Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin C Beserta Manfaatnya yang Dapat Anda Konsumsi

Sumber vitamin C penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap dalam kondisi prima. Dengan konsumsi vitamin C, bahkan termasuk antioksidan akan sangat berguna dalam menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya serangan penyakit kanker, jantung, dan juga penuaan dini.

Sumber Vitamin C Beserta Manfaatnya yang Dapat Anda Konsumsi

Selain hal tersebut, vitamin C dapat memelihara serta menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat. Bahkan, jenis vitamin ini dapat membantu dalam produksi kolagen serta penyerapan zat besi oleh tubuh.

Sumber Vitamin C

Walaupun vitamin C ini termasuk ke dalam jenis vitamin yang penting, akan tetapi tubuh manusia sayangnya tidak bisa memproduksinya sendiri. Sehingga, tubuh harus memperoleh asupan dari luar untuk jenis vitamin C ini, seperti sayuran dan buah-buahan.

Jika pada orang dengan kondisi sehat, kebutuhan asupan vitamin ini rata-rata adalah sekitar 75-90 mg setiap harinya. Lalu, untuk anak-anak dengan usia 4 sampai 8 tahun memerlukan asupan sekitar 25 mg per harinya.

Sementara itu, untuk usia 14 hingga 18 tahun, memerlukan asupan 65-75 mg per harinya. Kemudian, untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan asupan tersebut, maka terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin C yang dapat anda konsumsi.

Jenis Makanan dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan, berupa buah-buahan serta sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Jambu Biji

Dalam satu buah jambu biji, akan terdapat kandungan sebanyak 126 mg yang dapat mencukupi kebutuhan harian sekitar 140 persen.

Buah ini sudah terbukti kaya akan kandungan antioksidan dengan likopen tinggi yang dapat memiliki potensi sebagai pencegah atau memperlambat dari pertumbuhan sel kanker.

Kemudian, konsumsi jambu biji dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga sangat penting untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

Kiwi

Sumber vitamin C berikutnya adalah buah kiwi. Dalam tiap satu buah kiwi dapat memenuhi sekitar 71 mg vitamin C atau sekitar 79 persen dari kebutuhan asupan vitamin untuk tubuh. Konsumsi vitamin ini dapat mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah serta penyakit stroke.

Blackcurrants

Dalam satu cangkir blackcurrant akan memperoleh manfaat kandungan vitamin C sebanyak 101 mg. Buah kiwi juga dapat memenuhi kebutuhan rata-rata tubuh sekitar 112 persen. Selain itu, buah ini mengandung flavonoid antioksidan yaitu anthocyanin.

Oleh karena kandungan zat inilah, warna buah ini menjadi gelap. Proses diet yang tinggi akan antioksidan misalnya vitamin C dan juga anthocyanin bisa mengurangi rusaknya oksidatif yang berkaitan dengan berbagai penyakit kronis.

Lemon

Untuk kandungan vitamin C dalam satu buah lemon menyediakan sekitar 83 mg dan mampu memenuhi asupan kebutuhan rata-rata harian tubuh sebesar 92 persen. Bahkan, vitamin C dalam jus lemon berguna penting sebagai antioksidan.

Leci

Leci adalah salah satu sumber vitamin C yang penting untuk tubuh. Dalam satu buah leci, memiliki kandungan 7 mg vitamin C dan mencukupi kebutuhan sekitar 7,5 persen akan vitamin C.

Jika anda mengkonsumsi sekitar satu cangkir leci, maka akan memenuhi kecukupan nutrisi vitamin ini sekitar 151 persen. Vitamin C pada leci akan membantu tubuh dalam melakukan sintesis kolagen serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

Pepaya

Dalam 145 gram atau satu cangkir buah pepaya akan menyediakan vitamin C sebanyak 87 serta mencukupi 97 persen kebutuhan harian.

Dengan meningkatkan daya tahan tahan tubuh, vitamin C mampu menjaga kesehatan tanpa mudah terserang penyakit. Selain itu, juga akan membantu daya ingat serta sebagai antiinflamasi yang cukup kuat untuk otak.

Bayam Sawi

Dalam satu cangkir sawi yang masih mentah tersedia kandungan vitamin C sekitar 195 mg. Kemudian, juga dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C ini sekitar 217 persen.

Meskipun bayam sawi yang telah dimasak telah mengalami penurunan kadar kandungannya, namun sayuran ini masih mencukupi kebutuhan sekitar 117 mg dari vitamin C.

Stroberi

Dalam satu cangkir buah stroberi, akan mencukupi 99 persen kebutuhan harian vitamin C untuk per 152 gramnya. Kemudian, juga akan menyediakan kandungan vitamin C sebanyak 89 mg.

Lalu, jenis buah sumber vitamin C ini juga mengandung beberapa zat gizi lainnya yang penting untuk menjaga kesehatan, seperti folat, mangan, flavonoid, serta antioksidan. Kandungan antioksidan inilah yang akan mencegah penyakit kronis seperti kanker, demensia, penyakit pembuluh darah, serta diabetes.

Paprika Kuning

Untuk jenis sayuran ini, terdapat kandungan vitamin C yang terus meningkat seiring dengan bertambah tuanya umur sayuran ini. Dalam 75 gram atau satu cangkir paprika kuning, bisa memberikan tubuh sekitar 137 mg kebutuhan vitamin C.

Selain itu, dalam asupan sebanyak itu mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C sekitar 152 persen. Jumlah tersebut dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan sumber vitamin C pada paprika hijau. Dengan demikian, tubuh akan mampu menjaga kesehatan mata serta mencegah terjadinya katarak.

Cabai

Dalam satu buah cabai hijau berukuran besar, akan mencukupi kebutuhan vitamin C sekitar 109 mg. Bahkan, mampu memberikan kecukupan kebutuhan harian akan vitamin C sekitar 121 persen.

Sementara itu, dalam kandungan vitamin C cabai merah terdapat sekitar 65 mg dan mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak 72 persen.

Baca Juga: Berbagai Sumber Vitamin A yang Penting bagi Kesehatan Tubuh

Selain menjadi sumber vitamin C, cabai juga mengandung capsaicin yang dapat mengurangi rasa sakit dan radang. Kemudian, terdapat bukti jika dalam satu sendok bubuk cabai akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.