Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dari Konsumsi Vitamin K, Dosis Hingga Efek Sampingnya

Konsumsi vitamin K sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin K merupakan salah satu nutrisi yang tubuh perlukan dalam proses pembekuan darah.

Manfaat dari Konsumsi Vitamin K, Dosis Hingga Efek Sampingnya

Ketersediaan vitamin ini secara alami dalam sumber makanan. Selain itu, juga tersedia dalam bentuk kapsul.

Konsumsi Vitamin K dari Berbagai Sumber Makanan

Kita bisa mendapatkan vitamin K ini dalam berbagai macam sayuran maupun buah-buahan. Jenis sayuran yang mempunyai kandungan vitamin K antara lain seperti kubis, sawi, lobak, brokoli, bayam, dan juga kangkung.

Sedangkan untuk jenis buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin K antara lain seperti anggur, delima, kiwi, buah ara, dan juga alpukat. Jenis sayuran dan buah-buahan ini bisa anda dapatkan dengan sangat mudah untuk dikonsumsi setiap harinya.

Manfaat Vitamin K

Vitamin ini memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Baik itu menjaga dan merawat kesehatan tubuh, mencegah hingga mengobati berbagai jenis penyakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat vitamin K yang wajib anda ketahui.

  • Membantu Proses Pembentukan Darah

  • Dengan kita selalu konsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup, maka dapat membantu proses pembekuan darah. Selain itu, juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

    Vitamin K yang terkandung dalam tubuh kita, akan membuat darah yang mengalir ketika tubuh terluka dapat berhenti dengan sendirinya. Bukan hanya itu saja, vitamin K berperan penting dalam menghentikan perdarahan secara internal dan tidak hanya perdarahan eksternal.

    Sedangkan untuk para wanita, dengan selalu rutin mengkonsumsi sumber makanan yang banyak mengandung vitamin K juga sangat baik untuk menghentikan perdarahan berlebih ketika menstruasi. Bahkan dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan karena menstruasi tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

  • Rutin konsumsi vitamin K, maka dapat menjaga kesehatan tulang. Vitamin K juga dapat berfungsi dalam mengaktifkan protein yang tubuh butuhkan untuk pertumbuhan tulang.

    Telah terbukti dengan mengkonsumsi suplemen vitamin K bisa secara signifikan menurunkan resiko patah tulang. Bahkan, Badan Keamanan Makanan Eropa telah memberikan persetujuannya bahwa vitamin K ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

    Dengan kata lain, vitamin K ini memiliki fungsi setara dengan vitamin D, kalsium, dan juga magnesium. Bagi anda yang kini sudah menginjak usia lanjut atau mengalami masalah kesehatan tulang, maka rutinlah untuk mengkonsumsi vitamin K ini.

  • Mencegah Kanker Prostat dan Kanker Paru-Paru

  • Manfaat lainnya dari konsumsi vitamin K ini adalah dapat mencegah penyakit kanker prostat dan kanker paru-paru. Tidak hanya baik untuk aliran darah saja, vitamin K ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

    Orang yang selalu menjaga pola hidupnya dengan rutin mengkonsumsi vitamin ini dari makanan seperti sayuran hijau, maka mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk mengidap penyakit kanker, jika ini kita bandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi sumber makanan yang memiliki vitamin K.

  • Memperlancar Aliran Darah dan Mencegah Arterosklerosis

  • Terdapat manfaat vitamin K yang tak kalah pentingnya. Dengan konsumsi vitamin K, maka dapat menjaga kalsium tetap berada dalam tulang.

    Peran dan fungsi vitamin K, terutama vitamin K2 sangatlah penting dalam mengatur agar kalsium tidak hanya menetap di pembuluh darah. Apabila kalsium ini menumpuk dalam pembuluh darah, maka dapat menyebabkan arterosklerosis.

    Arterosklerosis ini adalah salah satu jenis penyakit penebalan dan penyempitan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi vitamin K ini, dapat membantu mengalirkan kalsium dari darah menuju ke tulang.

    Sehingga vitamin K ini tidak hanya membantu menguatkan tulang saja. Akan tetapi, vitamin K ini juga dapat mengatasi sumbatan kalsium dalam alirah darah. Selain itu, juga dapat mencegah terjadinya arterosklerosis.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

  • Manfaat lainnya yang dapat kita rasakan ketika konsumsi vitamin K ini, maka jantung kita akan lebih sehat. Pasalnya, salah satu peran penting vitamin K adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

    Penyakit jantung pada dasarnya, dapat terjadi karena aliran darah yang tidak lancar. Terutama pada bagian pembuluh darah sekitar jantung.

    Bukan hanya karena lemak, aliran darah juga dapat tersumbat karena timbunan kalsium. Maka dari itulah, vitamin K ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membawa kalsium. Tentunya dengan tujuan agar tidak terjadi penumpukan dalam pembuluh darah.

Dosis Vitamin K

Agar manfaat vitamin K ini dapat kita rasakan dengan baik, maka dalam konsumsi vitamin K, ada baiknya untuk memperhatikan dosis dan aturan penggunaannya. Jangan sampai kita mengkonsumsinya dalam dosis yang berlebihan, karena akan menimbulkan efek samping.

Dosis vitamin K ini tergantung dengan usia maupun kondisi pasien. Pada pasien berusia remaja dan dewasa, kemudian mengalami gangguan pembekuan darah maka dosis vitamin K sebanyak 2,5 hingga 25 mg.

Meskipun demikian, dosis tersebut dapat kita tingkatkan hingga mencapai 25-50 mg. Kemudian kita ulangi pemberiannya 12 sampai dengan 48 jam berikutnya.

Kemudian, untuk mencegah terjadinya perdarahan karena kekurangan vitamin K, terutama pada bayi yang baru saja lahir, maka akan mendapatkan suntikan vitamin K ini. Dosis yang diberikan akan disesuaikan dengan berat badan dan juga kondisi bayi.

Selain itu, suntikan dilakukan hanya dalam pengawasan dokter. Tentu saja dengan tujuan untuk menjaga keamanan yang lebih maksimal.

Kebutuhan Harian Konsumsi Vitamin K Bagi Anak-Anak

Usia Kebutuhan (mcg/hari)
0-6 bulan 2
7-12 bulan 2,5
1-3 tahun 30
4-8 tahun 55
9-13 tahun 60
14-18 tahun 75

Kebutuhan Harian Konsumsi Vitamin K Bagi Orang Dewasa

Usia Kebutuhan (mcg/hari)
Pria usia 19 tahun ke atas 120
Wanita dengan usia 19 tahun ke atas 90
Wanita hamil dan menyusui (dengan usia di bawah 19 tahun) 75
Wanita hamil dan menyusui (dengan usia 19-50 tahun) 90

Efek Samping Vitamin K

Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, tidak menutup kemungkinan vitamin K ini juga akan memberikan efek samping. Efek samping ini terjadi ketika kita konsumsi vitamin K dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin E, Intip Manfaat, Dosis Beserta Efek Sampingnya!

Efek samping yang mungkin saja terjadi setelah mengkonsumsi vitamin K yaitu pusing, berkeringat, hingga terjadinya perubahan pada indera pengecap. Bahkan efek samping lainnya juga dapat berdampak pada kulit yang terasa merah.

Terutama kulit pada bagian leher dan juga wajah. Selain itu, efek samping yang mungkin saja terjadi karena kelebihan vitamin K ini tubuh terasa panas atau kesemutan.

Efek samping yang tak kalah berbahayanya pun juga dapat terjadi. Seperti halnya bibir membiru, sulit untuk bernafas, terasa ingin pingsan, dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk rasa aman terhadap keselamatan kita, jika mengalami pusing, kantuk, maupun reaksi efek samping setelah mengkonsumsi vitamin K ini disarankan untuk tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat lainnya. Pasalnya, ini sangatlah berbahaya bagi keselamatan kita.

Itulah tadi pembahasan kita mengenai vitamin K. Mulai dari penjelasannya, manfaat, sumber makanan yang mengandung vitamin K, dosis paling tepat, hingga efek sampingnya. Dengan informasi ini, maka kita telah mengetahui betapa pentingnya untuk konsumsi vitamin K.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.