Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin E yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat berbagai jenis makanan sebagai sumber vitamin E yang dapat anda konsumsi setiap harinya. Vitamin E terdapat dalam berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan makanan lainnya.

Sumber Vitamin E yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Setiap makanan tersebut memiliki jumlah kandungan vitamin E yang berbeda-beda. Sehingga untuk mendapatkan vitamin E yang cukup bagi tubuh kita, makanan yang kita konsumsi harus beragam.

Sumber Vitamin E

Sumber vitamin ini sangat mudah untuk anda temukan. Berikut ini adalah daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin E.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan vitamin E sebesar 41, 4 mg.

Sehingga dengan kita mengkonsumsi bayam, maka tubuh akan mendapatkan asupan vitamin E harian dalam jumlah cukup. Bukan hanya vitamin E saja, bayam juga memiliki kandungan zat antioksidan seperti karotenoid dan flavonoid. Zat antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Biji Labu

Sumber vitamin E lainnya adalah biji labu. Biji labu ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

Selain itu, juga memiliki kandungan antioksidan karoten. Kedua nutrisi ini sangat bermanfaat dalam menjaga sel-sel dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, biji labu ini juga memiliki kandungan magnesium, minyak sehat, dan nutrisi lainnya. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang.

Paprika

Kandungan vitamin E ini juga dapat kita temukan dalam paprika. Paprika merupakan jenis sayuran yang memberikan kurang lebih 10 persen dari jumlah kebutuhan vitamin E harian bagi tubuh kita.

Vitamin E yang terkandung dalam paprika ini memiliki sifat antioksidan. Sehingga sangat efektif untuk mencegah terjadinya radikal bebas.

Tidak hanya vitamin E saja, paprika juga mengandung zeaxantin dan beta karoten. Paprika juga berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung.

Dengan selalu rutin mengkonsumsi paprika, maka tubuh kita dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 atau diabetes melitus. Selain itu, juga berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi kesehatan mata dari risiko penyakit katarak maupun kerusakan retina.

Kacang Almond

Sumber vitamin E juga dapat berasal dari kacang-kacangan. Salah satunya adalah kacang almond.

Kacang almond ini mempunyai kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Sebesar 6,78 mg vitamin E bisa kita dapatkan dari satu ons kacang almond yang dipanggang kering.

Kandungan vitamin E-nya ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga dengan mengkonsumsi kacang almond kita dapat melindungi kesehatan tubuh dari kerusakan oksidatif.

Bukan hanya itu saja, vitamin E yang terdapat di dalam kacang almond ini juga dapat menjaga lemak tubuh yang membawa kolesterol melalui saluran atau aliran darah.

Alpukat

Salah satu jenis buah yang sering kali kita jadikan jus ini juga kaya akan vitamin E-nya yaitu sebesar 21 persen dari total kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalamnya. Berkat kandungan vitamin E dalam alpukat ini memberikan banyak sekali bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan kulit dan tulang. Selain vitamin E, alpukat juga memiliki kandungan zat antiinflamasi pitosterol atau beta sirosterol stigmasterol, dan juga zat antioksidan karotenoid.

Alpukat juga memiliki kandungan asam lemak omega 3. Sehingga buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kiwi

Kiwi juga merupakan salah satu sumber vitamin E yang penting untuk kita konsumsi. Jumlah kandungan vitamin E dalam kiwi ini sangatlah tinggi.

Vitamin E ini dapat kita sebut sebagai tokoferol. Berfungsi sebagai salah satu senyawa antioksidan yang kaya akan manfaat bagi tubuh kita.

Kandungan vitamin E ini dapat memberikan perlindungan kesehatan kulit dari kerusakan karena terpapar sinar matahari. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin E dalam alpukat juga dapat mencegah terjadinya berbagai masalah maupun gangguan kulit lainnya.

Tomat

Tomat ialah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin E. Vitamin E dalam tomat ini mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Antara lain seperti jaga kesehatan kulit hingga mencegah munculnya penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan juga jantung. Selain itu, tomat juga dinilai sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah.

Bahkan dapat mencegah terjadinya gumpalan dalam darah. Tomat adalah buah yang dapat berperan sebagai fitonutrisi dan juga antioksidan. Sehingga mampu menangkal terjadinya radikal bebas.

Mangga

Mangga juga menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin E dalam jumlah tinggi. Setiap satu cangkir buah mangga memiliki kandungan vitamin E sebesar 1,5 mg.

Tidak hanya vitamin E saja, mangga juga memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin C, dan serat. Kandungan nutrisi lainnya seperti mineral dan juga antioksidan.

Vitamin E yang terkandung di dalam mangga ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan rambut, melancarkan pencernaan, hingga mencegah terjadinya kanker.

Baca Juga: Jenis Makanan Sebagai Sumber Vitamin D yang Baik untuk Kesehatan

Itulah tadi sumber vitamin E yang dapat anda konsumsi. Jangan lupa untuk menambahkannya ke dalam menu makanan anda.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.