA. Konsumsi vitamin B12 ini dapat membentuk serta menjaga sel darah merah. Oleh karena itu, kekurangan asupan nutrisi ini akan menjadi masalah besar, karena sel darah merah akan terbentuk besar tanpa ada inti sel di dalamnya.

    Bahkan, jumlahnya dalam tubuh akan menurun. Dengan kondisi tersebut dapat dikatakan jika tubuh akan mengalami anemia megaloblastik. Saat sel darah merah tidak mencukupi, maka akan terjadi anemia dan mengakibatkan tubuh mudah lelah serta lesu.

  3. Menjaga Kesehatan Jantung

  4. Manfaat selanjutnya dari konsumsi vitamin ini adalah memelihara kesehatan organ jantung. Kemampuan dari vitamin ini akan menurunkan jumlah asam amino yang terkandung dalam darah.

    Sementara itu, konsistensi homosistein (asam amino tinggi) bisa mengakibatkan resiko penyakit jantung. Anda dapat mengkonsumsi jenis vitamin ini sesuai dengan suplementasi kadar yang sedang untuk menurunkan resiko hipertensi serta penyakit jantung yang lain bersama asupan vitamin B6 dan juga vitamin B yang lain.

  5. Memelihara Kesehatan Janin

  6. Untuk konsumsi vitamin B12 secara mencukupi, maka akan memiliki manfaat baik dalam menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Hal ini karena jenis nutrisi B12 akan berfungsi sebagai sintesis dari DNA. Manfaat ini akan semakin maksimal dengan bantuan asam folat.

    Jika ibu yang sedang hamil kekurangan jenis vitamin B12 ini, maka akan memiliki resiko buruk terhadap bayi atau janin yang dikandung.

    Resiko tersebut berupa terjadinya neural tube defect, yaitu kondisi sebagaimana tulang belakang pada bayi terbuka dan menghadirkan gangguan seperti kecacatan pada saat bayi lahir. Dengan demikian, mengkonsumsi vitamin ini dengan kadar yang cukup dapat menghindari resiko terjadi resiko cacat tersebut.

  7. Mencegah Osteoporosis

  8. Nyatanya, bukan hanya vitamin D atau kalsium saja yang dapat berperan penting dalam kesehatan tulang. Konsumsi vitamin ini dengan kadar mencukupi akan membantu dalam kesehatan tulang serta bisa membantu mencegah resiko penyakit osteoporosis. Jenis konsumsi vitamin B12 ini mempunyai fungsi yang penting dalam pembentukan kepadatan dari tulang manusia.

Dosis

Jenis vitamin B12 ini termasuk ke dalam golongan suplemen, kategori obat bebas, dan resep. Manfaat umumnya adalah mengobati kekurangan vitamin B12, terlebih pada kondisi penderita anemia pernisiosa.

Dapat pula dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa dengan dosis yang sesuai anjuran. Hadir dalam bentuk suntik, tablet kunyah, tablet effervescent, kapsul, tablet, kapsul lepas tunda, serta sirup. Sementara itu, dosis yang dianjurkan yakni berdasarkan usia serta kondisi yang dialami pasien.

Kondisi Anemia Pernisiosa

  • Dosis awal : 1000 mcg dengan suntikan pada otot, satu kali sehari selama satu minggu (6-7 hari).
  • Dosis lanjutan: 100 mcg untuk 2 hari sekali konsumsi vitamin B12 sebanyak 7 kali. Lalu dilanjutkan dengan 100 mcg untuk 3-4 hari sekali dalam waktu 2-3 minggu (14-21 hari).
  • Dosis pemeliharaan: 100-1000 mg setiap bulan, sepanjang hidup pasien.

Kondisi Kekurangan Vitamin B12

  • Dosis dewasa: 25-2000 mcg obat minum oral tiap hari.
  • Dosis anak-anak: 0,5-3 mcg tiap hari.

Efek Samping

Selama konsumsi vitamin B12 dengan dosis yang disarankan, maka konsumsinya tidak berbahaya. Akan tetapi, apabila dipakai dalam kadar melebihi dosis, maka vitamin ini akan mengakibatkan efek samping seperti pusing, mual, sakit kepala, diare, muntah, gangguan kecemasan, serta gerakan yang tak sengaja atau tak terkendali.

Meskipun tidak sering terjadi akan tepat, terdapat sejumlah efek samping yang dapat muncul seperti rendahnya kalium dalam darah. Biasanya dapat ditandai dengan gejala sembelit peningkatan frekuensi buang air kecil serta detak jantung yang tidak beraturan.

Selanjutnya adalah terjadi gagal jantung kongestif, penggumpalan darah untuk kaki dan tangan, syok anafilaktik, terdapat gejala seperti penurunan kesadaran, serta kesulitan bernafas. Kemudian juga terjadi efek samping berupa penumpukan cairan dalam paru-paru.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Vitamin B9 Baik untuk Ibu Hamil, Ini Dosis dan Efek Samping

Meskipun konsumsi vitamin B12 ini termasuk aman untuk tubuh, akan tetapi selalu mengikuti kadar atau jumlah yang dianjurkan karena menghindari efek samping yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Sebaiknya segera hubungi dokter jika terjadi hal yang tidak anda ketahui setelah mengkonsumsi jenis vitamin ini.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.