Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vitamin yang Larut dalam Lemak, Jenis, Manfaat, dan Sumbernya

Vitamin yang larut dalam lemak tentu saja berbeda dengan vitamin yang larut dalam air. Akan tetapi, keduanya juga memiliki persamaan, yaitu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Vitamin Yang Larut Dalam Lemak

Vitamin larut lemak ini merupakan salah satu jenis vitamin yang diproses bersamaan dengan lemak. Setelah vitamin ini masuk ke dalam sistem pencernaan, maka vitamin-vitamin ini akan melalui sistem limfatik.

Sedangkan untuk sistem limfatik sendiri merupakan suatu sistem sirkulasi sekunder yang memiliki fungsi untuk mengalirkan limfa maupun getah bening dalam tubuh.

Macam-macam Vitamin yang Larut dalam Lemak

Terdapat beberapa jenis vitamin yang dapat kita golongkan sebagai vitamin larut lemak. Setiap jenis vitamin memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Begitu pula dengan sumber untuk mendapatkannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis vitamin larut lemak yang harus kita ketahui.

Vitamin A

Vitamin A yakni salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita, terutama untuk menjaga penglihatan agar tetap jernih.

Sebenarnya, vitamin A ini bukanlah senyawa tunggal. Akan tetapi, merupakan sekelompok senyawa yang kita kenal dengan sebutan retinoid.

Vitamin A memiliki bentuk yang sangat umum, yakni retinol. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin ini juga mencegah penurunan kualitas pengelihatan yang disebabkan karena usia.

Fungsi lainnya adalah mampu melindungi kesehatan mata kita dan juga menurunkan risiko kanker. Bukan hanya itu saja, dengan kita cukup mengkonsumsi sumber vitamin A, maka bisa memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.

Dengan demikian, kita tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Bahkan vitamin A ini juga memiliki fungsi untuk menjaga kecantikan kulit wajah kita, karena dapat mengurangi risiko berjerawat.

Fungsi lainnya dari vitamin A, mampu meningkatkan kesuburan, kesehatan reproduksi, dan juga mendukung kesehatan tulang. Apabila tubuh kita kekurangan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air, maka dapat berisiko terserang berbagai macam penyakit.

Seperti halnya kelainan bawaan atau abetalipoproteinemia, tiroid yang terlalu aktif, diabetes, demam, dan penyakit lainnya. Agar kita tidak kekurangan vitamin A ini, ada beberapa sumber makanan yang dapat kita konsumsi. Seperti halnya telur, susu, daging, hati mentega, margarin, minyak ikan, ikan, buah, dan juga sayuran.

Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin larut lemak lainnya. Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin ini dalam jumlah yang cukup.

Terutama untuk mencukupi kebutuhan fosfor, kalsium, dan mineral dalam tubuh. Fungsi lainnya dari vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga struktur tulang yang baik.

Penting untuk kita ketahui bersama bahwa sebesar 80% sampai dengan 90% vitamin D kita dapatkan dari paparan sinar matahari. Itulah mengapa, berjemur saat pagi hari sangat penting.

Dengan kita rutin mengkonsumsi vitamin D, maka akan mendapatkan manfaatnya yang besar seperti mengatasi penyakit kulit, mencegah penyakit berbahaya, mengobati kerusakan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai salah satu vitamin yang larut dalam lemak, vitamin D ini tersimpan dalam tubuh. Setelah itu, tubuh lepaskan ketika sinar matahari hilang.

Itulah mengapa orang yang kekurangan vitamin D adalah mereka yang tidak memperoleh sinar matahari dalam jumlah yang cukup. Selain dari sinar matahari, terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin D ini.

Antara lain, seperti mackerel, tuna, sarden, ikan herring, dan jenis makanan lainnya. Namun, jika anda ingin mendapatkan vitamin D dengan jumlah yang lebih banyak lagi, bisa mengkonsumsi produk olahan susu, sereal, dan juga jus.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang sangat penting, terutama dalam melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas ini tentu saja sangat berbahaya karena dapat berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh.

Dimana ini dapat memicu peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker dan juga penyakit serius lainnya. Dengan kita memperoleh vitamin E dalam jumlah yang cukup, dapat mencegah terjadinya kerusakan itu.

Bukan hanya itu saja, vitamin E juga dapat membantu dalam melancarkan sistem pembuluh darah. Fungsi lainnya adalah mencegah penggumpalan darah yang berbahaya.

Terutama yang dapat menyebabkan serangan jantung maupun stroke. Sebagai salah satu vitamin yang larut dalam lemak, tubuh kita tidak boleh sampai kekurangan jenis vitamin ini.

Pasalnya, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan terjadinya kelainan genetik tertentu. Selain itu, juga dapat menyebabkan bayi prematur atau lahir dengan bobot tubuh yang rendah.

Untuk dapat menghindari gangguan kesehatan tersebut, maka kita harus mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang cukup. Sumber makanan yang dapat kita konsumsi antara lain seperti sayuran, daging, telur, sereal, unggas, buah-buahan, dan juga minyak biji gandum.

Maka dari itulah, semakin kita banyak mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut, maka akan semakin banyak pula cadangan vitamin dalam tubuh. Terutama yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Vitamin K

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin K, terutama untuk menghasilkan protrombin. Selain itu, juga dapat menghasilkan sebuah protein dan faktor pembekuan yang penting dalam proses metabolisme tulang dan pembekuan darah.

Bukan hanya itu saja, vitamin K ini juga kaya akan manfaat. Salah satunya adalah untuk mengobati masalah pendarahan.

Vitamin K berfungsi untuk mengatasi dan mengobati pendarahan yang disebabkan oleh beberapa jenis obat-obatan. Tak terkecuali dengan kina, sulfonamida, salisilat, antibiotik, atau quinidin.

Manfaat lainnya adalah sangat baik untuk kesehatan kulit. Saat ini banyak orang yang menggunakan vitamin K pada kulit untuk menghilangkan luka bakar, stretch mark, bekas luka, memar, dan juga spider veins.

Selain itu, salah satu vitamin yang larut dalam lemak ini juga dapat mempercepat penyembuhan kulit. Terutama untuk mengurangi bengkak dan juga memar.

Gangguan kesehatan lainnya yang dapat kita cegah dan obati dengan mengkonsumsi vitamin ini adalah tulang lemah atau osteoporosis. Bukan hanya itu saja, melainkan juga dapat meredakan gatal yang sering terjadi ketika mengidap penyakit hati atau sering kita sebut sebagai sirosis empedu.

Pada dasarnya, kekurangan vitamin K ini sangat jarang terjadi. Dalam kasus yang parah, hal tersebut membuat proses pembekuan darah menjadi lebih lama.

Sehingga dapat berakibat penderita akan mengalami pendarahan secara berlebihan. Agar kita selalu dalam keadaan sehat tanpa kekurangan vitamin K, anda dapat mengkonsumsi beberapa sumber makanan.

Seperti halnya sayuran hijau, kembang kol, natto, atau kedelai yang sudah difermentasi, kale, sawi, dan brokoli. Sumber makanan ini sangat mudah untuk anda dapatkan.

Pada dasarnya, semua jenis vitamin itu sangat baik untuk tubuh kita. Akan tetapi, hanya vitamin yang larut lemaklah yang tubuh simpan dalam waktu lama.

Itulah tadi informasi yang sangat penting bagi kita terkait vitamin yang larut dalam lemak. Mulai dari jenis, manfaat, dampak akibat kekurangannya, hingga sumber makanan yang dapat kita konsumsi untuk mendapatkan vitamin-vitamin tersebut.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.