Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Menjalankan Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Panduan Lengkap Menjalankan Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Apabila anda menginginkan menjadi orang produktif, penting bagi anda untuk menerapkan hidup sehat. Hal tersebut tentu dapat menjadikan tubuh selalu prima dan bugar.

Apalagi pada masa sekarang ini, pandemi yang terus menyerang kepada pelaku hidup yang tidak sehat dan semakin mengancam pada hal-hal yang lebih serius. Sehingga, menjaga kesehatan bukan lagi menjadi hal yang perlu dikompromikan.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Perlu kita ketahui, pengertian pola hidup sehat adalah sebuah upaya gaya hidup yang memperhatikan semua aspek tentang kondisi kesehatan.

Baik makanan, minuman, asupan nutrisi, dan juga perilaku sehari-hari. Hal tersebut tentunya dapat menjadikan tubuh terhindar dari penyakit, mulai dari penyakit ringan maupun penyakit kronis.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat tentunya memiliki banyak manfaat. Seperti terhindar dari berbagai macam penyakit, memiliki banyak energi untuk melakukan segala aktivitas, menjadi lebih produktif, menjaga berat badan stabil, dan memiliki pola hidup yang lebih teratur.

Selain itu, juga dapat menjaga kesehatan mental, memiliki sikap dan perilaku yang lebih positif, mempercantik kulit, meningkatkan rasa percaya diri, dan juga mampu menikmati hidup dengan lebih optimal. Sehingga, penting sekali menjaga gaya hidup yang lebih sehat demi memperoleh berbagai manfaat tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pola hidup yang lebih sehat, seperti kebersihan diri, meliputi kebersihan kulit, rambut, kuku, dan semua bagian tubuh.

Lalu, juga faktor pola makanan dan minuman yang sehat, seperti makanan yang mengandung gizi seimbang dan serat yang cukup. Kemudian juga harus diimbangi dengan jumlah yang cukup, minum air putih 8 gelas tiap hari, makanan segar, cara memasak yang benar serta menyehatkan.

Sehingga, hal-hal tersebut dapat menjadi faktor yang mempengaruhi pola hidup yang sehat setiap harinya.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Banyak hal yang dapat kita lakukan demi menjaga kesehatan tubuh untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Pola hidup yang kita jalankan tentu dengan cara yang menyehatkan, sehingga akan diperoleh manfaat yang baik. Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang dapat kita terapkan setiap hari, antara lain adalah:

1. Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Menjalankan hidup dengan gaya yang lebih sehat memiliki manfaat yakni membuat tubuh menjadi lebih sehat dan awet muda. Caranya adalah dengan perbanyak konsumsi buah-buahan, rajin dan teratur mengikuti yoga, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi teh hijau.

Teh hijau dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Sehingga akan menjadikan tubuh semakin sehat. Selain itu, cara membuat tubuh lebih awet muda adalah dengan lebih menghargai diri sendiri, sedapat mungkin hindari hal-hal yang dapat mengakibatkan stres, batasi konsumsi garam, serta penuhi kebutuhan tubuh akan cairan.

Cairan dapat dengan mudah anda penuhi dengan minum air putih sekitar 7-8 gelas per hari. Dengan demikian, anda akan memiliki tubuh yang sehat dan menjadi lebih awet muda jika menerapkan hal-hal tersebut di atas.

2. Hidup Sehat Selama Pandemi

Seperti yang telah kita ketahui jika saat ini (ditahun 2020) pandemi dari wabah Corona masih menjangkit di semua negara, termasuk Indonesia. Terdapat beberapa hal yang dapat mencegah penularan virus sehingga wabah tersebut dapat segera diatasi.

Lantas kita sebagai masyarakat sebaiknya menjaga kesehatan agar dapat terhindar dan juga mengurangi penyebaran virus tersebut. Caranya adalah menerapkan hidup yang lebih sehat, seperti menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan menjadi salah satu hal yang wajib kita lakukan saat masa pandemi sekarang ini. Cara yang mudah dalam menjaga kebersihan adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, menyemprotkan secara rutin barang-barang yang sering tersentuh dengan memakai desinfektan.

Selain itu, anda dapat menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang lebih menyehatkan. Lengkapi gizi yang seimbang yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, anda akan tidak mudah terserang penyakit.

3. Makanan yang Sehat untuk Tubuh

Untuk menjaga pola hidup sehat perlu didukung dengan asupan makanan yang menyehatkan pula. Dengan demikian, anda dapat memilih jenis makanan yang baik untuk anda konsumsi, nantinya akan terjaga pola hidup yang lebih sehat dan juga menjadi lebih bugar.

Makan tersebut meliputi sayuran hijau atau sayuran dengan daun hijau. Sayuran tersebut mengandung banyak vitamin, mulai dari vitamin A hingga vitamin K. Kemudian, anda juga perlu menjaga asupan buah-buahan yang memang kaya akan nutrisi.

Selanjutnya, anda juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan asupan daging dan juga telur. Pilihlah daging yang tanpa lemak, karena daging tanpa lemak merupakan jenis makanan berprotein tinggi dan zat besi yang cukup tinggi.

Begitu pula dengan telur, selain sebagai protein yang baik, telur juga mengandung antioksidan. Dengan demikian, akan membantu tubuh menangkal radikal bebas. Jangan lupa beri tubuh dan asupan kacang-kacangan serta biji-bijian.

Ikan serta makanan laut lain mengandung omega 3 yang merupakan asam lemak yang baik. Selain itu, ikan juga mengandung yodium yang berguna bagi tubuh. Berikutnya, hidup yang sehat tak lengkap jika tidak mengkonsumsi susu sebagai pelengkap.

Susu memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting, seperti mineral, vitamin, protein hewani, dan juga lemak yang sehat. Setelah anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan konsumsi makanan yang baik, maka tubuh akan terhindar dari serangan penyakit.

4. Olahraga Ringan di Rumah

Menjaga pola hidup sehat tak serta merta hanya dengan menjaga asupan makan saja. Akan lebih menyehatkan jika rutin melakukan olahraga ringan. Tak harus pergi ke tempat kebugaran yang notabene memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Anda dapat melakukan workout di rumah anda sendiri. Setiap pagi atau sore hari, anda dapat jalan kaki atau jogging selama 30 menit.

Lalu, anda juga dapat melakukan meditasi atau yoga agar terbebas dari beban pikiran yang menjadikan stress. Jika tubuh dan pikiran terdapat sinkronisasi, maka pola hidup dapat anda terapkan dengan mudah.

5. Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat memang diperlukan banyak perilaku baik yang nantinya akan akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh kita. Salah satunya dengan mengatur posisi tidur kita.

Posisi tidur dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti tidur terlentang merupakan satu posisi yang baik bagi tubuh. Karena posisi ini adalah posisi dimana tubuh memungkinkan berbaring dalam posisi alami.

Dengan demikian, tidak akan ada tekanan yang dapat mengganggu area-area pada tubuh. Jadi, dengan mengatur hidup sehat melalui posisi tidur merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Baik itu tidur terlentang, menyamping, atau meringkuk.

Posisi meringkuk masih termasuk ke dalam kategori posisi yang menguntungkan, karena dapat mengurangi dengkuran dan juga melepaskan tekanan pada punggung.

Akan tetapi, posisi meringkuk bukan merupakan posisi yang ideal untuk kesehatan. Karena dapat membuat tubuh terasa kaku pada pagi harinya.

Kemudian, posisi selanjutnya adalah tengkurap. Ini adalah posisi tidur yang paling tidak ideal karena akan menimbulkan masalah punggung dan juga leher tidak nyaman, yakni dapat mengakibatkan nyeri. Sehingga, dengan mengatur posisi tidur juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Membiasakan Hidup Sehat

Proses dalam memperoleh tubuh yang sehat juga dapat dengan cara kebiasaan. Kebiasaan inilah yang nantinya akan memiliki pengaruh yang besar terhadap pola hidup yang kita jalankan. Karena pola hidup yang sudah menjadi kebiasaan, maka akan mudah menjalankannya.

Namun, terkadang untuk menjadikannya sebuah kebiasaan perlu niat yang kuat sejak awal. Kebiasaan hidup yang sehat dapat kita lakukan dengan berbagai cara, seperti minum air putih yang cukup setiap hari sekitar 7-8 gelas.

Lalu, juga dengan membiasakan jam tidur yang cukup dan teratur setiap harinya. Kemudian, juga melakukan olahraga ringan yang berdasarkan hobi dan bukan paksaan. Kebiasaan hidup sehat selanjutnya adalah makan lebih banyak buah dan juga sayuran. Dengan mencukupi nutrisi, maka dapat terjaga pula kondisi kesehatan tubuh kita.

ADMIN GRAND SPA
ADMIN GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.