Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vitamin yang Larut Dalam Air

Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ada 13 jenis. Dalam 13 jenis vitamin tersebut, terbagi menjadi 2, yakni vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak mencangkup vitamin A, D, E, serta K. Sementara 9 vitamin sisanya larut dalam air.

Vitamin yang Larut Dalam Air

Ini Dia Vitamin yang Larut Dalam Air

Baik itu vitamin yang larut dalam lemak dan air, kedua jenis vitamin ini sama-sama menyehatkan tubuh. Bagi anda yang ingin lebih mengenal apa saja vitamin yang larut dalam air, anda simak saja ulasan berikut ini.

Vitamin B1

Vitamin yang satu ini juga dikenal dengan sebutan tiamin. Jenis vitamin B1 ini bisa dengan mudah ditemukan pada sereal gandum, biji-bijian, dan hati. Hanya dengan konsumsi makanan tersebut, maka kebutuhan tubuh akan vitamin B1 bisa terpenuhi secara baik tanpa perlu suplemen tambahan.

Mengenai manfaatnya, vitamin B1 berperan penting dalam sistem metabolisme. Pasalnya, tiamin ini berperan penting sebagai koenzim. Dimana koenzim ini bisa menghasilkan energi karena mengubah nutrisi.

Vitamin B2

Vitamin yang larut dalam air selanjutnya yaitu riboflavin atau vitamin B2. Tak berbeda jauh dengan vitamin B1, riboflavin juga bermanfaat dalam sistem metabolisme. Selain mengubah nutrisi sehingga menjadi energi, vitamin B2 juga bisa mengubah triptofan hingga akhirnya menjadi vitamin B3.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin B2 ini pun cukup mudah. Pasalnya, ada banyak sumber vitaminnya. Mulai dari kacang polong, kacang almond, telur, daging, dan produk susu.

Vitamin B3

Vitamin yang juga dikenal dengan niasin ini mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tak hanya itu saja, vitamin B3 ini juga ampuh dalam meningkatkan kesehatan sistem saraf dan sel kulit, menurunkan kadar LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Perihal sumbernya, vitamin yang larut dalam air ini terkandung dalam telur, daging ayam dan sapi, roti, ikan tuna dan salmon, hati, susu, asparagus, ragi, brokoli, dan alpukat.

Vitamin B5

Sumber vitamin B5 atau yang juga disebut panthotenic acid tak kalah beragam. Vitamin ini bisa anda dapatkan dari biji bunga matahari, hati, dan sayuran akar. Mulai dari wortel, kentang, dan gandum utuh.

Dengan konsumsi sumber vitamin B5 tersebut, maka anda akan merasakan segudang manfaatnya. Adapun salah satunya yaitu membantu proses pembentukan koenzim A. Perlu untuk anda pahami bahwa koenzim A ini sangat dibutuhkan dalam sintesis asam lemak, hormon steroid, asam amino, hingga neurotransmiter.

Vitamin B6

Vitamin yang satu ini juga mampu berperan sebagai koenzim. Namun anda juga perlu tahu bahwa fungsinya tak hanya itu saja. Vitamin ini juga memiliki peranan penting dalam membentuk sel darah putih yang tubuh perlukan.

Melihat manfaatnya tersebut, tentu sayang jika tak mengonsumsinya. Adapun sumber vitamin B6 diantaranya yaitu ikan salmon dan kacang pistachio. Pastikan anda konsumsi secukupnya agar tak kekurangan vitamin B6.

Vitamin B7

Jenis vitamin yang larut dalam air ini juga dikenal dengan biotin, vitamin B8, dan vitamin H. Vitamin B7 ini bisa anda dapat dari daging, kuning telur, jamur, kembang kol, dan kacang-kacangan.

Manfaat konsumsi vitamin B7 ini sendiri seperti membantu proses pembentukan glukosa, sintesis lemak, dan metabolisme asam amino. Jangan sampai tubuh kekurangan vitamin B7 karena bisa menyebabkan kejang, kehilangan koordinasi otot, hingga keterbelakangan mental.

Vitamin B9

Dengan sebutan lain asam folat, vitamin B9 ini terkandung dalam sejumlah makanan. Sebut saja brokoli, bayam, kol, kubis, alpukat, pisang, pepaya, jeruk, biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan kentang.

Dengan konsumsi asam folat, maka manfaat yang akan anda peroleh yaitu melancarkan pembentukan sel darah merah. Dengan demikian, anda bisa terhindar dari masalah anemia.

Vitamin B12

Vitamin yang larut dalam air ini tak kalah penting untuk anda ketahui dan konsumsi. Hal ini dikarenakan kekurangan vitamin B12 atau yang juga dikenal dengan cobalamin ini cukup berbahaya. Mulai dari anemia hingga gangguan fungsi neurologi.

Tentu anda tak ingin mengalami hal tersebut bukan? Oleh karena itu, konsumsi sumber vitamin B12 ini. Seperti halnya telur, seafood, produk olahan susu, dan daging merah. Dengan mengonsumsinya secara cukup, anda tak hanya bisa terhindar dari resiko kekurangan vitamin B12. Akan tetapi, juga mendapat manfaat terkait perkembangan otak, peningkatan energi, dan pembentukan sel darah merah.

Vitamin C

Vitamin yang satu ini ampuh dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bidang kesehatan, vitamin C bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan tetap bugar dan fit karena terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Lalu untuk segi kecantikan, vitamin C ini dimanfaatkan tubuh untuk membentuk kolagen. Kolagen ini bisa menjaga kecantikan kulit. Melihat manfaatnya tersebut, tentu akan terasa menguntungkan apabila mengonsumsinya.

Dalam hal ini, anda bisa makanan yang mengandung vitamin C. Sebut saja jeruk, arbei, tomat, strawberry, kol, asparagus, mentega, ikan, dan susu.

Vitamin yang larut dalam air memang beragam dan terbukti menyehatkan tubuh. Pastikan anda pahami dan mengonsumsinya secara cukup.

GRAND SPA
GRAND SPA WARNING! Sangat tidak di perkenankan melakukan copy paste isi artikel yang ada di dalam blog ini.