Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Vitamin B2 pada Makanan dan Minuman Sehari-hari

Sumber vitamin B2 atau riboflavin sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sebab riboflavin ini secara tidak langsung berguna untuk menjalankan fungsi sel secara normal.

Sumber Vitamin B2 pada Makanan dan  Minuman Sehari-har

Tak hanya itu saja riboflavin juga berfungsi untuk perkembangan kulit, pencernaan, fungsi otak, dan lain sebagainya.

Manfaat Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B2

Riboflavin mampu bekerja untuk mengubah karbohidrat menjadi sebuah adenosine triphosphate. Hal ini merupakan sumber energi otot pada tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan dari makanan yang mengandung banyak vitamin B2.

Apalagi riboflavin sangat baik untuk metabolisme tubuh. Tak heran banyak orang yang memilih makanan yang mengandung riboflavin untuk menjalankan serangkaian proses diet. Hal ini tentu akan sangat mudah mencapai target dari badan yang ideal.

Kekurangan riboflavin bisa menyebabkan keretakan atau warna bibir merah. Bisa juga menyebabkan sakit tenggorokan dan timbul rasa terbakar. Terkadang mata juga terasa gatal hingga anemia.

Berikut adalah makanan yang mengandung sumber vitamin B2:

Biji Wijen

Makanan pertama yang merupakan sumber dari riboflavin adalah biji wijen. Kandungan dalam 100 gram biji wijen memiliki 27 persen riboflavin. Selain itu biji wijen juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Jamur

Berikutnya ada jamur yang juga kaya akan riboflavin. Kandungan pada 100 gram jamur memiliki riboflavin sebanyak 0,31 mcg. Jamur memiliki manfaat untuk mencegah naiknya kolesterol, antibakteri, antitumor, dan lain sebagainya.

Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi jamur sebagai pengobatan. Tetapi juga harus memperhatikan seberapa banyak jumlah konsumsinya. Sebab terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Bayam

Sumber vitamin B2 berikutnya adalah bayam. Kandungan riboflavin dalam 100 gram bayam adalah 0,189 mcg. Tak hanya riboflavin saja, tetapi bayam juga mengandung vitamin K.

Manfaatnya bagi tubuh manusia adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Khususnya mencegah penuaan dini. Bayam juga dipercaya mampu membuat kulit tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Susu

Tak hanya makanan saja yang mengandung sumber vitamin B2. Minuman susu ini juga mengandung riboflavin yang bermanfaat bagi tubuh. Khususnya dalam hal ini adalah susu sapi dan susu kedelai.

Kandungan riboflavin pada 250 ml susu kedelai adalah 0,1 mcg. Walaupun rasa susu sapi dan susu kedelai ini berbeda, nyatanya susu kedelai mampu menggeser peran susu sapi. Tak heran jika banyak produsen susu kedelai yang laris di pasaran.

Telur

Ternyata telur juga merupakan makanan yang menyehatkan. Telur mengandung riboflavin yang bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya itu telur juga merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Jadi, tak heran jika sumber vitamin B2 ini mudah didapatkan. Sedikit demi sedikit sudah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh manusia. Sehingga tidak kesulitan lagi untuk mencari makanan yang menyehatkan.

Hati

Berikutnya ada hati yang juga mengandung riboflavin. Hati yang dimaksud adalah ayam, sapi atau kambing. Walaupun memiliki manfaat yang bagi kesehatan, tidak baik mengonsumsi hati dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan riboflavin pada hati sebanyak 100 gram adalah 4,6 mcg. Hati tidak boleh menjadi makanan sehari-hari karena mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Alangkah lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit yang berasal dari konsumsi hati berlebih.

Keju

Makanan berikutnya yang mengandung sumber vitamin B2 adalah keju. Kandungan riboflavin pada makanan yang merupakan olahan susu ini adalah 0,163 mcg. Hal ini tergantung dari jenis keju yang dikonsumsi.

Keju memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah membantu pembentukan tulang dan gigi. keju juga bisa meredakan stres dan insomnia.

Ikan

Banyak jenis ikan yang mengandung riboflavin. Misalnya adalah ikan kembung yang memiliki kandungan riboflavin sebanyak 0,54 mcg dalam 100 gram takaran. Ada juga ikan salmon yang mengandung riboflavin dalam jumlah yang cukup banyak.

Mentega

Ternyata mentega merupakan sumber vitamin B2 yang baik bagi kesehatan. Mentega kemasan akan menampilkan jumlah kandungan riboflavin dalam jumlah persen. Mentega mampu membantu menambah lemak tak jenuh tunggal pada tubuh.

Brokoli

Masuk ke makanan yang berupa sayuran. Brokoli merupakan makanan yang mengandung riboflavin dalam jumlah yang cukup. Manfaat dari brokoli ini mampu membantu menjaga kesehatan saraf pada manusia.

Tomat

Berikutnya ada tomat yang juga mengandung vitamin B2. Tomat merupakan sayuran yang mudah didapatkan. Tak heran jika dalam mengonsumsi tomat dalam jumlah yang cukup mampu membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Tomat sebagai sumber vitamin B2 ini biasa terdapat pada makanan-makanan yang lezat. Sehingga banyak orang yang mengonsumsi tomat secara tidak langsung. Karena mereka juga mengonsumsi makanan yang lezat tersebut.

Kacang Almond

Terakhir ada kacang almond yang menyimpan banyak vitamin B2. Dalam 100 gram kacang almond mengandung 1,01 mcg riboflavin. Hal ini memungkinkan dengan mengkonsumsi kacang almond untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu saja, kacang almond mampu mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan tulang dan menjaga kecantikan. Kacang almond zaman sekarang banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan coklat.

Baca Juga: Sumber Vitamin B1 yang Menyehatkan Tubuh

Itulah sumber vitamin B2 yang ada pada makanan dan minuman. Rata-rata mampu menjaga kesehatan organ dalam seperti penyakit jantung.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.