Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Grand Spa

Sehat dengan Terapi Pijat yang Tepat, Ini Jenis Massage dan Manfaatnya!

Sehat dengan Terapi Pijat yang Tepat

Terapi pijat adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang banyak dipergunakan untuk meredakan gejala penyakit tertentu. Terapi bukan hanya bisa memberi efek relaksasi, namun juga efektif untuk mengatasi stres serta meredakan nyeri.

Pijat sendiri merupakan aktivitas menekan, menggosok, serta menggerakkan area kulit, tendon, otot, sampai ke bagian ligamen dengan menggunakan metode atau teknik tertentu. Terapi pijat ini bisa Anda temukan di berbagai tempat, mulai dari salon, spa, sampai jsa terapis pijat tradisional yang dapat Anda panggil ke rumah.

Sehat Dengan Terapi Pijat yang Tepat

Di Indonesia sendiri, massage atau terapi pijat merupakan salah satu pengobatan alternatif yang cukup diminati masyarakat. Popularitasnya juga bukan tanpa alasan. Sejumlah riset yang ada hingga saat ini sudah membuktikan bahwa terapi pijat tergolong cukup efektif dalam membantu meredakan gejala dari suatu masalah kesehatan.

Manfaat utama dari terapi pijat umumnya untuk menjadikan tubuh yang terasa kaku lebih rileks. Pijatan juga bisa memicu pelepasan hormon endorfin, sehingga dapat meredakan stres. Disamping itu, terdapat berbagai macam manfaat lain yang dapat Anda rasakan dengan melakukan terapi pijat yang benar secara rutin. Berikut ini di antaranya:

  • Bisa mengurangi ketegangan serta nyeri otot.
  • Mampu menstimulasi sistem imunitas (kekebalan tubuh).
  • Meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.
  • Bisa mengurangi hormon stres.
  • Dapat memelihara keseimbangan tekanan darah.
  • Membantu dalam memulihkan cedera.
  • Meningkatkan fleksibilitas sendi.
  • Mampu mengurangi rasa cemas dan depresi.

Macam-macam Terapi Pijat

Terdapat berbagai jenis terapi pijat lain yang perlu Anda ketahui selain pijat urut yang mungkin sudah terbiasa Anda rasakan. Siapa tahu, salah satu jenis terapi pijat ini dapat membantu Anda untuk meringankan atau mengobati permasalahan kesehatan yang tengah dialami.

Tetapi  perlu Anda perhatikan juga bahwa terapi pijat hendaknya tidak Anda jadikan sebagai pengganti dari perawatan medis, ya. Anda harus lebih dulu berkonsultasi dengan dokter apakah Anda boleh melakukan terapi pijat apabila mempunyai penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Nah, berikut ini kami sajikan berbagai jenis pijat beserta manfaatnya untuk kesehatan.

Hot Stone Massage (Pijat Batu Panas)

Jenis terapi pijat batu panas ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mengalami nyeri otot hebat di sekujur tubuh. Suhu panas batu bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah serta merelaksasi otot.

Ternyata batu panas ini bukan hanya ditempelkan di bagian tubuh yang nyeri saja. Sebab, terapisnya juga akan memijat tubuh Anda sembari menggenggam batu panas itu. Sehingga, suhu panasnya bakal menjalar ke seluruh tubuh Anda dengan maksimal.

Untuk Anda yang hendak melakukan pijat ini, tetapi memiliki diabetes, penyakit jantung, hipertensi, atau varises, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan kondisi kesehatan Anda.

Pijat Swedia

Nah, untuk Anda yang baru pertama kali hendak mencoba terapi pijat atau mengalami nyeri tubuh yang ringan, maka pijat Swedia cocok bagi Anda. Jenis terapi pijat asal Swedia tersebut dilakukan memakai metode memijat panjang gerakan melingkar, getaran, hingga menekan sendi serta semua bagian tubuh.

Pijat Swedia merupakan jenis pijat paling populer yang bermanfaat dalam membantu mengendurkan otot-otot tubuh Anda yang tegang serta mempercepat pemulihan saat mengalami cedera.

Pijat Aromaterapi

Sesuai dengan namanya, terapi pijat ini memakai minyak beraroma atau kerap disebut minyak esensial untuk dibalurkan ke tubuh selama pemijatan. Penggunaan minyak esensial ini bisa menjadikan tubuh semakin rileks, bahkan dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Selain dibalurkan ke tubuh, Anda bisa menghirup minyak wangi esensial menggunakan bantuan diffuser yang biasanya tersedia di dalam ruangan pijat atau spa. Biasanya jenis pijat aromaterapi memerlukan waktu 60-90 menit per sesinya.

Deep Tissue Massage (Pijat Jaringan Dalam

Ketimbang pijat Swedia, pijat jaringan dalam cenderung memakai lebih banyak tekanan pada tubuh. Itulah sebabnya, mengapa jenis terapi pijat ini sangat cocok untuk Anda yang tengah mengalami masalah otot kronis. seperti cedera, nyeri otot, carpal tunnel syndrome, osteoporosis, sampai masalh postur tubuh.

Metode pemijatan akan dilakukan secara perlahan serta lebih dalam sampai menyentuh lapisan otot terdalam dan jaringan ikat. Jangan khawatir, cara ini termasuk aman dan tidak akan membuat Anda merasa kesakitan ketika proses pemijatan.

Pijat Shiatsu

Berbeda dengan jenis pijat yang lainnya, pengerjaan terapi pijat Shiatsu ini dengan memakai jari jemari, tangan, atau siku untuk memijat. Tujuan melakukan cara tersebut yaitu untuk menstimulasi titik-titik akupresur tubuh agar aliran energi meningkat dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Jenis terapi pijat ini dipercaya bisa membantu mengurangi stres serta melindungi Anda dari berbagai macam masalah kesehatan. Seperti insomnia, nyeri punggung dan leher, arthritis, sinus, dan sakit pinggul. Anda bahkan tidak perlu melepas baju selama pemijatan Shiatsu.

Pijat Thai

Jenis pijat Thai ini merupakan perpaduan unik antara terapi pijat dan yoga untuk memberi tekanan di sepanjang garis energi tubuh Anda. Selama proses pijat Thai, Anda bakal melakukan berbagai posisi pijat bareng sang terapis.

Kemungkinan Anda bakal diminta untuk duduk, miring ke kiri atau kanan, membungkuk, membusungkan dada, serta posisi peregangan yang lainnya selama proses pemijatan.Ya, cara tersebut bisa mengurangi otot yang kaku dan nyeri punggung. 

Pijat Prenatal

Ibu hamil tidak ada larangan melakukan terapi pijat, dengan catatan hanya boleh diaplikasikan oleh terapis khusus yang memiliki lisensi pijat prenatal, ya. Pijat prenatal ini bisa membantu untuk meringankan nyeri tubuh, kaki bengkak, ketegangan otot, sehingga mengurangi stres pada saat hamil.

Pemberian tekannya pun cenderung lembut hampir mirip pijat Swedia, sehingga Anda tak perlu khawatir dan takut hal tersebut bakal membahayakan kondisi bayi Anda. Biasanya, sang terapis akan fokus pada pinggul, punggung bawah, serta kaki yang kerap pegal-pegal ketika hamil.

Pijat Refleksi

Jenis terapi pijat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan pijat, tetapi cenderung gampang kegelian atau sensitif ketika bagian tubuh tertentu Anda tersentuh orang lain. Untuk pijat refleksi lebih terfokus pada tangan dan kaki saja, tidak sampai semua bagian tubuh.

Tangan dan kaki merupakan 2 bagian tubuh yang punya titik-titik akupresur terhubung dengan bagian atau organ tubuh lainnya. Dengan menekan pada satu titik saja di tangan atau kaki, maka sistem saraf Anda bakal memproduksi hormon endorfin (hormon kebahagiaan). Dengan begitu, Anda pun akan merasakan lebih rileks sekaligus tidak lagi merasa sakit di tubuh.

Sport Massage (Pijat Olahraga)

Untuk Anda yang kerap mengalami cedera sesudah berolahraga, jenis terapi pijat ini cocok bagi Anda. Jenis pijat ini tentunya bisa membantu Anda dalam mengatasi cedera berulang serta mempercepat proses pemulihannya. 

Disamping itu, Anda pun bisa memanfaatkan terapi pijat olahraga untuk meningkatkan fleksibilitas dan uga daya tahan tubuh ketika berolahraga. Rasa nyaman yang diberikan bakal menjadikan Anda terhindar dari stres, kecemasan, serta ketegangan otot.

Namun, Anda perlu menghindari pijat jika tengah mengkonsumsi obat pengencer darah, sedang mengalami gangguan pembekuan darah, atau punya luka di kulit. Selain itu, Anda juga harus melakukan terapi pijat secara benar dan dengan orang yang tepat supaya Anda bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Walaupun begitu, jika rasa sakit serta gangguan kesehatan yang lain masih berlanjut, lekas hubungi dokter guna penanganan lebih lanjut.

GRAND SPA
GRAND SPA Grand Spa hanya memiliki website ini, jika ada pihak yang mengatasnamakan grand spa panggilan maka bisa di pastikan bukanlah seorang profesional dan sudah melakukan pelanggaran hak cipta tanpa izin yang resmi.