Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Sumber Vitamin A yang Penting bagi Kesehatan Tubuh

Sumber vitamin A bukan hanya untuk kesehatan mata saja, melainkan untuk keseluruhan kesehatan fungsi tubuh. Vitamin ini merupakan termasuk ke dalam vitamin yang larut dalam lemak.

Berbagai Sumber Vitamin A yang Penting bagi Kesehatan Tubuh

Kemudian, perannya dalam tubuh juga sangat penting, seperti untuk imunitas tubuh, kesehatan reproduksi, kesehatan kulit, pertumbuhan tubuh, serta memelihara fungsi penglihatan.

Manfaat yang banyak ini dapat anda peroleh dari berbagai sumber makanan alami yang menyehatkan. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen tambahan.

Sumber Vitamin A

Kebutuhan vitamin A pada setiap orang berbeda-beda. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh usia, faktor resiko, serta jenis kelamin. Perbedaan tersebut biasanya akan mempengaruhi dosis yang perlu dikonsumsi untuk masing-masing orang.

Karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi dengan sendirinya atas kebutuhan asupan vitamin A, maka kita harus memperoleh asupannya dari luar. Misalkan, kita harus memenuhinya dari berbagai makanan serta minuman yang memiliki kandungan vitamin A ini.

Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin A

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi vitamin A yang tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Hati Sapi

Salah satu sumber vitamin A yang memiliki kandungan tinggi adalah hati sapi. Hal ini karena sama seperti di tubuh manusia, hati hewan memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Tiap porsi (3 ons) dari hati sapi akan mengandung sekitar 6.582 mikrogram jenis vitamin A. Selain itu, daging organ ini juga terdiri atas beberapa nutrisi lain, seperti protein, vitamin B2, serta vitamin B12.

Bahkan hati sapi juga terkandung tembaga, zat besi, kolin, dan folat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain hati sapi, anda juga dapat memperoleh manfaatnya pada hati domba serta sosis hati.

Ubi Jalar

Salah satu macam tanaman umbi-umbian ini mencukupi kebutuhan vitamin A dalam tubuh manusia sekitar 1,403 mikrogram per satu buah ubi utuh yang telah dipanggang.

Bentuk senyawa beta karoten dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker prostat serta kanker pada usus besar.

Disamping itu, sumber vitamin A ini juga bebas dari kandungan lemak serta rendah kalori. Kemudian juga mengandung serat, indeks glikemik rendah yang dapat mendukung dalam mengontrol gula darah.

Minyak Hati Ikan Kod

Hati minyak ikan kod adalah salah satu sumber makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A. Tiap satu sendok minyak hati ikan kod terdapat kandungan vitamin A sebanyak 4.080 mikrogram.

Selain itu, juga terdapat kandungan nutrisi lain seperti asam lemak omega 3 dalam perannya melindungi jantung, melawan radang, serta mencegah depresi. Kemudian, minyak ini juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat penting.

Fungsinya untuk memperkuat daya tahan tubuh atas serangan penyakit, menguatkan tulang, dan berperan dalam melindungi diri terkena depresi.

Wortel

Sumber vitamin A selanjutnya adalah wortel. Kandungan nutrisi salah satu sayuran sehat ini adalah senyawa beta karoten. Lalu, kandungan vitamin A dalam satu cangkir wortel mentah sekitar 459 mikrogram.

Anda dapat memperoleh manfaat nutrisi ini sebagai camilan yang menyehatkan bersama dengan kacang arab, karena hanya terdiri atas 26 kalori per porsinya. Makanan yang kaya akan kandungan serat ini dapat mencegah sembelit serta meningkatkan kesehatan organ usus.

Kacang Polong

Selain memiliki serta tinggi serta sebagai sumber protein nabati, kacang polong rebus juga mengandung vitamin A sebanyak 66 mikrogram. Kemudian, kandungan lain adalah zat besi yang dapat mengurangi resiko serangan penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, serta penyakit diabetes tipe 2.

Bayam

Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi, dapat mengkonsumsi bayam untuk menurunkan tekanan darah tersebut. Selain itu, juga dapat meningkatkan kesehatan pada organ jantung.

Salah satu sumber vitamin A ini termasuk ke dalam jenis sayuran berdaun hijau yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah nutrisi vitamin A. Dalam setengah cangkir bayam yang telah anda rebus, akan mencukupi vitamin A sebanyak 573 mirogram.

Untuk porsi tersebut, anda juga akan memperoleh manfaat 17 persen pemenuhan kebutuhan harian untuk nutrisi zat besi serta 20 persen magnesium. Sehingga, bayam akan membantu tubuh untuk tetap menjadi sehat dan tetap terjaga.

Brokoli

Makanan sumber vitamin A selanjutnya adalah brokoli. Untuk porsi setengah cangkir brokoli, dapat menyediakan asupan nutrisi sekitar 60 mikrogram vitamin A. Kalori yang terkandung dalam sayuran hijau ini adalah 27 kalori yang juga menjadi sumber vitamin K dan vitamin C.

Paprika Merah

Jenis bahan makanan ini menyediakan sekitar 117 mikrogram nutrisi Vitamin A untuk setengah cangkirnya. Kemudian, dalam porsi tersebut akan memenuhi kalori sekitar 19 kalori, kaya folat, vitamin B6, dan juga vitamin C. Nutrisi vitamin A ini juga merupakan kaya akan antioksidan (capsaicin) dan sebagai anti inflamasi serta antihistamin (quercetin).

Kebutuhan asupan sumber vitamin A tentu harus anda perhatikan dengan baik. Kesehatan tubuh yang terjaga akan memberikan dampak positif untuk semua kegiatan kita sehari-hari.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.