Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Vitamin Beserta Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak macam-macam vitamin yang bisa kita konsumsi setiap harinya. Vitamin ini bisa kita dapatkan dari berbagai sumber makanan.

Macam-Macam Vitamin Beserta Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti berbagai macam buah maupun sayuran. Vitamin-vitamin ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengobati dan mencegah penyakit hingga menjaga tubuh agar tetap sehat.

Macam-Macam Jenis Vitamin dan Fungsinya

Pada dasarnya, vitamin ini merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia yang tidak bisa digantikan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua membutuhkan vitamin ini.

Vitamin merupakan sebuah zat senyawa yang kompleks. Memiliki peranan untuk membantu dan juga pengaturan maupun proses kegiatan tubuh.

Tidak hanya manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa menjalankan aktifitas hidup tanpa adanya vitamin ini. Bahkan, kekurangan vitamin bisa membuat tubuh memiliki peluang untuk terserang penyakit.

Mengingat ada banyak jenis vitamin yang bisa kita dapatkan, berikut ini adalah macam-macam vitamin beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata kita. Selain itu, juga dapat membantu mata untuk melihat dalam kondisi cahaya yang redup.

Bahkan juga berfungsi agar mata dapat membedakan warna benda. Tidak hanya berperan penting untuk kesehatan mata saja, tetapi vitamin A juga dapat memelihara kesehatan kulit.

Sedangkan fungsi lainnya adalah dapat membantu memperkuat sistem imun, sehingga mampu melawan infeksi dengan baik. Hati-hati ketika tubuh kekurangan vitamin A karena dapat menyebabkan penyakit rabun senja.

Penderita rabun senja akan merasa kesulitan saat melihat di malam hari atau dalam kondisi cahaya yang redup. Bukan hanya itu saja, kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan keratomalasia yakni kornea mata yang mengalami kekeringan.

Vitamin B

Macam-macam vitamin berikutnya yakni vitamin B. Vitamin B ini terbagi menjadi delapan, antara lain adalah sebagai berikut:

Vitamin B1

Vitamin B1 dapat juga kita sebut sebagai Tiamin. Selain itu, mempunyai fungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi bentuk energi. Dapat menjaga kesehatan kulit dan juga sangat penting untuk menjaga sistem saraf dan fungsi jantung.

Itulah mengapa, ketika kita kekurangan vitamin B1, dapat mengalami berbagai penyakit. Seperti halnya penyakit beri-beri, kulit kering, daya tahan tubuh menurun, kurang nafsu makan, kulit bersisik, hingga sembelit.

Untuk mencegah kekurangan vitamin B1 ini, kita dapat mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Misalnya saja susu, tori, kacang kedelai, daging tanpa lemak, kacang hijau, ayam, gandum, ikan, dan jenis makanan lainnya.

Vitamin B2

Jika kita berbicara mengenai macam-macam vitamin, maka akan menemukan vitamin B2 atau bisa kita sebut sebagai Riboflavin. Vitamin B2 ini mempunyai fungsi untuk membantu tubuh kita menghasilkan energi yang berasal dari makanan.

Selain itu, juga dapat membantu sel tubuh membakar lemak. Manfaat lainnya seperti menjaga kesehatan kulit dan membantu pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin B2 akan mengalami berbagai macam penyakit. Misalnya seperti mulut kering, bibir pecah-pecah, daya tahan tubuh menurun, hingga penyakit ariboflavinosis.

Kita bisa mendapatkan vitamin B2 ini dari beberapa sumber makanan. Seperti daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, pisang, kacang hijau, susu, dan jenis makanan lainnya.

Vitamin B3

Macam-macam vitamin selanjutnya adalah vitamin B3 atau Niacin. Vitamin ini berfungsi untuk membantu sistem saraf, membantu sel-sel tubuh, mengubah makanan menjadi energi, dan lain sebagainya.

Ketika kita kekurangan vitamin B3 ini, maka dapat mengalami berbagai macam penyakit seperti mual-mual badan lemas, insomnia, dan jenis penyakit lainnya.

Vitamin B5

Vitamin B5 atau panotothenic acid berfungsi untuk membantu pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak. Selain itu, juga mampu memproduksi senyawa asam lemak, neurotransmiter, sterol, hingga hormon tubuh.

Penyakit yang bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B5 seperti otot mudah kram, sulit tidur, hingga terserang penyakit paresthesia. Untuk dapat memenuhi kebutuhan B5, bisa mengkonsumsi daging, avokado, brokoli, dan jenis sayuran lainnya.

Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan salah satu macam-macam vitamin yang dapat kita sebut sebagai pyridoxine. Berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi maupun gusi.

Selain itu, juga sangat penting untuk sel-sel darah merah, memproduksi antibodi, dan sistem saraf. Saat tubuh kekurangan vitamin B6, maka akan rentan terserang penyakit anemia, maupun gangguan sistem saraf.

Untuk mendapatkan vitamin B6 ini, kita dapat secara rutin mengkonsumsi sayur-sayuran, kacang-kacangan, pisang, maupun daging.

Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin memiliki fungsi untuk membantu reaksi biokimia pada tubuh. Seperti halnya transfer karbondioksida dan juga metabolisme karbohidrat maupun lemak.

Akibat kekurangan vitamin B7 dapat terserang depresi, anemia, kerontokan rambut, dermatitis, dan lain sebagainya. Vitamin ini dapat kita peroleh dari pisang, kacang-kacangan, daging, kuning telur, dan gandum.

Vitamin B9

Macam-macam vitamin lainnya adalah vitamin B9 atau folic acid, berfungsi untuk mencegah kecacatan pada janin. Fungsi lainnya adalah untuk membantu tubuh dalam proses metabolisme protein yang berlangsung.

Kekurangan vitamin B9 dapat mengalami kecacatan pada janin. Sumber makanan yang mengandung B9 antara lain seperti biji bunga matahari, bayam, jeruk, telur, hati, kentang, dan lain sebagainya.

Vitamin B12

Sementara untuk vitamin B12 atau cyanobalamin memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah penyakit anemia. Selain itu, juga berperan penting untuk pertumbuhan anak.

Kekurangan vitamin B12 ini dapat menyebabkan penyakit anemia hingga cepat lelah. Kita bisa mendapatkan vitamin B12 dengan mengkonsumsi hati, telur, ikan, susu, dan daging.

Vitamin C

Salah satu macam-macam vitamin adalah vitamin C. Vitamin C ini dapat kita sebut sebagai ascorbic acid yang mana dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kalogen.

Kolagen adalah salah satu serat protein yang memiliki peran untuk menjaga kekenyalan kulit. Selain itu, juga dapat membantu menyembuhkan luka serta memperkuat pembuluh darah.

Bukan hanya itu saja, vitamin C juga memiliki peran dalam memproduksi norepinefrin maupun serotonin. Ini merupakan zat kimia otak atau neurotransmitter yang memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal antar saraf.

Tubuh yang kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan mengalami gusi berdarah, gangguan sistem saraf, anemia, penurunan massa otot, hingga membuat luka untuk sulit sembuh dan juga rentan terhadap infeksi.

Vitamin D

Vitamin D memiliki fungsi untuk membantu tubuh kita menyerap kalsium yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Terutama pada usia anak-anak.

Fungsi lainnya vitamin D ini juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Ketika tubuh kekurangan vitamin D, dapat mengalami rakitis, pelunakan tulang atau osteomalacia, hingga rentan terhadap infeksi.

Vitamin E

Macam-macam vitamin berikutnya adalah vitamin E. Vitamin E ini merupakan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh, terutama untuk memberikan perlindungan sel-sel dari adanya kerusakan.

Vitamin E mempunyai fungsi untuk memperkuat sistem imun dan memperlambat penuaan. Fungsi lainnya yaitu mampu membantu pembentukan sel darah merah dan mengurangi risiko penyakit katarak hingga radang sendi.

Ketika tubuh kekurangan vitamin E, maka dapat menyebabkan anemia hemolitik. Meskipun jenis gangguan kesehatan ini jarang terjadi.

Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses pembekuan darah. Selain itu, juga mampu menjaga kekuatan tulang.

Tubuh yang kekurangan vitamin K bisa membuat kita berisiko mengalami patah tulang. Sebagai salah satu macam-macam vitamin yang sangat penting, kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan pendarahan.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.