Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Konsumsi Vitamin B5, Dosis dan Efek Samping

Konsumsi vitamin B5 sangatlah penting bagi kesehatan kita. Vitamin B5 juga sering kita sebut sebagai asam pantotenat, yakni merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjalankan proses metabolisme dalam tubuh.

Manfaat Konsumsi Vitamin B5, Dosis dan Efek Samping

Selain itu, juga berperan penting dalam proses pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein. Pada dasarnya, vitamin B5 ini merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga tubuh tidak mampu untuk menyimpannya.

Konsumsi Vitamin B5 dari Sumber Makanannya

Umumnya, jenis vitamin yang satu ini terdapat dalam berbagai macam sumber makanan. Mulai dari sumber makanan hewani (berasal dari hewan) dan juga sumber makanan nabati (berasal dari tumbuhan).

Jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin B5 tinggi antara lain kubis, ubi, brokoli, dan sereal gandum. Namun, untuk sumber makanan lainnya seperti kacang polong, daging, daging unggas, kacang-kacangan, produk susu, telur, hingga aneka jamur.

Saat ini terdapat beberapa suplemen yang sudah mengandung vitamin B5 ini. Hanya dengan mengkonsumsi suplemen ini, maka bisa membantu mengatasi kekurangan jumlah vitamin B5 dalam tubuh.

Suplemen yang mengandung vitamin B5 antara lain sebagai berikut calcium pantothenate, dexpanthenol, dan juga D-pantothenic acid.

Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kita selalu rutin mengkonsumsi vitamin ini, maka memberikan efek positif bagi tubuh. Vitamin B5 ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah hingga mampu mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat vitamin B5 yang wajib untuk anda ketahui:

  1. Menutrisi dan menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut
  2. Melancarkan dan menyehatkan proses pencernaan
  3. Mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh yang berfungsi untuk membawa oksigen
  4. Dapat menjaga fungsi dan kinerja sistem saraf dan hati dengan baik.

Berawal dari manfaat inilah, dengan konsumsi vitamin B5 maka kita bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Terutama jika vitamin ini kita konsumsi dengan cara yang baik dan tepat.

Vitamin B5 tidak hanya bermanfaat untuk asupan vitamin dalam tubuh saja, akan tetapi juga dapat kita gunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kecanduan alkohol

  • Depresi dan gangguan ADHD

  • Autisme

  • Infeksi Jamur

  • Konjungtivitas

  • Kejang

  • Sistitis

  • Gangguan jantung

  • Ketombe, kebotakan, hingga rambut beruban

  • Gangguan pernapasan seperti asma

  • Hiperaktif

  • Gula darah rendah

  • Sakit kepala

  • Mengingatkan kinerja atletik

  • Nyeri saraf diabetes

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

  • Pertumbuhan terbelakang

  • Neurotoksisitas streptomisin

  • Keracunan Salisilat

  • Herpes zoster

  • Sindrom kelelahan kronis

  • Merangsang kelenjar adrena

  • Gangguan kulit

  • Tekanan darah rendah dan kondisi kesehatan lainnya

  • Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

  • Manfaat lainnya dengan konsumsi vitamin B5 ini adalah dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Vitamin ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen.

    Selain itu, juga dapat meregenerasi sel kulit pada wajah dengan sangat baik. Maka dari itulah, kita tidak perlu heran apabila vitamin B5 ini bisa mengenyalkan tekstur kulit kita.

    Bukan hanya itu saja, jenis vitamin ini juga mampu untuk membantu dalam menjaga kelembaban kulit, dengan cara mengunci kadar air di dalamnya. Sehingga, keremajaan kulit dapat terpelihara dengan baik.

    Vitamin B5 juga bisa meningkatkan produksi glutathione yang mampu bekerja sebagai salah satu anti oksidan. Dengan demikian, dapat memberikan perlindungan pada kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Seperti halnya garis-garis halus, maupun kerutan yang terjadi karena paparan sinar matahari, polusi, maupun kulit yang stress.

  • Mampu Meredakan Kulit Iritasi

  • Salah satu manfaat penting lainnya dari konsumsi vitamin B5 ini adalah mampu meredakan kulit iritasi. Vitamin B5 memiliki kemampuan untuk menenangkan dan juga meredakan kulit yang mengalami iritasi serta mengalami luka.

    Vitamin B5 atau pantothenic acid sangat efektif dalam berperan sebagai anti inflamasi untuk bisa mengurangi iritasi hingga berbagai macam masalah kulit lainnya. Selain itu, vitamin B5 ini juga dapat berperan penting dalam membantu kesembuhan luka dengan cara tingkatkan kemampuan sel kulit yang memiliki peran dalam membentuk jaringan baru usai terjadinya luka tersebut.

    Ketika kulit kita mengalami iritasi maupun luka, maka vitamin B5 atau pantohenic acid ini akan bekerja dengan meningkatkan pembentukan keratinocytes. Keratinocytes ini sangat berperan penting dalam menjaga dan memberikan perlindungan fungsi kulit sebagai pelindung tubuh.

Dosis

Manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi vitamin ini tentu saja dipengaruhi oleh dosis atau pemenuhan vitamin B5 dalam tubuh. Dosis antara orang dewasa dengan anak-anak tentu saja sangat berbeda. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk anda.

Dosis Vitamin B5 atau Asam Pantotenat untuk Orang Dewasa

Dosis yang kita gunakan untuk orang dewasa sangatlah bervariasi. Anda perlu memastikan ketika mengkonsumsi vitamin ini harus dengan dosis yang benar dan sesuai berdasarkan kondisinya, misalnya saja:

  1. Wanita dan laki-laki dewasa membutuhkan 5 miligram (mg)
  2. Ibu hamil membutuhkan 6 miligram (mg)
  3. Wanita menyusui membutuhkan 7 miligram (mg)

Dosis Vitamin B5 atau Asam Pantotenat untuk Anak-Anak

Tak jauh berbeda dengan dosis pada orang dewasa, pada anak-anak juga sangat bervariasi. Akan tetapi, disesuaikan dengan batasan usianya.

Jika anda berikan untuk anak-anak, maka pastikan agar sesuai dengan usia mereka. Hal ini kita lakukan untuk menghindari risiko atau efek samping.

  1. Bayi usia 0 sampai 6 bulan membutuhkan 1.7 miligram (mg)
  2. Bayi usia 7 sampai 12 bulan membutuhkan 1.8 miligram (mg)
  3. Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun membutuhkan 2 miligram (mg)
  4. Anak-anak usia 4 sampai 8 tahun membutuhkan 3 miligram (mg)
  5. Lalu anak-anak usia 9 sampai 13 tahun membutuhkan 4 miligram (mg)

Efek Samping dari Konsumsi Vitamin B5 Secara Berlebihan

Jenis vitamin ini cenderung sangat aman dan tidak menimbulkan bahaya bila kita minum sesuai dengan aturan penggunaannya, yakni kurang lebih 5 miligram bagi orang dewasa. Bahkan, ketika anda meningkatkan dosis vitamin ini hingga mencapai 10 mg, masih dalam kisaran yang aman bagi sebagian orang.

Akan tetapi, apabila anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang melebihi dosis yang dianjurkan, maka dapat meningkatkan risiko maupun efek samping seperti diare. Seperti yang kita ketahui, seluruh vitamin pastinya mempunyai efek samping, akan tetapi hanya efek samping yang ringan.

Apabila kita mengkonsumsinya dalam dosis yang kecil, bagi sebagian besar orang maka tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Namun terdapat kemungkinan akan mengalami alergi.

Alergi yang dapat terjadi akibat mengkonsumsi vitamin ini antara lain seperti pembengkakan mulut, wajah, bibir, lidah, munculnya ruam, dan juga gatal-gatal. Efek samping yang paling parah seperti kesulitan dalam bernapas hingga mengalami sesak dada.

Apabila efek samping berat ini sudah anda alami, maka segeralah untuk menghubungi dokter agar tidak semakin parah. Efek samping yang anda rasakan pun juga dapat ditangani dengan baik.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin B3 Niacin - Manfaat, Dosis, Efek Samping

Itulah tadi penjelasan mengenai segudang manfaat konsumsi vitamin B5, dosis, hingga efek sampingnya. Mengingat vitamin yang satu ini sangat penting, maka jangan lupa untuk mengkonsumsinya dengan dosis yang tepat agar tidak mengalami efek samping yang membahayakan.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.