Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin K pada Makanan Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Sumber vitamin K berasal dari banyak makanan yang menyehatkan. Vitamin K ini larut dalam lemak pada tubuh seseorang. Makanan yang mengandung vitamin K sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Sumber Vitamin K pada Makanan Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Sebab vitamin K mampu mencegah terjadinya pendarahan yang parah ketika mengalami luka. Tak heran jika vitamin K ini merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan vitamin ini bisa terkena risiko terserang osteoporosis serta penyakit jantung.

Tak hanya itu, saat tubuh mengalami memar dan luka akan sulit sembuh. Sebagai orang yang peduli akan kesehatan harus selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Sumber Vitamin K pada Makanan

Mungkin banyak orang yang belum mengenal vitamin K. Berbeda dengan jenis vitamin lainnya yang mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya. Sayuran berdaun hijau memiliki jumlah kandungan vitamin K yang tinggi:

Berikut adalah beberapa sayuran yang bergizi dan sebagai sumber dari vitamin K:

Bayam

Contoh makanan atau sayuran yang mengandung vitamin K adalah bayam. Kandungannya sebanyak 444 mcg per setengah gelas. Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi.

Kandungan nutrisi pada bayam antara lain adalah vitamin A, B, dan E. Bayam juga mengandung magnesium, folat, dan zat besi. Pada setengah cangkir bayam yang sudah matang mengandung lebih banyak vitamin K. Mengonsumsi satu porsi bayam mentah juga sudah cukup untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh.

Bayam juga memiliki senyawa yang baik untuk kesehatan, misalnya lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Ternyata, bayam bisa mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan mata. Bisa juga melawan kanker dan mengatur tekanan darah manusia.

Brokoli

Sumber vitamin K juga bisa berasal dari brokoli. Selain itu, brokoli juga dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan. Vitamin K pada brokoli ini sebanyak 110 mcg per setengah gelas.

Brokoli juga mengandung mineral termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, serta vitamin C. Lebih aman lagi karena brokoli merupakan sayuran yang tidak mengandung karbohidrat. Tetapi sayuran ini memiliki kandungan serat yang bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko terkena penyakit yang berbahaya.

Daun Bawang

Siapa sangka sayuran yang satu ini juga kaya akan vitamin K. Daun bawang memiliki tekstur dan rasa yang menyegarkan. Biasanya daun bawang digunakan sebagai campuran masakan seperti sup.

Selain itu, daun bawang ini juga menyimpan banyak manfaat. Daun bawang bisa mencegah ketebalan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Ternyata, daun bawang juga bisa menjaga agar pembuluh darah tetap sehat.

Kale

Kandungan vitamin K pada kale sebanyak 565 mcg per setengah gelas. Tak heran jika kale merupakan sumber vitamin K yang tinggi. Tak hanya itu saja, kale juga mengandung kalsium, kalium, dan folat.

Kale memiliki banyak peran dalam menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya adalah mampu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Kale memiliki kandungan antioksidan termasuk quercetin dan kaempferol.

Sawi Hijau

Kemudian ada sayuran sawi hijau yang juga kaya akan vitamin K. Mengonsumsi sawi hijau dengan porsi yang cukup mampu memenuhi nutrisi dan vitamin harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih cara memasak sawi hijau ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kandungan yang ada pada sawi hijau ada vitamin A, K, karoten, bahan antioksidan, dan flavonoid. Memasak sawi hijau jangan terlalu matang sebab bisa mengurangi kandungan nutrisi yang ada.

Kacang Mete

Berikutnya ada makanan sebagai sumber vitamin K, yaitu kacang mete. Dalam 30 gram kacang mete mengandung 10 mikrogram vitamin K. Banyaknya kandungan ini sudah cukup dengan kebutuhan tubuh yang sudah memenuhi sekitar 20%.

Kacang mete juga sudah memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa diantara nutrisi yang ada pada kacang mete adalah protein, kalsium, magnesium, serat, dan folat.

Minyak Nabati

Beralih ke minyak nabati yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Minyak nabati kerap disebut sebagai minyak yang sehat. Ternyata dibalik semua ini, minyak kelapa mengandung vitamin K yang berlimpah.

Minyak nabati juga dipercaya sebagai penurun kadar kolesterol yang bisa dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Salah satu minyak nabati yang paling terkenal adalah kanola. Satu sendok makan minyak ini sudah mendapatkan 10 mikrogram vitamin K.

Jumlah Ideal Konsumsi Vitamin K

Setelah mengetahui sumber vitamin K, saatnya beralih ke jumlah konsumsi yang pas. Jumlah konsumsi dan kebutuhan vitamin K tubuh seseorang itu berbeda-beda. Rata-rata kebutuhan vitamin K dalam seharinya adalah 55 mcg per hari.

Mengonsumsi vitamin K secara berlebihan tidak akan memberikan efek samping apapun. Setelah seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, perhatikan batas waktu yang tepat. Akan lebih baik jika dipastikan mengonsumsinya tidak setiap hari.

Usahakan memenuhi kebutuhan vitamin seseorang dengan selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K. Asal hal ini diimbangi dengan kebutuhan nutrisi lainnya.

Itulah beberapa sumber vitamin K pada beberapa makanan. Hal ini tentunya sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, manfaat vitamin K juga sangat banyak.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.